Aki Kering Vs Aki Basah. Bicara soal kendaraan, pasti tidak bisa dilepaskan dari yang namanya aki. Tidak dapat dipungkiri jika aki punya peran yang sangat penting, dan itulah mengapa Anda tidak bisa sepele begitu saja. Ada dua jenis aki kendaraan yang biasanya dipakai, yaitu aki kering dan aki basah. Lantas, apakah perbedaan dari kedua aki itu?

Aki Kering vs Aki Basah Mana Paling Bagus?

Apabila Anda mengunjungi website TokoAki.co.id pasti akan menemukan dua jenis aki kendaraan yaitu kering dan basah, baik untuk mobil atau motor. Pada aki basah biasanya akan digunakan cairan elektrolit atau air aki dalam merendam selnya.

Tetapi untuk aki kering akan digunakan bahan dari gel untuk merendam selnya. Dari kedua hal itulah tak heran jika ada banyak perdebatan yang muncul soal mana aki kendaraan terbaik yang harus digunakan, apakah aki basah atau aki kering. Apabila Anda penasaran, simaklah penjelasan dari kelebihan masing-masing aki itu berikut ini: 

Kelebihan & Kekurangan Aki Kering

Aki kering termasuk salah satu aki kendaraan yang banyak digunakan, tetapi apakah yang menjadi kelebihan dari aki ini sehingga banyak digunakan?

aki kering vs aki basah
Contoh aki kering : AMARON 42B20R Hi-life

Apa itu Aki Kering?

Aki kering adalah aki / accu yang menggunakan gel dalam wadah yang biasanya berwarna gelap. Gel ini berfungsi untuk meredam sel-sel aki.

BACA JUGA :  Toyota Yaris : Ulasan & Harga Aki Terbaru 2021

Gel ini mengandung cairan air aki yang tidak mudah menguap. Sehingga cairan aki kering dapat bertahan lebih lama dibandingkan aki basah.

Kelebihan

1. Lebih Cepat

Sebagai salah satu aki kendaraan terbaik, aki kering umumnya selalu lebih cepat ketimbang aki basah, dimana penyebab dari hal itu adalah karena aki kendaraan jenis ini tidak perlu diisi air lebih dulu pada saat akan digunakan.

2. Lebih Gampang

Kelebihan berikutnya dari aki kering yaitu lebih gampang perawatannya, karena Anda tidak harus rutin melakukan pengecekan dan isi ulang cairannya, seperti jenis aki kendaraan lainnya yakni aki basah yang harus selalu dilakukan pengecekan dan diisi air aki secara berkala. 

3. Lebih Aman

Keunggulan dari berikutnya dari aki kering yaitu lebih aman, karena anti bocor. Hal ini sangat berbeda apabila dibandingkan dengan aki kendaraan basah yang punya sifat korosif, dan apabila tumpah lalu mengenai komponen mobil lainnya akan membuat segalanya menjadi tidak aman.

Kelemahan

1. Harga Lebih Mahal

Dibandingkan dengan aki basah, harga aki kering relatif lebih mahal. Tentu saja ini berkaitan dengan keunggulan dari aki kering yang lebih tahan lama dan lebih aman daripada aki basah.

2. Lebih Sulit Diperbaiki

Jika mengalami kerusakan, banyak yang cenderung membeli aki kering baru daripada memperbaikinya. Karena perbaikannya perlu membuka segel yang lebih susah daripada aki basah. Karena sulitnya untuk diperbaiki, biaya servis aki kering cenderung lebih mahal pula.

3. Usia Lebih Singkat

Meskipun lebih aman, tapi aki kering punya usia yang lebih singkat yaitu sekitar 2 tahun. Setelah tahun kedua biasanya accu sudah menunjukkan tanda-tanda untuk segera diganti yang baru.

BACA JUGA :  Memilih Aki Basah : Panduan Lengkap untuk Mobil / Motor Kesayangan

Kelebihan & Kekurangan Aki Basah

Jika tadi kita sudah berbicara soal kelebihan dari aki kendaraan yakni aki kering, kurang afdol rasanya jika tidak membandingkan keunggulannya dengan aki basah. Lalu, apa sajakah kelebihan dari aki basah yang juga bisa dibeli di TokoAki.co.id?

aki basah GS ASTRA NS40Z tokoaki.co.id

Apa itu Aki Basah?

Berbeda dengan aki kering, aki basah adalah accu yang menggunakan cairan elektrolit untuk meredam sel-sel aki. Cairan ini cenderung lebih mudah menguap daripada gel. Oleh karena itu aki basah memerlukan perawatan rutin agar dapat selalu digunakan.

Kelebihan

1. Lebih Murah

Sebagai salah satu jenis aki kendaraan, aki basah punya harga yang lebih murah ketika dibandingkan dengan aki kering, sehingga apabila Anda punya bujet yang pas-pasan, maka ada baiknya untuk memilih aki basah. Pada saat membeli aki basah, bujet yang tersisa nantinya bisa digunakan untuk melakukan perawatan bagian kendaraan lainnya.

2. Bisa Diisi Ulang

Kelebihan lainnya dari jenis aki kendaraan yang satu ini yaitu Anda bisa melakukan pengisian ulang pada saat air aki tekor. Caranya mudah sekali, cukup menguras isi aki, kemudian dicuci, lalu dibersihkan endapan di dalamnya sampai benar-benar kering. Setelah itu, Anda bisa melakukan pengisian ulang. Namun hal yang harus diingat, sebelum melakukan pengisian ulang harus disetrum lebih dulu selama sejam supaya bisa digunakan lagi.

Apabila Anda yakin untuk melakukan pengisian ulang sendiri, tinggal dilakukan saja. Namun jika tidak yakin, disarankan untuk dibawa ke bengkel saja, dan lakukan konsultasi dengan mereka tentang bagaimana cara penggantian yang tepat agar besok-besok bisa melakukan pengisian ulang sendiri.

3. Lebih Tahan Lama

Aki kendaraan jenis ini juga punya masa penggunaan yang lebih panjang ketimbang jenis aki lainnya. Tetapi memang balik lagi, masa pakai itu akan sangat tergantung pada cara pakai dan perawatan yang dilakukan. Untuk itu, jangan lupa melakukan pengecekan rutin setipa dua bulan sekali. 

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Daihatsu Gran Max Beserta Pilihan Aki Gran Max

Apabila kendaraan Anda sering melakukan pekerjaan berat seperti menjadi taxi online, maka usahakan untuk melakukan pengecekan aki basah yang satu ini sebulan sekali supaya kinerjanya tetap prima.

Kelemahan

1. Cairan Aki Lebih Cepat Habis

Cairan elektrolit atau air aki dalam aki basah cenderung lebih cepat menguap. Akibatnya cairan ini lebih cepat habis ketika digunakan berkendara.

2. Butuh Perawatan Ekstra

Karena cairan elektrolit lebih cepat habis, maka aki ini cenderung butuh perawatan ekstra. Paling tidak perlu pengecekan rutin kondisi air aki sebelum kendaraan digunakan.

3. Cenderung Kurang Aman

Cara perawatan aki basah harus hati-hati dan benar. Karena jika asal-asalan dapat mengakibatkan cairan tumpah dan menyebabkan korosi pada permukaan aki maupun pada komponen-komponen yang lain.

Jadi Mana Yang Terbaik?

Sekarang Anda sudah mengetahui perbandingan aki kering vs aki basah. Termasuk kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis aki. Dan sekarang saatnya Anda menentukan aki terbaik untuk mobil atau motor kesayangan Anda.

Apabila Anda ingin menemukan aki kering dan basah terbaik, bisa langsung mengunjungi TokoAki.co.id, yang merupakan sebagai salah satu marketplace terbaik yang menjual berbagai kebutuhan akan aki. Tidak hanya sekadar membeli saja, tapi juga bisa minta dipasangkan sekalian.

Belanja aki di TokoAki.co.id juga bisa COD-an atau bayar di tempat. Jadi, Anda hanya perlu menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang. Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

Write A Comment