Aki tekor memang selalu jadi masalah untuk beberapa kendaraan bermotor, seperti mobil matic. Apalagi bila mobil matic tersebut mogok di tengah-tengah perjalanan Anda ke kantor atau tempat-tempat lainnya.  Jadwal dan rencana yang sudah diatur sebelumnya dengan matang terpaksa jadi berantakan.

Mobil matic memang tengah menjadi salah satu alat transportasi yang diminati masyarakat. Khususnya para pecinta kendaraan roda empat. Mobil matic terkenal akan penggunaannya yang mudah, bahkan untuk jalanan menanjak sekalipun. Selain itu, mobil matic juga tidak membuat kaki pengemudi cepat pegal karena Anda dapat menginjak rem dan gas hanya dengan satu kaki. 

Meski begitu, mobil matic juga tidak bisa terlepas dari risiko mogok. Salah satu penyebab mobil matic menjadi mogok adalah aki tekor. Akibatnya, mesin mobil matic tidak bisa menyala.  Aki adalah komponen penting yang ada di dalam kendaraan bermotor seperti mobil matic. Fungsinya adalah untuk menyuplai arus listrik sehingga mobil matic bisa dijalankan. Artinya, kalau aki tekor maka aliran listrik tidak bisa sampai ke mesin dan mobil matic tidak dapat menyala.

Kalau aki tekor di tengah perjalanan, mungkin Anda masih bisa menggunakan moda transportasi umum lain. Tapi itu mengharuskan Anda mengeluarkan uang lebih. Apalagi kalau yang digunakan adalah transportasi umum seperti taksi.

Aki tekor jadi salah satu penyebab seringnya mobil matic mogok. Biasanya hal tersebut disebabkan karena kelalaian pengendara yang lupa memeriksakan kondisi akinya secara rutin sehingga aki tekor. Kondisi aki tekor memang merugikan. Selain membuat mobil matic tidak bisa dijalankan, Anda mau tidak mau harus keluar uang lebih untuk membawa mobil matic ke bengkel dan memperbaikinya.

Ketika mobil mendadak mogok, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan menderek atau mendorongnya ke tempat lain. Begitu pun dengan mobil matic yang mogok karena aki tekor. Namun, ada yang mengatakan bahwa mobil matic yang mogok tidak boleh didorong karena bisa membuat komponen lain jadi ikut rusak. Apakah itu benar?

BACA JUGA :  Aki Mobil Toyota Innova : Review & Harganya

 Khusus mobil matic, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila ingin mendorongnya ketika mogok akibat aki tekor.

Mengutip dari Kompas.com, Suprana, Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak, menjelaskan bahwa sebenarnya aki tekor pada mobil matic sebaiknya langsung diganti yang baru. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk langsung mengganti aki tekor dengan yang baru. Apalagi dalam kondisi darurat yang mengharuskan cepat sampai.

Dalam kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan Anda mengganti aki tekor saat itu juga, Anda bisa mengakalinya dengan cara memancing mobil matic tersebut dengan baterai aki lainnya. Ini biasa disebut dengan jumper.  Walau bisa dilakukan, tetapi hal ini tidak melulu behasil. Kadang aki tekor dapat terisi kembali, tapi ada juga yang kembali tekor setelah dimatikan.

Kalau mobil matic tidak mau menyala karena aki tekor, disarankan untuk segera memanggil teknisi agar mengganti aki tekor tersebut dengan aki yang baru. Sebaiknya Anda jangan mendorong mobil matic walau dalam keadaan sangat terpaksa sekalipun. Tidak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk memaksa mendorong mobil matic yang mogok karena aki tekor. Dipercaya dapat membuat mesin mobil kembali hidup dan memungkinkan mereka meneruskan perjalanannya lagi. 

Tetapi hal ini sebenarnya salah. Bahkan sangat dilarang karena bisa berakibat fatal. Karena ketika mobil matic yang mogok karena aki tekor didorong, berbagai komponen mesin atau transmisinya bisa mengalami shock dan membuat mobil matic jadi cepat rusak.

Untuk kondisi darurat, Anda diperbolehkan mendorong mobil matic ke bahu jalan agar tidak mengganggu pengendara lain yang ingin melintasi jalan tersebut. Anda bisa menggunakan transmisi N untuk memindahkan mobil matic ke bahu jalan.

Sementara untuk memindahkan mobil matic ke bengkel untuk mengganti aki tekor dengan yang baru, Anda tetap harus menggunakan bantuan derek atau towing. Posisinya pun harus diperhatikan dengan benar. Terutama di bagian penggerak rodanya.

BACA JUGA :  Suzuki Ertiga: Review dan Harga Aki (Update 2021)

Derek yang digunakan untuk membawa mobil matic ke bengkel sebaiknya adalah derek gendong, di mana mobil matic yang mogok dapat terangkut secara keseluruhan di bagian atas mobil towing.

Perkara mobil matic mogok karena aki tekor memang cukup sering terjadi. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak sembarangan mendorong mobil matic tersebut, apalagi ke tempat yang jauh. Karena hal tersebut dapat membuat mobil matic cepat rusak. Gunakanlah bantuan derek untuk membawa mobil matic Anda menuju bengkel terdekat.

Cek juga Tokoaki.co.id yang sudah mempunyai pengalaman di bidang baterai aki selama puluhan tahun serta memberikan harga yang lebih hemat! serta memiliki bermacam-macam merek serta tipe aki yang cocok dengan kendaraan anda.

Write A Comment