Suara  aneh yang ditimbulkan oleh mesin mobil saat dikendarai dapat menjadi penanda bahwa kendaraan tersebut mengalami kerusakan .Suara kletek kletek yang mirip dengan ketukan logam ini sering kali muncul saat mobil dihidupkan. Lalu, apa yang menjadi penyebab mobil bunyi kletek kletek saat di gas? Simak penjelasannya berikut ini.

Alasan Terjadinya Suara Aneh Di Mesin Mobil

1. Celah Katup dan rocker arm melebar

Bagi anda yang awam mengenai dunia otomotif, celah katup merupakan sebuah jarak antara batang katup dengan bagian rocker arm. Fungsi dari celah ini sendiri ialah membatasi batang katup ketika mengalami pemuaian. Jadi disaat mesin memanas, secara otomatis ada sedikit pemuaian pada batang katup yang berbahan logam. Proses pemuaian ini membuat batang katup semakin panjang.

Tidak adanya celah pemanjangan justru akan menekan bagian tersebut  , sehingga katup akan terus terbuka dalam waktu yang lama. Umumnya, standar celah katup maksimal adalah 0,33 mm . Celah tersebut juga masih bisa di set ulang saat melakukan service secara berkala . Apabila anda melewatkan perawatan katup ketika diservis, maka bagian celah tersebut akan semakin lebar.

Jika celah katup melebar, maka timbulah suara ketukan antara bagian rocker arm dengan batang katup yang semakin keras. Untuk menyetel ulang celah katup, anda bisa melakukannya dengan bantuan obeng. Namun sayangnya, mobil keluaran terbaru sudah menerapkan sistem Hidraulic Lash Adjuster (HLA) yang dapat sesuaikan celah katup secara otomatis.

Jadi, jika anda memiliki mobil yang menggunakan autokatup, bisa diambil kesimpulan bahwa mobil bunyi kletek kletek saat di gas dikarenakan bagian HLA yang mengalami kerusakan. Masalah tersebut masih ringan karena tidak memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kinerja mesin. Bunyi tersebut juga akan tersamarkan dengan suara mesin mobil itu sendiri.

BACA JUGA :  Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mencegahnya

2. Bantalan Crank shaft Yang Sudah Mulai AUS

Crank shaft atau poros engkol adalah sebuah mekanisme yang mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan putar. Pada poros engkol ini terdapat dua buah bantalan, yakni main bearing (bantalan poros engkol terhadap blok silinder) dan concord bearing (bantalan batang piston terhadap poros engkol). Apabila salah satu bantalan mengalami keausan, maka poros engkol akan oblak.

Kocaknya poros engkol ini cukup minim, tapi dengan RPM mesin yang lebih tinggi tetap akan berdampak timbulnya suara bising. Bunyi ini akan terdengar cukup jelas saat RPM mesin lebih tinggi. Sehingga di kecepatan idle mungkin kurang terdengar, tapi ketika di gas suaranya akan semakin jelas. Satu satunya solusi yang bisa anda lakukan adalah mengganti bantalan poros engkol dan silinder.

Namun, penggantian pada bantalan poros engkol memerlukan tenaga ekstra yang harus dilakukan oleh mekanik  profesional. Pasalnya, poros engkol terletak dibagian bawah piston. Meskipun perbaikan dilakukan tanpa turun mesin, maka mobil bunyi kletek kletek saat di gas harus segera diperbaiki.

3. Oli Belum Naik Secara keseluruhan

Jika bunyi kletek- kletek muncul ketika anda menghidupkan mesin pertama kali menghidupkan mesin setelah kendaraan tidak digunakan selama seharian, maka itu bisa disebabkan olinya belum naik. Bagi anda yang memahami dunia otomotif, tentu mengetahui bahwa oli mesin tertampung pada sebuah bak yang berada di bagian paling bawah.

Disitu terdapat pompa yang dapat mensirkulasikan oli keseluruh bagian mesin. Namun pompa oli ini hanya aktif saat mesin hidup, jadi jika mesin dalam kondisi mati tidak akan ada sirkulasi oli yang sebelumnya melumasi bagian kepala silinder. Dikarenakan oli turun, maka bagian dari komponen tersebut mungkin saja mengalami kekeringan.

BACA JUGA :  Berikut Harga Aki Motor Terbaik Dan Berkualitas

Akibat dari bagian silinder mengering, saat mesin pertama kali dipanaskan akan memunculkan bunyi kletek kletek yang terdengar begitu keras. Namun tak beberapa lama, suara nyaring tersebut akan hilang karena oli sudah tersuplai dengan baik keseluruh bagian mesin. Hal tersebut bisa dikatakan cukup normal, apalagi jika mesin tidak dihidupkan selama sebulan.

Namun kalau durasi bunyinya cukup lama, kemungkinan volume oli mesin kurang atau ada kerusakan di sirkulasi oli seperti jalur oli tersumbat. Mobil bunyi kletek kletek saat di gas merupakan indikator oli pada dashboard serta mesin mengalami overheat. Jika tanda tersebut muncul, segera bawa ke bengkel untuk deteksi lebih lanjut.

4. Engine Knocking

Engine knocking atau yang bisa disebut dengan ngelitik merupakan suara mirip ketukan logam yang berasal dari pembakaran mesin kurang sempurna. Hal tersebut biasanya disebabkan karena menggunakan bahan bakar bensin yang memiliki oktan rendah. Meski suaranya cukup nyaring dan mengganggu, bunyi tersebut tidak disebabkan karena oblaknya suatu komponen pada mesin.

Cara penanganan dan solusi untuk knocking adalah dengan melakukan tune up dan menggunakan bensin beroktan tinggi. Sebenarnya, tune up mobil itu dilakukan oleh yang sudah profesional karena memerlukan skill dan pengetahuan khusus apalagi kalau mobil anda sudah injeksi. Tapi terkadang, seseorang yang paham otomotif akan memperbaikinya sendiri.

Pada intinya, knocking terjadi sebagai akibat dari proses pembakaran di ruang mesin yang tidak normal. Proses penacmpuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar dapat memicu bahan terbakar lebih awal sebelum busi memercik. Melalui hal tersebut, mobil akan berbunyi kletek kletek.

5. Silinder Kemasukan Benda Asing

Penyebab lain yang dapat membuat mesin mobil bunyi kletek kletek saat di gas bisa jadi karena komponen silinder kemasukan benda. Mungkin hal ini akan jarang sekali kita jumpai, namun pada beberapa kasus hal ini juga menjadi salah satu penyebabnya. Hal tersebut akan jarang ditemui pada mobil keluaran terbaru. Lalu jenis benda keras apa yang bisa masuk ke bagian silinder?

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Suzuki APV Beserta Pilihan Aki terbaik APV

Beberapa benda asing yang bisa masuk beiasanya bertekstur keras. Benda yang berpotensi masuk kedalam komponen silinder ialah pecahan keramik dari kepala busi yang pecah dan jatuh kedalam ruang silinder. Melalui hal tersebut dapat membuat proses pembakaran tidak sempurna sekaligus membuat mesin mengeluarkan bunyi kletek-kletek.

6. Bagian Auto Klep Sudah Melemah

Penggunaan klep otomatis memang sekarang ini sudah banyak diaplikasikan pada kendaraan, terutama pada mobil keluaran baru yang ada saat ini. Penggunaan klep ini membuat pemilik kendaraan tidak perlu lagi melakukan penyetelan klep secara berkala, sebab pengaturan celah klep akan dilakukan secara otomatis.

Komponen auto klep atau yang sering disebut dengan nama Hydraulic Lash Adjuster atau Auto Lash Adjuster, terpasang pada bagian rocker arm agar bisa langsung terhubung ke bagian klep. Lantas, mengapa setelah menggunakan sistem pengaturan celah klepot omastis masih terdapat suara? Hal tersebut biasanya terjadi karena spring atau pegas menimbulkan mobil bunyi kletek kletek saat di gas.

Bagi anda yang memiliki mobil dengan permasalahan munculnya suara aneh, maka tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips dan penyebab yang sudah diuraikan pada ulasan tersebut . Meskipun anda tidak memahami seluk beluk permesinan, setidaknya sudah mengetahui penyebab suatu permasalahan pada mobil. Semoga bermanfaat!

Cek juga Tokoaki.co.id yang sudah mempunyai pengalaman di bidang baterai aki selama puluhan tahun serta memberikan harga yang lebih hemat! serta memiliki bermacam-macam merek serta tipe aki yang cocok dengan kendaraan anda.

Write A Comment