Mobil MPV Terbaik

11 Daftar Mobil MPV Terbaik Lengkap Dengan Harga & Gambar

Mobil MPV terbaik sekarang ini memang banyak diincar oleh keluarga muda. Alasannya, mereka memerlukan mobil yang luas dan dapat memuat banyak orang. Mobil MPV memang menjadi salah satu kendaraan multifungsi. 

Fungsinya, selain bisa mengangkut orang, muatan yang bisa dimasukkan juga cukup banyak. Teknologi yang digunakan oleh mobil MPV sekarang juga semakin canggih. Kenyamanan dan keamanan berkendara juga semakin ditingkatkan sehingga dapat bersaing.

Jenis mobil MPV terbaik juga ada banyak pilihannya sekarang. Tentu, Anda menginginkan mobil berkualitas sesuai harganya. Oleh karena itulah, dalam artikel ini kami berikan referensi untuk Anda apa pengertian mobil MPV, keuntungan memilikinya, serta daftar mobilnya yang terbaik.

Pengertian Mobil MPV

MPV merupakan kependekan dari multi purpose vehicle. Maksudnya, kendaraan ini dapat dipergunakan secara multifungsi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain bisa untuk mengangkut orang, sangat memungkinkan juga mengangkut barang. 

Pada umumnya, mobil jenis MPV dilengkapi dengan kursi di bagian belakangnya. Tujuannya, untuk membuat ruang bagasi semakin besar untuk membawa barang maupun penyimpanan.

Mobil Toyota kijang innova warna putih

Jenis-Jenis Mobil MPV

Mobil MPV, juga memiliki sejumlah perbedaan jenisnya.

Low MPV

Jenis ini merupakan mobil MPV yang lebih mempunyai fitur sederhana dan body tidak terlalu besar. Akan tetapi, cukup mampu dalam menunjang akomodasi keseharian dan irit bahan bakar. Beberapa Contohnya yaitu Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Daihatsu sigra dan sebagainya.

Medium MPV

Jenis ini berada satu tingkat di atas low MPV. Karakternya memiliki body besar serta fitur yang lebih lengkap dari sebelumnya. Contoh mobil medium MPV misalnya Toyota sienta, Toyota Innova, Honda BR-V dan Honda Mobilio.

Premium MPV

Jenis mobil ini merupakan yang paling atas. Body yang dimilikinya cukup besar dan mempunyai interior yang bisa dibilang kelas VIP. Contoh mobilnya antara lain Toyota Alphard, Hyundai H-1 dan sebagainya. 

Keuntungan Dari Mobil MPV

Dari segi keuntungannya, mobil MPV ada banyak benefit. Berikut ini beberapa diantaranya :

Bisa Memuat Banyak Penumpang

Daya tampung mobil MPV tentu lebih besar dibandingkan pada mobil sejenisnya. Artinya, Anda bisa mengangkut keluarga yang cukup besar bahkan hingga 7 orang. Apalagi misalnya terkait mudik hari raya, mobil MPV akan sangat berguna sekali.

Harga Yang Lebih Murah

Walaupun daya tampungnya besar, mobil MPV ternyata juga memiliki harga murah. Dibandingkan mobil sedan sampai SUV yang dapat menampung 4 sampai 5 orang, ternyata jenis MPV cenderung lebih murah. Harga mobil MPV mulai dari Rp 150 juta, sedangkan SUV mulai dari Rp 250 juta.

BACA JUGA :  Aki untuk Mobil dengan Idle Start Stop

Kapasitas Bagasi Yang Maksimal

Kapasitas bagasi pada mobil MPV bisa sangat dimaksimalkan. Alasannya, saat Anda ingin menggunakan ruang bagasi maka cukup dilakukan melipat dua kursi pada baris ke-2 dan ke-3. Jadi, saat mengangkut barang banyak tetap dapat maksimal.

mobil mitsubishi xpander - tokoaki.co.id

Daftar mobil MPV terbaik tahun 2022

Banyaknya mobil MPV yang ada di pasaran, membuat tingkat persaingannya semakin ketat. Adapun sejumlah nama mobil MPV terbaik 2022, akan disebutkan di bawah ini:

1. Toyota Kijang Innova

Kijang Innova Venturer
Toyota Kijang Innova Venturer

Nama kijang Innova, menjadi salah satu yang dikedepankan sebagai MPV terbaik. Siapa pun setuju bahwa tampilan dan kualitasnya modern dan elegan. MPV yang satu ini sudah ada di Indonesia sejak 40 tahun yang lalu atau sudah ada sejak 1977.

Pilihan terbarunya masih ditawarkan dengan dua jenis mesin. Jenis mesin tersebut yaitu mesin bensin 2 liter dan yang kedua adalah mesin diesel common rail dengan kapasitas 2,4 liter. Pilihan yang kedua difavoritkan karena terbukti lebih tangguh.

Harga Toyota Kijang Innova Terbaru

Tipe Toyota InnovaHarga
G M/T DieselRp 397,1 Juta (OTR)
G A/T DieselRp 418 Juta (OTR)
G M/T GasolineRp 369,6 Juta (OTR)
V M/T DieselRp 452,5 Juta (OTR)
G A/T GasolineRp 389,9 Juta (OTR)
V A/T DieselRp 471,9 Juta (OTR)
G Luxury M/T GasolineRp 374,45 Juta (OTR)
V A/T GasolineRp 442,7 Juta (OTR)
G Luxury A/T GasolineRp 396,3 Juta (OTR)
V M/T GasolineRp 422,9 Juta (OTR)
V Luxury M/T GasolineRp 429,12 Juta (OTR)
V Luxury A/T GasolineRp 449,2 Juta (OTR)
Daftar Harga Toyota Kijang Innova (Update 2022)

2. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander 2022
Mitsubishi Xpander 2022

Sebutan mobil MPV mewah, bisa disematkan ke mobil ini. Pada kelas MPV 1,5 liter, nama Mitsubishi Xpander hadir dengan desain revolusioner serta fitur lengkap. Konsep desainnya sangat bagus dengan dynamic shield yang terlihat eksklusif dan keren. 

Beberapa fiturnya mulai dari kamera serta sensor mundur, keyless entry, steering audio switch, hill start assist sampai dengan active stability control (ASC). Dengan keunggulannya ini, maka wajar Mitsubishi Xpander menjadi favorit low MPV.

Harga Mitsubishi Xpander Terbaru

Tipe Mitsubishi XpanderHarga
GLS CVTRp 262,6 Juta (OTR)
Exceed CVTRp 275,9 Juta (OTR)
GLS M/TRp 253,4 Juta (OTR)
Exceed M/TRp 266,7 Juta (OTR)
Sport CVTRp 304,7 Juta (OTR)
Ultimate CVTRp 307,1 Juta (OTR)
Sport M/TRp 290,05 Juta (OTR)
Daftar Harga Mitsubishi Xpander (Update 2022)

3. Honda Mobilio

Honda Mobilio
Honda Mobilio RS

Honda Mobilio memberikan tampilan sporty khas Honda. Pilihan transmisi CVT, memberikan kenyamanan saat berkendara. Mesinnya berkapasitas 1,5 l, menjanjikan performa dan responsif. Tidak salah jika Honda Mobilio menjadi pilihan menarik Anda.

BACA JUGA :  Mesin Mobil Mati Mendadak! Segera Lakukan Ini!

Harga Honda Mobilio S MT : Rp 229,9 Juta (OTR)

4. Nissan Livina

Nissan Livina
Nissan Livina

Mobil keluaran Nissan ini memiliki keistimewaan tersendiri. Mengusung mesin berkapasitas 1.499 cc, Nissan Livina tidak hanya pas sebagai mobil keluarga, tapi juga tangguh dalam berkendara.

Sebagai mobil untuk keluarga, Nissan Livina memiliki kabin yang cukup lega. Dengan kapasitas 7 orang, jarak antar tiap baris penumpang juga cukup lega. Sehingga penumpang dewasa di baris kedua dan ketiga tetap akan merasa nyaman.

Harga Nissan Livina Terbaru

Tipa Nissan LivinaHarga
EL MTRp 253,9 Juta (OTR)
VE ATRp 283 Juta (OTR)
VL ATRp 297,5 Juta (OTR)
Daftar Harga Nissan Livina (Update 2022)

5. Toyota Avanza

Toyota Avanza 2022
Toyota Avanza 2022

MPV keluaran dari Toyota yang baru launching model terbarunya ini kini dengan mesin penggerak depan (FWD). Tidak berhenti disitu, pada tipe tertinggi Avanza terdapat fitur Toyota Safety Sense (TSS). TSS adalah fitur keselamatan aktif yang canggih dari Toyota. Selain itu, kabin yang sangat lega bahkan memungkinkan untuk mengatur jok penumpang menjadi datar. Sehingga dapat digunakan tiduran senyaman sofa.

Harga Toyota Avanza Terbaru

Tipe Toyota AvanzaHarga
1.3E MTRp 233,1 Juta (OTR)
1.3 E CVTRp 247,8 Juta (OTR)
1.5 G MTRp 255,1 Juta (OTR)
1.5 G CVTRp 269,8 Juta (OTR)
1.5 G CVT TSSRp 295,8 Juta (OTR)
Harga Mobil Toyota Avanza Terbaru (Update 2022)

6. Toyota Veloz

Toyota Veloz 2022
Toyota Veloz 2022

Dulu nama Veloz merupakan salah satu varian dari Avanza. Sejak tahun 2019, Toyota memisahkan keduanya menjadi dua produk tersendiri. Namun banyak masyarakat yang masih menyebut Veloz sebagai Avanza Veloz. Tapi di akhir 2021 ini, Toyota sepertinya ingin benar-benar memisahkan keduanya. Veloz hadir sebagai mobil MPV yang benar-benar berbeda dengan Avanza.

Meskipun basisnya tetap Avanza, Veloz memiliki fitur dan model yang berbeda. Mulai dari grile depan, tulisan “Veloz” baik di lampu depan maupun di pintu bagasi dan juga fitur-fitur seperti rem tangan elektrik, auto-hold brake system, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Ditambah lagi Veloz tipe tertinggi juga dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS) menjadikan Veloz memiliki keunggulan dibandingkan kompetitornya.

Harga Toyota Veloz Terbaru

Tipe Toyota VelozHarga
MTRp 286 Juta (OTR)
Q CVTRp 309,1 Juta (OTR)
Q CVT TSSRp 331,1 Juta (OTR)
Harga Mobil Toyota Veloz Terbaru (Update 2022)

7. Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia 2022
Daihatsu Xenia 2022

Kembaran sekaligus kompetitor Avanza ini seperti biasa hadir bersamaan dengan Avanza. Daihatsu Xenia model terbaru tahun 2021 ini memiliki sisi keistimewaan tersendiri. Hadir dengan dua kategori varian, yaitu kapasitas mesin 1,3 liter dan 1,5 liter.

BACA JUGA :  Review All New Toyota Veloz 2022 : Fiturnya Tiada Tanding

Kelebihan paling mencolok dari Daihatsu Xenia terbaru adalah adanya fitur ionizer. Kabarnya fitur ini merupakan air purifier. Jadi Anda tidak perlu membeli Air Purifier tambahan untuk mobil ini. Seperti halnya kompetitornya, Xenia juga dibekali dengan fitur keselamatan aktif yang disebut dengan Advance Safety Active (ASA).

Harga Daihatsu Xenia Terbaru

Tipe Daihatsu XeniaHarga
1.3 M MTRp 216,9 Juta (OTR)
1.3 X MTRp 220,1 Juta (OTR)
Q CVT TSSRp 231,1 Juta (OTR)
1.3 X CVTRp 237,5 Juta (OTR)
1.5 R MTRp 248,3 Juta (OTR)
1.3 R CVTRp 248,6 Juta (OTR)
1.5 R CVTRp 262,7 Juta (OTR)
1.5 R CVT ASARp 272,6 Juta (OTR)
Harga Mobil Daihatsu Xenia Terbaru (Update 2022)

8. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga

MPV ini menjadi mobil asal Suzuki yang paling diminati. Jumlah penumpangnya berkapasitas 7 orang, Ertiga menawarkan aspek fungsional serta kepraktisan. Dengan interior yang berkualitas serta sistem peredam kabin, membuat mobil ini diklaim menjadi yang terbaik di kelasnya.

Harga Suzuki Ertiga Terbaru

Tipe Suzuki ErtigaHarga
GL MTRp 248,5 Juta (OTR)
GL ATRp 259,5 Juta (OTR)
Harga Mobil Daihatsu Xenia Terbaru (Update 2022)

9. Toyota Calya

Toyota Calya
Toyota Calya

Toyota calya menjadi mobil LCGC MPV populer di Indonesia. Ini jadi rekomendasi mobil keluarga murah namun tetap kompetitif. Dengan kapasitas hingga 7 orang penumpang serta mesin 1,2 liter, mobil ini termasuk salah satu yang irit bahan bakar.

Harga Toyota Calya Terbaru

Tipe Toyota CalyaHarga
E MTRp 161,5 Juta (OTR)
G MTRp 167 Juta (OTR)
G ATRp 181,1 Juta (OTR)
Harga Mobil Toyota Calya Terbaru (Update 2022)

10. Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra

Membahas Toyota Calya, terasa kurang jika tidak membahas kembarannya yaitu Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra merupakan mobil LCGC MPV yang lebih murah dibandingkan Toyota Calya. Mengusung dua kapasitas mesin yaitu 1.0 L dan 1.2 L, Sigra menjadi salah satu mobil keluarga yang cukup populer.

Harga Daihatsu Sigra Terbaru

Tipe Daihatsu SigraHarga
1.0 D MTRp 129,5 Juta (OTR)
1.0 M MTRp 140 Juta (OTR)
1.2 X MTRp 149,6 Juta (OTR)
1.2 X DLX MTRp 155,2 Juta (OTR)
1.2 R MTRp 156,2 Juta (OTR)
1.2 R DLX MTRp 160 Juta (OTR)
1.2 X ATRp 162,8 Juta (OTR)
1.2 X DLX ATRp 168,3 Juta (OTR)
1.2 R ATRp 170,9 Juta (OTR)
1.2 R DLX ATRp 174,7 Juta (OTR)
Harga Mobil Toyota Calya Terbaru (Update 2022)

11. Hyundai Stargazer

hyundai stargazer
Hyundai Stargazer

Ini adalah Hyundai Stargazer yang baru saja diluncurkan oleh produsen asal Korea. Menariknya, mobil ini dibuat di pabrik Hyundai di Indonesia. Stargazer hadir menantang kelas MPV yang cukup banyak pemainnya. Keunggulan dari mobil 1.500cc adalah fiturnya yang cukup lengkap. Mulai dari fitur keselamatan aktifnya yaitu Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Ditambah lagi fitur Bluelink yang sama di Hyundai Creta. Dimana dengan Bluelink, kita dapat memonitor dan hampir mengendalikan mobil dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi di smartphone.

Harga Hyundai Stargazer Terbaru

Tipe Hyundai StargazerHarga
Active MTRp 243,3 Juta (OTR)
Active IVTRp 255,9 Juta (OTR)
Trend MTRp 263,3 Juta (OTR)
Trend IVTRp 275,9 Juta (OTR)
Style IVTRp 296,3 Juta (OTR)
Prime IVTRp 307,1 Juta (OTR)
Harga Mobil Toyota Calya Terbaru (Update 2022)

Berbagai tipe mobil MPV di atas, menjadi yang terbaik di tahun 2022 dan tahun-tahun sebelumnya. Saat memilikinya baik baru maupun bekas, tentu harus memastikan komponen mobil berfungsi maksimal. Salah satunya, yaitu sistem kelistrikan.

FAQ Tentang Mobil MPV

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *