Category

Seputar Aki

Category

Tentu saja di masa seperti sekarang ini, seperti WFH (Work From Home) dan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), akan membuat mobil Anda cenderung lebih sering terparkir di garasi. Tidak sering digunakannya mobil, pastinya ada yang bertanya-tanya apakah aki mobil perlu untuk dicopot? Perihal boleh atau tidaknya aki itu dicabut, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Memang tidak dapat dipungkiri jika aki menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil. Sebab, fungsinya yang sangat vital dalam menyimpan dan menyalurkan listrik ke komponen-komponen mobil lainnya menjadi salah satu alasannya. Namun pertanyaannya apakah benar jika kerusakan elektronik pada mobil disebabkan oleh aki yang soak? Jika Anda ingin tahu apa penyebabnya, simak penjelasan kami berikut ini sampai akhir!

Sebagai salah satu moda transportasi yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, sebaiknya Anda mengetahui berbagai komponen penting di dalam mobil. Salah satu komponen penting tersebut adalah aki mobil.

 Aki mobil atau akumulator adalah suatu komponen listrik penting yang berada di bagian dalam mobil. Fungsi utama dari aki mobil adalah sebagai penyuplai daya listrik untuk berbagai komponen mobil lain, seperti dinamo. Ketika Anda menyalakan mesin mobil, aki akan memberikan daya listrik pada mobil sehingga mesin mobil dapat hidup. Selain menyuplai energi listrik, aki mobil juga dapat menyimpan energi listrik dengan dua proses utama, yakni recharge serta discharge.

Kendaraan bermotor tengah menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan dalam keseharian. Baik itu kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat. Untuk menjalankan kendaraan bermotor, diperlukan sumber tenaga penggerak yang disebut juga dengan aki. Terdapat dua jenis aki yang biasa digunakan pada kendaraan bermotor, yakni aki kering dan aki basah.

Akumulator atau aki merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan energi pada kendaraan bermotor. Beberapa orang menyebut aki dengan baterai mobil atau baterai motor. Aki sendiri memang memiliki peran vital bagi kendaraan bermotor. Karena aki terhubung dengan bagian kelistrikan di kendaraan bermotor. Tanpa adanya aki, kendaraaan bermotor tidak akan dapat berjalan. Aki sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni aki kering dan aki basah. Kira-kira apa yang membuat kedua jenis aki ini berbeda? Simak penjelasan mengenai perbedaan aki kering dan aki basah sebagai berikut.

Aki mobil merupakan bagian terpenting pada mobil, dimana fungsinya untuk menyimpan listrik yang nantinya akan disalurkan ke seluruh komponen listrik pada bagian dalam mobil. Memiliki peran yang penting, tak heran jika Anda harus mempertimbangkan banyak hal pada saat memilih aki. Apalagi sekarang ini ada banyak jenis aki yang beredar di pasaran, baik aki kering dan basah, dan mengharuskan Anda untuk lebih selektif dalam memilih. Lantas, apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih aki mobil? Simak ulasan berikut ini sampai akhir!

Innova merupakan mobil yang menjadi penerus kijang yang sudah sangat melegenda di Indonesia. Mobil buatan Toyota ini memiliki kabin yang lapang dan nyaman serta mesin yang bandel sehingga banyak diminati para pencari mobil untuk kebutuhan keluarga. Desain mobil ini memang sangat khas dan menonjolkan DNA kendaraan keluarga. Pada artikel kali ini saya akan membahas sekilas tentang informasi terbaru soal Toyota Innova.