Aki mobil merupakan bagian terpenting pada mobil, dimana fungsinya untuk menyimpan listrik yang nantinya akan disalurkan ke seluruh komponen listrik pada bagian dalam mobil. Memiliki peran yang penting, tak heran jika Anda harus mempertimbangkan banyak hal pada saat memilih aki. Apalagi sekarang ini ada banyak jenis aki yang beredar di pasaran, baik aki kering dan basah, dan mengharuskan Anda untuk lebih selektif dalam memilih. Lantas, apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih aki mobil? Simak ulasan berikut ini sampai akhir!

Cara Memilih Aki Mobil Kering Berkualitas

Berikut ini beberapa cara memilih aki mobil kering yang bisa diikuti, diantarnaya yaitu:

a. Membeli di toko terpercaya

Hal pertama yang harus diperhatikan pada saat membeli aki mobil kering yaitu membelinya di toko terpercaya. Adapun banyak sekali toko terpercaya yang menjual aki saat ini, salah satunya yaitu Tokoaki.co.id, yang merupakan pusat penjualan aki terlengkap dan kebutuhan penyimpanan elektrikal. Selain menjual aki, kami juga menyediakan berbagai solusi untuk menjawab beragam kebutuhan spesifik yang membutuhkan berbagai keahlian khusus. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lengkapnya, bisa langsung mengunjungi websitenya di TokoAki.co.id.

b. Membeli yang sesuai dengan spesifikasi mobil

Tips berikutnya pada saat membeli aki mobil kering yaitu menyesuaikan dengan spesifikasi mobil. Apabila mobil Anda tidak membutuhkan modifikasi yang besar, seperti halnya lampu yang lebih terang hingga mengganti sound system, yang berarti aki mobil standar telah mengikuti standar kelistrikan yang dibutuhkan oleh mobil Anda. 

Itulah mengapa pada saat membeli aki kering, Anda harus mengikuti apa yang tertera di buku manual mobil. Setelah itu, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan bengkel resmi mengenai tipe aki kering seperti apa yang memang dibutuhkan oleh mobil.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Toyota Rush Beserta Daftar Pilihan Aki nya

c. Memilih yang sesuai kebutuhan

Tips berikutnya pada saat membeli aki mobil yaitu memastikan bahwa aki itu memang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Sebab ada banyak jenis aki kering yang dijual di pasaran, maka Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet. Jangan sampai memilih karena tergoda karena alasan-alasan yang Anda sendiri tidak memahaminya dengan baik. Ingat, ketahanan sebuah aki itu juga akan ditentukan oleh pemakaian dan perawatan.

d. Memperhatikan Kapasitas Aki

Langkah berikutnya yang harus diperhatikan pada saat membeli aki mobil yaitu memperhatikan kapasitas aki. Setiap aki kering pasti punya ukuran, dimensi, ampere dan tegangan yang bisa dicek oleh Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk membaca buku manual mobil lebih dulu sebelum membeli aki mobil atau mungkin mendiskusikannya dengan bengkel resmi.

Supaya aki yang dibeli itu adalah aki yang awet dan tidak mudah soak, maka ada baiknya Anda memilih aki yang tegangannya jauh lebih kecil dari standar mobil Anda, karena aki yang tegangannya lebih besar, umumnya akan menyebabkan terjadinya kerusakan komponen kelistrikan di bagian dalam mobil.

e. Mempertimbangkan Merk Aki Mobil yang Dipilih

Sekarang ini merk juga harus menjadi pertimbangan lain pada saat Anda membeli aki mobil, karena tidak dapat dipungkiri jika ada banyak sekali merk aki yang sekarang beredar di pasaran. Ingat, jangan sampai salah memilih merk karena akibatnya bisa fatal, dan membuat kinerja dari mobil Anda menjadi tidak maksimal. Tapi kalau Anda membeli langsung aki di TokoAki.co.id, maka sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi kualitasnya, karena semua itu sudah dijamin sebelumnya.

f. Hindari Membeli Aki Rekondisi

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan pada saat membeli aki mobil yaitu memastikan bahwa tidak membeli aki yang rekondisi atau bekas. Mengapa demikian? Sebab, aki rekondisi hanya akan memberikan dampak yang buruk, dan menciptakan permasalahan pada mobil Anda di kemudian hari. Maka dari itu pastikan lebih dulu sebelum membeli penjual, karena bisa saja Anda yang sebenarnya tidak punya niat membeli aki bekas, tetapi malah ditipu oleh penjual.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Mobil Mazda CX 5 dan Pilihan Aki nya

Walaupun memang tidak semua toko melakukan hal sedemikian rupa, tetapi kewaspadaan dan tetap berhati-hati itu adalah hal yang sangat penting agar terhindar dari bahaya penipuan. Maka dari itu, disarankan membeli aki mobil di tempat yang sudah terpercaya seperti langsung di TokoAki.co.id, yang sudah terkenal sebagai salah satu marketplace terbaik yang menjual berbagai kebutuhan akan aki sejak dulu. Bahkan tidak hanya sekedar bisa membeli aki saja, tapi juga bisa minta dipasangkan sekalian.

Belanja aki di TokoAki.co.id juga bisa COD-an. Jadi, Anda hanya perlu menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang. Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

Write A Comment