Memiliki kendaraan pribadi bukanlah patokan dari kesuksesan seseorang. Meskipun begitu, kini banyak orang yang memanfaatkan sebuah kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat untuk dijadikan sebagai ladang bisnis. Penasaran apa saja bisnisnya ? Simak ide peluang usaha menggunakan kendaraan pribadi berikut.

1. Mendaftar Taxi Online

Taxi Online

Dalam kurun waktu terakhir ini, taxi online sempat viral karena kontroversinya. Namun terlepas dari kontroversi yang melibatkan taxi online ini, para pengguna jasanya merasakan kepuasan dengan pelayanan dari armada taxi online. Jika dibandingkan dengan angkutan umum, kendaraan pribadi yang dipakai pada jasa taxi berbasis online ini lebih nyaman dan aman.

Tak hanya itu saja, banyak juga yang membandingkan harganya dengan taxi pada umumnya yang berada di pangkalan. Karena hal tersebutlah, membuat mayoritas para pengguna angkutan umum beralih minat untuk menggunakan taxi online sebagai kendaraan untuk menunjang mobilitas di tengah kepadatan lalu lintas perkotaan.

Misalnya saja di kota Jakarta yang merupakan pusat perekonomian di Indonesia yang sering dijadikan sebagai tujuan perantauan untuk mengadu nasibnya disini. Hal tersebut menyebabkan mobilitas di kota Jakarta menjadi cukup tinggi, sehingga pemilik jasa transportasi baik itu angkutan umum maupun berbasis online memanfaatkannya untuk meraup keuntungan.

Pendapatan dari ide peluang usaha menggunakan kendaraan pribadi ini pun tidak bisa dianggap remeh, karena anda bisa mendapatkan penghasilan mulai dari 500 ribu hingga 1 juta rupiah setiap harinya. Bila dikalkulasikan, anda bisa menembus angka 15 juta rupiah perbulannya tanpa hari libur. Jika dipotong dengan lainnya, maka penghasilan bersihnya masih berkisar 12 juta rupiah.

Berkat keuntungan tersebutlah, membuat banyak orang sengaja membeli sebuah kendaraan secara tunai maupun cicilan agar bisa menjalankan bisnis satu ini. Lalu bagaimana caranya ? Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah memastikan mobil anda memiliki spesifikasi sebagai mobil angkutan. Biasanya mobil yang sering digunakan minimal low MPV dengan mesin diatas 1200 cc.

BACA JUGA :  Yuk Kenali Jenis Hidrolik Cuci Mobil yang Berkualitas

Jika anda telah memastikan hal tersebut, maka selanjutnya yaitu menyiapkan berbagai berkas atau dokumen pelengkap seperti SKCK, fotokopi KTP, SIM, dan KK. Baru kemudian mendaftarkan diri ke salah satu developer apps taxi online yang telah anda pilih. Tak lupa juga, selalu utamakan keselamatan serta kenyamanan dari pelanggan.

2. Membuka Kursus Mengemudi

Membuka Kursus Mengemudi

Jika terdapat seseorang yang memiliki tingkat perekonomian yang semakin maju, maka hal tersebut membuat taraf hidupnya juga ikut berkembang. Seseorang yang berada di posisi seperti itu, seringkali terdorong untuk membeli sebuah kendaraan dengan alasan ingin lebih nyaman ketika melakukan perjalanan atau hanya untuk sebagai tolak ukur kesuksesan.

Menurut seorang pengamat waralaba yaitu Anang Sukandar, menjelaskan bahwa terjadinya hal seperti itu menyebabkan adanya sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ide peluang usaha menggunakan kendaraan pribadi yang dimaksud ialah membuka kursus mengemudi. Mengingat seorang yang membeli sebuah kendaraan mobil belum tentu ia memiliki kemampuan mengemudi.

Namun ternyata tak hanya pemilik mobil saja yang mencari bisnis ini, karena terdapat beberapa profesi lainnya yang menuntut seseorang untuk bisa mengemudikan sebuah mobil. Jika seseorang tidak dapat mengemudikannya, maka jalan satu satunya ialah dengan mengikuti kursus mengemudi yang disediakan oleh suatu lembaga atau perusahaan tertentu.

Selain mendapatkan ilmu dan sebuah pengalaman, mereka yang mengikuti kursus umumnya mendapatkan license resmi atau SIM dari Kepolisian secara langsung apabila dinyatakan lulus uji. Namun perlu anda ketahui, bahwa menyetir mobil tidak semudah mengemudikan motor yang bisa dipraktekkan di depan halaman rumah atau di berbagai tempat lainnya.

Sebab mengemudikan sebuah mobil dibutuhkan insting dan koordinasi antara kaki dan tangan dengan baik. Karena hal tersebutlah, ide peluang usaha menggunakan kendaraan pribadi ini biasanya dijadikan sebagai senjata ampuh bagi siapapun untuk bisa lihai dibalik steer pengemudinya meski ia seorang pemula sekalipun.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Honda Jazz dan Pilihan Aki Jazz Terbaik

Lantas berapa sih keuntungannya ? Pemilik RDC atau Real Drive Center yaitu Marcell Kurniawan, menjelaskan bahwa pemilik bisnis kursus mengemudi bisa meraup omset sekitar 28 juta rupiah dengan asumsi 30 siswa yang terdaftar. Namun jika dikurangi dengan biaya operasional dan cicil mobil, maka kemungkinan pemilik bisa memperoleh laba bersih sekitar 20 persennya.

Angka tersebut tentunya tidak mutlak sebab tarif kursus bisa anda tentukan sendiri. Jika anda berminat memulai bisnis satu ini, maka cara yang bisa dilakukan yaitu mempersiapkan beberapa unit mobil dan tempat latihannya. Menariknya, anda bisa menjalankan bisnis ini dengan model franchise sebab terdapat beberapa lembaga kursus besar yang membuka sistem tersebut.

3. Membuka Jasa Travel Keluar Kota

Membuka Jasa Travel Keluar Kota

Peluang usaha selanjutnya yaitu membuka jasa travel keluar kota. Biasanya peluang bisnis ini akan sangat menguntungkan jika dijalankan pada beberapa kota besar yang dasarnya memiliki mobilitas cukup tinggi. Namun anda tak perlu khawatir, sebab untuk pedesaan maupun kota kecil juga ada kesempatan untuk membuka ide peluang usaha menggunakan kendaraan pribadi ini.

Karena biasanya warga yang tinggal di berbagai kota kecil atau pedesaan, cenderung pergi ke beberapa kota besar untuk mengadu nasibnya dengan menggunakan jasa travel. Tapi bukan berarti mereka akan melupakan tempat asalnya, sehingga mereka akan kembali lagi ke kampung halamannya dengan menggunakan jasa travel untuk memudahkan mereka.

Kenapa jasa satu ini bisa sangat menguntungkan ? Sebab bagi setiap orang yang memilih bus ataupun kereta api sebagai angkutan untuk keluar kota, ternyata kedua kendaraan tersebut memiliki kelemahan pada titik drop point. Maksudnya dimana penumpang angkutan umum tersebut akan naik dan turun di titik yang telah ditentukan sebelumnya.

BACA JUGA :  Informasi Lengkap Seputar Honda Mobilio Beserta Aki Pilihannya

Jasa travel atau biasa dikenal dengan istilah jasa antar jemput ini, memiliki cara kerja yaitu menjemput seseorang dari depan rumahnya langsung kemudian mengantarkan menuju ke tempat yang dituju. Dengan begitu, para penumpang hanya perlu menggunakan satu jenis transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

4. Banner Space di Body Mobil

Banner Space di Body Mobil

Mungkin masih banyak orang yang baru mendengar peluang bisnis satu ini. Jika biasanya banner space dipasang di berbagai tempat umum atau beberapa media informasi, maka peluang bisnis ini memasang iklan pada body mobil. Hal tersebut dikarenakan tingkat attention atau perhatian seseorang untuk melihat iklan pada mobil tertentu akan lebih tinggi.

Apalagi jika jalanan sedang macet, tentunya ide peluang usaha menggunakan kendaraan pribadi ini jadi lebih menguntungkan sebab pengguna jalan lain akan memperhatikan iklan yang terpasang pada body mobil. Sistem penghasilannya tergantung pada jarak yang ditempuh, semakin lama anda berjalan menggunakan mobil yang dipasang iklan, maka pendapatan yang diperoleh akan semakin banyak pula. Beragam ide peluang bisnis yang disebutkan diatas, bisa anda gunakan sebagai referensi untuk membangun sebuah usaha dengan memanfaatkan kendaraan yang anda miliki. Sebenarnya bukan hanya mobil saja yang dapat menghasilkan pendapatan, sebab kendaraan roda dua juga kini bisa digunakan sebagai ladang bisnis misalnya saja sebagai ojek online.

Untuk urusan aki mobil anda percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah berpengalaman puluhan tahun dengan menjunjung slogan #GantiAkiDimanaSaja serta memberikan keunggulan yang di tawarkan oleh Tokoaki.co.id yaitu Gratis antar pasang langsung sampai di tujuan dalam 60 menit, Barang yang di jual pasti ORIGINAL! dan yang pasti MURAH!

Write A Comment