Aki merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada semua jenis kendaraan baik mobil maupun motor dan membutuhkan perawatan khusus secara berkala. Pasalnya aki memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik motor, yang kemudian akan digunakan untuk menyalakan kelistrikan pada semua komponen motor yang membutuhkan arus listrik.

Aki seringkali mengalami kondisi yang kurang baik dan sering disebut sebagai soak oleh para pengendara motor. Sehingga aki tersebut tidak dapat membantu motor untuk berjalan dengan normal. Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan agar aki tidak mudah soak diantaranya adalah melakukan pemeriksaan secara berkala, perhatikan aksesoris motor, memaksa menggunakan starter, dan panaskan setiap hari setidaknya selama 5 menit.

Fungsi Aki

Sebelum kita membahas mengenai harga aki motor, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang fungsi dari komponen motor satu ini. Secara umum aki memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik dan mengkonversikannya dalam bentuk energi kimia. Energi kimia yang tersimpan ini kemudian digunakan untuk mensuplai listrik ke perangkat-perangkat yang ada di kendaraan anda, khususnya ketika mesin sedang mati. Jika diuraikan lebih lengkap, fungsi aki pada kendaraan bermotor ini ada 3, yaitu sebagai berikut :

Menyediakan Energi Listrik

Menyediakan Energi listrik

Aki menjadi satu-satunya komponen yang bisa menyediakan listrik ketika motor anda dalam keadaan mati. Energi listrik ini bisa digunakan untuk menggerakkan atau menstarter motor anda. Tanpa adanya aki, maka starter mesin tidak bisa dihidupkan karena ketiadaan listrik. Selain digunakan untuk menstarter motor, aki juga mensuplai berbagai komponen lain yang ada di kendaraan anda seperti sensor-sensor, Elektronik Fuel injection dan lain sebagainya.

Menyimpan Energi Listrik

Menyimpan energi

Seperti yang telah saya tuliskan diatas bahwa aki mampu mengkonversikan energi listrik dan disimpannya ke dalam energi kimia. Hal tersebut dilakukannya ketika mesin mulai bekerja, mesin yang bekerja akan menghasilkan listrik yang bisa digunakan untuk mengoperasikan komponen-komponen di kendaraan anda. Ketika ada sisa listrik yang tidak digunakan, maka akan mengkonversikan energi listrik tersebut menjadi energi kimia yang bisa digunakan oleh motor ketika mesin mati.

Kemampuan aki menyimpan energi kimia dikarenakan bahan-bahan kimia yang ada di sel aki akan bereaksi ketika ada listrik yang masuk ke dalamnya. Reaksi yang terjadi ini akan menyimpan energi listrik yang masuk dan dikonversikan dalam bentuk perubahaan bahan kimia. Dengan begitu maka aki mampu menyimpan energi listrik yang masuk ke dalamnya sesuai dengan kapasitasnya.

Stabilisator Tegangan

Stabilisator Tegangan

Fungsi lain yang dimiliki oleh aki adalah ia dapat berfungsi untuk menstabilkan kendaraan yang ada di motor. Seperti yang kita ketahui, bahwa komponen-komponen yang ada di dalam kendaraan bermotor hanya mampu bekerja dengan baik pada tegangan tertentu (biasanya 12 volt). Ketika tegangan pada motor berkurang terlalu jauh, maka komponen-komponen tersebut akan berhenti bekerja. Begitu Pula ketika tegangan yang dihasilkan terlalu tinggi, komponen-komponen tersebut bisa mengalami kerusakan ataupun konsleting. Listrik yang dihasilkan oleh mesin ternyata tegangannya tidak stabil lho, oleh sebab itu diperlukan aki untuk mengkonversikan tegangan yang dihasilkan oleh mesin tersebut untuk bisa sesuai dengan kebutuhan komponen kendaraan anda.

BACA JUGA :  Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah? Ini Nih Kita Kasih Tau

Biasanya mesin kendaraan bermotor menghasilkan tegangan berkisar antara 13 volt hingga 14,3 volt. Oleh sebab itu, biasanya kendaraan bermotor yang bagian akinya sudah bermasalah sering mengalami kerusakan pada komponen-komponen lainnya. Misalnya saja masalah lampunya, ketika tegangan yang dihasilkan oleh mesin mencapai 14,3 volt maka lampu tersebut akan putus karena tidak kuat menerima tegangan tersebut. Untuk itulah kemampuan aki menurunkan tegangan listrik ini menjadi sangat penting demi keselamatan komponen kendaraan bermotor anda.

Harga Aki Motor

Harga aki motor sangatlah bervariasi, tergantung dari merk dan kapasitas aki yang ingin anda beli. Semakin besar kapasitas aki tersebut maka harganya semakin tinggi pula. Aki berkapasitas tinggi sebetulnya belum tentu diperlukan untuk kendaraan bermotor anda. Hal itu dikarenakan ada motor yang membutuhkan kapasitas listrik tinggi, tetapi ada yang memerlukan kapasitas rendah saja.

Penggunaan aksesoris yang dikaitkan di kendaraan anda juga mempengaruhi kebutuhan kapasitas listrik motor anda. Misalnya saja jika anda mencharge ponsel anda di motor, maka itu akan meningkatkan kebutuhan kapasitas aki anda. Begitu juga apabila anda menambahkan lampu aksesoris, ataupun mengganti lampu kendaraan anda dengan yang memiliki watt yang lebih besar. Penambahan tersebut akan mengakibatkan motor anda membutuhkan aki berkapasitas lebih besar.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda berkonsultasi dengan teknisi kendaraan anda sebelum menambahkan variasi tersebut. Konsultasikan apakah kapasitas aki anda sudah mencukupi untuk penambahan variasi tersebut.

Harga Aki Kering Motor

Istilah aki kering motor sebenarnya kurang pas karena pasalnya semua aki berisi cairan berupa air. Dimana aki yang benar-benar kering dan tidak terdapat cairan yaitu hanya terdapat dalam batu baterai saja. Sedangkan semua aki yang terdapat pada kendaraan baik motor ataupun mobil memiliki unsur cair. Memang tidak salah penyebutannya, namun itulah yang terjadi di masyarakat.

Terdapat dua jenis aki yang terkenal dikalangan masyarakat yaitu aki kering dan aki basah. Aki basah biasanya menggunakan tempat tempat yang semi transparan, hal itu sengaja dilakukan agar lebih mudah memantau kadar air aki yang terdapat dalam tabung tersebut. Air aki biasa dikenal dengan sebutan air zuur yang merupakan cairan yang memiliki fungsi sebagai peredam. Cell yang terdapat pada bagian dalam aki diredam menggunakan air zuul ini.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Chevrolet Spin Beserta Pilihan Aki nya

Pengecekan kondisi air dalam aki basah pun menjadi rutinitas yang penting untuk dilakukan oleh pemilik kendaraan tersebut. Lantaran semua cell yang ada dalam aki harus teredam secara sempurna. Jika air aki tersebut berkurang maka penyimpanan pada arus akan berkurang. Oksidasi yang diakibatkan akan membuat lempeng cell menjadi berkarat dan kelistrikan pada kendaraan akan menjadi tidak maksimal.

Harga aki basah dua kali lipat lebih murah jika dibandingkan dengan harga aki kering motor hal itu dikarenakan cara kerja keduanya berbeda. Aki kering merupakan pengembangan dari aki basah dan memiliki wadah aki yang berbeda jika dibandingkan dengan aki basah. Desain pada aki satu ini juga didesain dengan pemilihan warna yang solid atau gelap seperti warna hitam, kuning, putih dan biru.

Jika aki basah bersifat transparan maka aki ini tidak akan bisa dilihat dari samping dan untuk mengetahui kadar air aki yang terdapat di dalamnya maka harus membuka tutupnya. Terdapat lubang-lubang pengisian diatasnya untuk memudahkan proses pengisian air aki pada penutupnya berwujud gel. Dan yang lebih menariknya lagi, tingkat penguapan dari gel di dalam aki kering sangat kecil.

Selain itu, aki kering memiliki kelebihan lain dibandingkan aki basah yaitu free maintenance (MF) alias bebas perawatan. Jika kendaraan anda menggunakan aki kering maka anda tidak perlu melakukan perawatan khusus secara berkala dan tentunya hal itu jauh lebih simple serta mudah jika dibandingkan dengan aki basah. Harga aki kering motor sangat beragam mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Soal harga dari kedua jenis aki ini memiliki selisih yang cukup jauh dan bisa mencapai hingga dua kali lipat perbedaannya. Seperti contoh, jika harga aki basah dengan tipe 85 ampere biasanya dijual dengan harga Rp.700.000 hingga Rp.1.000.000. Maka harga aki kering biasanya dijual dengan harga Rp.1.500.000 sampai Rp.3.000.000 untuk tipe yang sama. Namun harga aki yang mahal juga berpengaruh pada durabilitas pemakannya.

Aki basah memiliki umur ekonomis yang lebih singkat jika dibandingkan dengan aki kering. Umumnya, aki basah hanya bisa bertahan maksimal satu tahun sedangkan aki kering bisa bertahan hingga mencapai 3 sampai 4 tahun. Sehingga tak heran jika sebagian besar orang banyak memilih untuk menggunakan aki kering daripada aki basah karena usia pakai berbeda jauh meskipun harganya sedikit mahal.

Harga Aki Motor Beat

Secara kinerja, motor injeksi membutuhkan pasokan listrik yang lebih besar jika dibandingkan dengan motor yang masih masih menggunakan karburator. Hal itu dikarenakan beberapa komponen pada motor injeksi seperti electronic control unit (ECU), injector, fuel pump dan komponen lainnya yang membutuhkan arus listrik stabil dan besar untuk bekerja. Jika ditinjau dari segi tegangan maka baik yang injeksi maupun karburator tetap sama yaitu 12 V.

BACA JUGA :  Pengendara Wajib Tahu! Berikut Syarat Perpanjang SIM Beserta Caranya

Yang membedakan adalah besaran ampere hour (Ah) yang terdapat pada aki motor jenis injeksi yang umumnya lebih besar daripada motor karburator. Biasanya besarnya ampere hour itu menyesuaikan dengan kebutuhan motornya, karena setiap motor memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk harga aki kering motor Beat sangat beragam yaitu mulai dari Rp.100.000 hingga Rp.250.000 tergantung tipenya. Beberapa tipe aki yang digunakan untuk motor beat dan harganya adalah sebagai berikut :

  1. Aki kering Star YTZ5S Yuasa harganya 185 ribu rupiah
  2. Aki kering Yuasa YTZ5S 3.5 a harganya 199 ribu rupiah
  3. Aki kering GTZ5S GS Y harganya 135 ribu rupiah
  4. Aki kering GTZ5S harganya 105 ribu rupiah
  5. Aki kering GTZ5s Motorcell harganya 105 ribu rupiah
  6. Aki kering Motobatt MTZ5S harganya 160 ribu rupiah

Harga Aki Motor Vario 125

Memilih merek aki motor terbaik pastinya diinginkan oleh semua pemilik motor agar kendaraan semakin nyaman. Posisi aki pada sepeda motor matik umumnya berada di bawah dek tepatnya di tempat kaki berpijak. Setiap motor pasti memerlukan perawatan meskipun tidak semuanya dilakukan secara berkala atau rutin, karena ada beberapa motor yang memerlukan perawatan pada waktu tertentu saja.

Aki merupakan salah satu komponen penting pada motor yang harus selalu dirawat. Adapun aki yang digunakan pada motor Vario 125 atau 150 yang berteknologi idling stop system (ISS) berjenis kering atau free maintenance (MF) dengan kapasitas 12 volt dan tegangan 5 ampere hour. Untuk harga aki kering motor vario 125 ini sangat variatif yaitu mulai dari Rp.150.000 hingga Rp.300.000 tergantung dengan tipe yang dipilih.

Dikarenakan aki merupakan salah satu komponen terpenting pada motor maka perlu dilakukan perawatan secara rutin. Selalu periksa kadar air aki yang terdapat dalam motor untuk menghindari motor agar tidak mati tiba-tiba. Jika air aki sudah hampir habis maka anda bisa langsung segera mengisinya. Jangan tunggu air aki sampai mengering baru anda mengisi, karena hal itu akan membuat komponen yang terdapat dalam aki berkarat dan cepat rusak.

Cek juga Tokoaki.co.id yang sudah mempunyai pengalaman di bidang baterai aki selama puluhan tahun serta memberikan harga yang lebih hemat! serta memiliki bermacam-macam merek serta tipe aki yang cocok dengan kendaraan anda.

Write A Comment