Komponen Karburator Mobil : Macam dan Fungsinya. Carburetor atau karburator merupakan komponen utama yang terdapat dalam sistem bensin konvensional. Fungsi dari unsur mesin tersebut adalah untuk menyuplai bensin ke dalam aliran udara dengan takaran yang pas. Dari bentuknya yang terbilang besar, mungkin anda bertanya tanya apa saja komponen karburator mobil? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Apa Saja Bagian-Bagian dari Karburator Mobil?

1. Inlet Hose

inlet house - tokoaki.co.id
Inlet hose

Inlet hose merupakan bagian dari komponen karburator berupa selang masuk. Selang tersebut berfungsi sebagai pengalir bensin dari ujung selang penampungan bensin. Dari selang inilah bahan bakar bensin dapat masuk ke dalam mesin karburator. Komponen inilah yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar agar mobil bisa beroperasi.

2. Jarum Pelampung

jarum pelampung - tokoaki.co.id
Jarum Pelampung

Jarum pelampung juga bisa disebut sebagai katup bensin,  fungsi jarum pelampung adalah untuk membuka dan menutup inlet hose. Bentuk jarum ini berupa segitiga dengan ujung yang mengarah ke dalam bagian inlet hose. Ukuran diameter bawah pada unsur jarum ini lebih besar, sehingga pada saat komponen ini terdorong ke atas maka saluran bensin akan tertutup.

pilih aki mobil di tokoaki.co.id

Akibatnya bensin dari inlet hose tidak mengalir. Pada saat jarum pelampung turun, maka bahan bakar akan kembali mengalir karena saluran terbuka. Secara umum, fungsi dari bagian ini sendiri ialah untuk mengontrol volume bahan bakar yang tadinya sudah tertampung di bak karburator. Apabila volume bahan bakar pada mangkok berkurang, maka kinerja karburator tidak maksimal.

3. Komponen Pelampung

komponen pelampung - tokoaki.co.id
Komponen Pelampung

Pelampung merupakan sebuah komponen plastik yang mengapung pada benda cair. Fungsi pelampung adalah mengontrol posisi jarum pelampung sesuai volume bensin di dalam karburator mobil. Pelampung bisa juga disebut dengan float. Pelampung mempunyai peran penting dalam mengatur banyaknya bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Mobil Mazda CX 5 dan Pilihan Aki nya

Apabila terjadi kesalahan dalam set tinggi pelampung, maka bahan bakar yang masuk ke bagian ruang pelampung karburator tidak dapat terkontrol dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan berlebihnya bahan bakar atau kita sering menyebutnya sebagai karburator yang mengalami banjir. Oleh sebab itu, Anda perlu langsung membawanya ke tempat servis.

4. Main Jet

main jet - tokoaki.co.id
Main jet

Main Jet juga dipakai sebagai part pendukung untuk menyuplai bahan bakar ke ruang bakar. Meskipun fungsinya mirip, namun main jet bekerja untuk mengalirkan bensin ketika putaran mesin sudah sampai di tengah. Ketika knalpot jenis aftermarket digunakan dengan tujuan mendongkrak kekuatan, maka mekanik handal menyarankan untuk ganti ukuran main jet.

Bila ukuran main jet yang dipasang kekecilan, maka mesin akan memiliki efek layaknya tarikan nafas yang pendek pendek. Jika ukuran terlalu besar, ketika motor digas penuh tenaga daya tariknya akan terasa mengambang. Atau dengan kata lain motor seperti tidak bertemu peak power-nya.

Diameter main jet umumnya disesuaikan dengan kapasitas mesin yang bertujuan agar perbandingan campuran bahan bakar dan udara bisa tetap stabil. Komponen ini terhubung secara langsung ke dalam ruang pelampung pada karburator mobil dengan posisi miring (posisi input lebih rendah). Hal tersebut menyebabkan bensin tidak tumpah ke dalam venturi.

Bentuk komponen yang mengerucut semakin lancip ke bawah sehingga apabila gas ditarik, maka jarum skep akan terangkat. Akibatnya, hasil dari campuran bensin dengan udara bersih akan semakin besar. Hal ini membuat kendaraan melaju semakin kencang. Komponen kecil ini memiliki fungsi yang cukup penting pada sistem karburator pada mobil.

5. Venturi

venturi - tokoaki.co.id
Venturi

Venturi karburator adalah lubang sempit di tengah jalan masuknya udara pada karburator. Fungsi dari komponen ini sendiri adalah untuk meningkatkan kecepatan udara yang disebabkan oleh adanya perbedaan diameter pada lubang. Sehingga bensin yang ditampung di dalam mangkok karburator akan terhisap ke ruang bakar melalui komponen pilot jet atau main jet.

BACA JUGA :  Berikut 7 Tips Mendapatkan Mobil Dengan Harga Murah!

Kenaikan bahan bakar dari dalam mangkuk karburator disebabkan karena adanya tekanan udara di venturi karburator kurang dari 1 (atm), sedangkan udara di lubang karburator sekitar 1 atmosfir. Perbedaan itulah yang dapat menyebabkan bahan bakar terhisap dan memercik seperti embun bercampur dengan udara yang disedot oleh kevakuman di dalam ruang bakar.

Untuk cara kerja venturi, komponen Fluida bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan lebih rendah. Hal tersebut karena ada perbedaan tekanan di dalam mangkok karburator mobil yang lebih tinggi daripada venturi, sehingga bensin bisa naik menuju karburator dari mangkok karburator. Sebagai informasi, venturi memiliki 3 jenis berdasarkan dengan tipe yang digunakan.

6. Choke

choke valve - komponen karburator mobil - tokoaki.co.id
Choke Valve

Komponen sistem karburator yang selanjutnya biasa disebut dengan nama Choke Valve. Mobil dapat dikatakan nyaman apabila bagian yang satu ini selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Choke sendiri berperan sebagai komponen yang utama dalam penambahan campuran bahan bakar mobil. Bagian ini juga perlu dirawat setiap saat agar kondisi mobil tetap prima.

Melalui proses pencampuran, kendaraan akan lebih cepat hidup saat akan dikemudikan. Seperti yang sudah dijelaskan, peranan komponen ini cukup penting bagi setiap kendaraan roda empat. Choke valve juga sangat cocok ketika digunakan ketika start up kendaraan. Sebagai saran, jangan lupa untuk periksa komponen ini di tempat servis resmi.

7. Float Chamber Atau Ruang Bakar

float chamber - komponen karburator mobil - tokoaki.co.id
Float Chamber

komponen pada karburator yang juga tak kalah penting ialah Float Chamber atau ruang bakar. Seusai bahan bakar terisi penuh, bagian pelampung akan secara otomatis naik dan menutup katup bakar. kemudian, pelampung tersebut akan bekerja dengan mengikuti tinggi rendahnya bahan bakar. Apabila terjadi banjir, sistem pelampung dapat bekerja tidak optimal

Ruang bakar atau Float Chamber pada karburator mobil memiliki fungsi sebagai wadah pembakaran pada kepala silinder. Proses pembakaran akan terjadi seiring dengan bercampurnya bahan bakar dengan oksigen yang dikompresi. Ruang bakar ini sendiri terhubung langsung dengan beberapa bagian seperti katup buang, katup masuk, dan pemasangan busi.

BACA JUGA :  Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mencegahnya

8. Throttle Valve

throttle valve - komponen karburator mobil - tokoaki.co.id
Throttle Valve

Throttle Valve biasa disebut dengan Piston Valve, yang merupakan komponen penting sistem karburator. fungsi dari komponen ini sendiri ialah untuk mengatur besar kecilnya pasokan campuran udara yang masuk ke dalam bagian ruang bahan bakar. Kinerja unsur yang satu ini berjalan seiringan dengan jarum skep atau main jet.

Apabila trhottle valve terbuka, maka main jet juga akan mengalami hal yang sama. Sebagai saran, lakukan pengecekan rutin yang sama dengan komponen penting lainnya. dengan demikian unsur karburator yang satu ini tetap bekerja dengan baik dan sempurna. Apabila mobil terasa nyaman dan aman, mengendarainnya pun juga lebih tenang.

9. Screw Control

screw control - komponen karburator mobil - tokoaki.co.id
Screw Control

jika ditelaah lebih dalam, terdapat dua jenis sekrup pengatur pada komponen karburator, yakni idle mixture air screw dan idle speed air screw. Sekrup idle berfungsi untuk mengatur sudut buka katup gas pada pedal release. Melalui sekrup tersebut, katup gas tidak akan tertutup rapat ketika melakukan idle. Dengan demikian udara dapat lewat saluran meski volume karburator mobil kecil. Itulah beberapa komponen karburator dalam kendaraan roda empat. Mulai dari inlet hose hingga screw control, semua komponen tersebut harus selalu diperiksa secara berkala. Pasalnya, jika salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan maka performa mobil akan kian menurun setiap harinya.

Untuk urusan aki mobil anda percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah berpengalaman puluhan tahun dengan menjunjung slogan #GantiAkiDimanaSaja serta memberikan keunggulan yang di tawarkan oleh Tokoaki.co.id yaitu Gratis antar pasang langsung sampai di tujuan dalam 60 menit, Barang yang di jual pasti ORIGINAL! dan yang pasti MURAH!

antar pasang aki mobil tanpa ribet di tokoaki.co.id

Write A Comment