Jika Anda sering mengendarakan mobil tentu pernah mengalami mobil overheat. Tetapi jika mengalami ini tidak perlu panik. Anda bisa langsung menanganinya dengan mudah, ada beberapa cara yang bisa dicoba.

Mobil mengalami overheat biasanya disebabkan oleh berbagai kendala. Mulai dari sistem pendingin yang mengalami kebocoran. Ada pula kipas radiator mobil yang tiba-tiba mati total. Untuk mencegah dan mengatasinya bisa menyimak artikel di bawah ini:

Penyebab Mobil Overheat

Penyebab mobil overheat bisa dikarenakan dengan berbagai macam hal.

1. Perubahan Tinggi Rendahnya Air Radiator

Air radiator penuh tapi mesin panas bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya mobil overheating.

Biasanya hal ini dikarenakan jumlah coolant yang tidak cukup sehingga bisa mengurangi jumlah kalor. Alhasil jumlah kalori akan dibuang melalui ruang pembakaran pada mobilnya.

2. Radiator Kotor atau Mengalami Penyumbatan

Contohnya saja seperti karat dan sendimentasi bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah ini. Karena penyumbatan inilah bisa menyebabkan terjadinya sirkulasi coolant mulai terhambat.

Mesin mobil lebih dekat

3. Kerusakan Pada Kipas

Pada penyebab mesin mobil overheat ini berada pada bilah kipas dan motor penggerak. Sehingga karena hal ini dapat menyebabkan kemampuan radiator kurang dalam mendinginkan mesin. Terutama pada saat mobil tidak bergerak atau sedang mengalami kemacetan.

4. Mesin Mengalami Ignition Timing Yang Terlambat

Dalam hal ini bisa terjadi jika piston sudah mulai turun. Sehingga hal ini dapat menimbulkan suhu yang ada di dalam ruang pembakaran. Walaupun tetap bisa diatasi, tetapi harus berhati-hati.

BACA JUGA :  Aki Mobil Toyota Innova : Review & Harganya

Jika tidak bisa diatasi maka mesin mobil bisa berada dalam kondisi kritis.

5. Ketinggian Oli Masih Rendah

Selain menjadi pelumas, oli bisa berguna untuk membuang panas residual berasal dari mesin mobil.

6. Kerusakan Pada Tutup Radiator

Akibat mesin mobil overheat ini bisa mengalami kerusakan pada tekanan di sistem pendingin. Sehingga titik didih coolant akan menurun secara drastis. Dan hal inilah yang menyebabkan sistem tidak bisa bekerja dengan optimal.

Bahaya/Dampak Mobil Overheat

Jika mengalami mobil overheat saat ac menyala patut diperhatikan. Faktanya jika Anda langsung membuka kap mobil maka ada banyak bahaya mengancam. Salah satunya bisa menyebabkan semburan dari dalam komponen mobil.

Untuk menghindari hal itu, lebih baik mencari tempat yang aman untuk meletakkan mobil. Sedangkan kalau masih berada di jalanan, hal ini bisa mengancam banyak orang. Kemudian Anda bisa mendiamkan mobil selama setengah jam atau 30 menit.

Lalu jika ingin memeriksa mobil, maka bisa memeriksa bagian cadangan air radiator. Tetapi jika dilihat air radiator habis atau mulai berkurang. Salah satu dugaan besarnya adalah air radiator telah mengalami kebocoran.

Sedangkan dugaan kedua yang bisa terjadi bisa dikarenakan kipasnya yang mati total. Jika mobil tiba-tiba mati hal ini dikarenakan adanya tekanan udara di air radiator. Jadi, lebih baik diamkan saja dibanding harus merasakan tersembur air.

Walaupun mesin keadaan panas, Anda tidak boleh membuka air radiator cepat habis padahal tidak bocor. Anda tidak boleh menyiram air dalam keadaan seperti itu tentu akan lebih berbahaya kembali jika melakukan hal itu.

Untuk menunggunya sampai kondisi normal cukup tunggu saja sampai dingin. Setelah dingin, barulah Anda diperbolehkan untuk memeriksa. Terutama bagian apa saja yang mengalami kerusakan untuk terhindar dari berbagai masalah.

BACA JUGA :  Toyota Yaris : Ulasan & Harga Aki Terbaru 2021

Jika kondisinya sudah dingin, baru Anda bisa diperbolehkan untuk menghidupkan mesin. Terutama Anda bisa melakukan pengecekan terhadap mesin overheat tersebut. Cara memeriksanya bisa dengan mendengarkan bunyi mobil.

Kalau mendengar bunyi mobil dengan suara normal maka tidak akan memiliki masalah. Melainkan jika memiliki suara aneh sudah dipastikan ada masalah. Solusinya bisa mengandalkan layanan derek mobil yang dimiliki.

mesin mobil

Cara Mengatasi Mobil Overheat

Jika memiliki masalah pada saat perjalanan maka cara mengatasi mobil overheat bisa dengan berbagai cara.

1. Berhenti di Tempat yang Aman

Kalau mengalami masalah lebih baik berhentikan terlebih dahulu mobilnya. Sebab jika tetap dijalankan maka mobil bisa saja mengalami masalah lain. Lalu bisa langsung melihat seperti apa temperatur suhu mesin di panel instrumen. Salah satu tanda jika mesin terlalu panas maka bisa terlihat indikator engine check yang menyala.

Penyebab turunnya mesin mobil overheat bisa terjadi jika mengalami suhu diatas 95 derajat celcius. Nanti Anda akan melihat suhu menunjukkan ke H atau bisa diartikan hot. Lalu asap putih akan mulai keluar dari kap mesin.

Melihat hal itu, jangan panik dan tepikan langsung mobil secara perlahan. Hal ini penting agar tidak menganggu pengguna jalan lainnya.

2. Matikan Mesin

Dalam hal ini jangan terburu-buru dalam membuka kap mesin. Saat asap putih keluar biasanya kap akan menjadi panas. Sehingga Anda cukup menunggu sejenak sampai kap mobil berubah menjai dingin. Setidaknya hanya menunggu sekitar 10-20 menit untuk mendinginkannya.

3. Memeriksa Radiator

Jika suhu dalam keadaan panas, Anda diharapkan tidak boleh membukanya. Sebab uap panas bisa saja melukai Anda kapan saja yang Anda mau. Oleh karena itu, cara menanganinya cukup memeriksa radiator saat mesin menjadi dingin.

BACA JUGA :  Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli?

Sebab saat di cek airnya habis bisa dikatakan kalau mobil mengalami kebocoran. Bisa saja karena alat sistem pendingin yang mengalami kerusakan. Atau pompa air yang mengalami masalah, kemudian bisa memeriksa tabung cadangan air radiator.

Cara Mencegah Overheat Pada Mobil Agar Tidak Terjadi Lagi

Tetapi jika menggunakan air biasa hal ini tidak dianjurrkan. Sebab air itu tidak akan efektif dalam mengurangi panas pada mesin. Lebih baik memeriksa bagian radiator terutama di seluruh bagian sistem pendingin.

Sebut saja seperti water jacket, water pump, thermostat dan bagian yang lainnya. Kemudian Anda bisa mencari di bagian mana saja yang mengalami kebocoran. Untuk mencegah mobil overheat bisa dengan memeriksa oli mesin.

Bukan hanya sebagai sistem pendingin, oli pun harus diperiksa dengan baik. Jika Anda melihat oli mulai berkurang bisa dikatakan mesin akan panas. Perlu diketahui, oli bermanfaat sebagai penyebar panas ke dalam mesin tersebut.

Cara mengatasi temperatur mobil naik yang keenam bisa dengan diberhentikan saja. Karena jika dipaksa untuk jalan bisa menimbulkan banyak bahaya. Salah satu solusinya Anda bisa meminta bantuan contohnya seperti layanan derek.

Kemudian pertimbangkan seperti apa kerusakan yang Anda hadapi jika tetap menjalankan kendaraan. Jika sedang macet, tentu tidak memungkinkan kalau mesin tetap dijalankan dalam keadaan seperti itu. Tentu mesin akan berubah menjadi panas dan dapat merusak bagian lainnya.

Dalam mengendarakan sebuah mobil pasti ada saja beberapa masalah yang sering terjadi. Tetapi jika Anda menggunakan aki yang berkualitas. Sudah pasti akan aman, biasanya Anda bisa membeli di tokoaki.co.id. Toko ini tentu sudah terpercaya dan sudah memiliki cabang dimana-mana!

Write A Comment