Merawat kendaraan merupakan hal yang harus dilakukan bagi setiap pemiliknya. Pasalnya, kondisi sebuah mobil haruslah tetap terjaga agar kinerjanya selalu prima. Salah satunya ialah melakukan tune up. Lantas, apa saja komponen yang di cek ketika melakukan tune up? Dan berapa biaya tune up mobil? Berikut penjelasannya secara terperinci.

1. Saringan Udara

Saringan Udara Mobil

Komponen pertama yang biasanya di cek pada saat melakukan tune up atau servis ringan ialah saringan udara. Komponen ini merupakan bagian utama yang harus diganti jika sudah mulai usang. Sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring udara dari luar. Penggunaan kendaraan secara terus menerus dapat membuat suku cadang ini mengalami kerusakan.

Jika dilihat melalui fungsinya, saringan udara tentunya akan dipenuhi dengan debu dan kotoran. Tertutupnya saringan udara dapat mengurangi jumlah pasokan udara yang ada di dalam ruang bakar. Kurangnya jumlah pasokan udara dalam ruang bakar dapat menurunkan performa mesin. Tidak menutup kemungkinan usangnya komponen tersebut dapat membuat mobil turun mesin.

Apabila saringan udara tidak mengalami kerusakan saat di cek, maka anda bisa membersihkan bagian filter udara. Namun, untuk meningkatkan performa mobil anda bisa mengganti komponen tersebut dengan suku cadang yang lebih baru. Meski harganya sedikit mahal, namun daya tahan komponen tersebut akan lebih lama dan lebih awet.

2. Komponen Throttle Body

Throttle Body

Untuk mobil injeksi, lakukan pemeriksaan terhadap komponen throttle body. Proses pembersihan komponen ini dilakukan dengan bantuan alat khusus dan biaya tune up mobil yang agak tinggi. Permasalahan yang sering kali terjadi ialah, tertutupnya kotoran seperti debu atau benda keras yang dapat menghambat skep dari komponen throttle body.

Apabila skep terhalang oleh debu dan kotoran, maka pasokan udara yang nantinya harus diteruskan ke ruang bakar akan menjadi tidak optimal. Yang lebih parah responsivitas dari pedal gas mobil juga ikut terganggu. Hal tersebut tentu dapat membahayakan penumpang pada saat mengendarainya. Lakukan pengecekan tune up guna menghindari hal hal yang tak diinginkan.

BACA JUGA :  Apakah Aki Mobil Perlu Dicopot Ketika Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama?

3. Busi

Busi

Komponen yang paling sering mengalami pergantian pada saat servis ringan ialah busi. Unsur mobil yang satu ini memiliki tugas yakni memercikkan api ke dalam ruang bakar yang sudah dikompresi oleh campuran bensin dan udara. Percikan api inilah yang nantinya akan menggerakkan kendaraan roda empat. Komponen ini juga sangat rawan terjadi kerusakan.

Pasalnya, adanya suara menggelitik atau knocking pada saat kendaraan di gas merupakan efek yang kerap muncul akibat busi bermasalah. Pembersihan atau penggantian busi pada mobil merupakan cara yang paling tepat untuk menjaga performa mobil. Biasanya, komponen ini akan diperiksa dengan elektroda untuk mendeteksi suatu permasalahan.

Kerusakan yang sering terjadi pada komponen busi, ialah pengikisan, keretakan, pecahan pada body busi. Biaya tune up mobil tergantung dari kondisi busi yang bercelah. Komponen busi dapat dikatakan normal jika memiliki api yang nyalanya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika dirasa masih normal, biasanya komponen ini cukup dibersihkan dengan sikat kawat.

4. Aki

Aki Kendaraan

Bagian mobil yang juga akan diperiksa ketika melakukan tune up ialah aki. Aki atau baterai merupakan komponen yang tak kalah penting dalam mobil. Sayangnya, tak semua pemilik kendaraan memahami apa fungsi dari unsur mobil tersebut. Aki atau yang biasa disebut dengan accu adalah ruang penyimpanan arus listrik yang berfungsi untuk menggerakkan mobil.

Ada banyak sekali fungsi accu, mulai dari penyimpang energi, penyuplai energi ke starter, penyuplai energi ke sistem perapian, penyuplai AC, dan masih banyak lagi. Permasalahan yang sering muncul akibat rusaknya aki ialah mobil yang tidak bisa distarter. Tak hanya itu, akibat dari rusaknya aki juga dapat membuat piranti elektronik tak bisa berjalan dengan normal.

BACA JUGA :  Review Peugeot 5008 : Spesifikasi, Kelebihan, Dan Kekurangan

Beberapa hal yang dilakukan untuk memeriksa accu, antara lain melihat elektrolit setiap sel, melihat kondisi penyangga kaki, memeriksa air aki, dan lain sebagainya. Apabila voltase pada aki sudah mulai melemah, maka anda perlu menggantinya dengan yang baru. Biasanya, biaya tune up mobil untuk pergantian lumayan murah. Aki yang kuat akan bekerja menjaga stamina mobil.

5. Fan Belt

Fan Belt

Fan belt merupakan komponen mobil berupa sabuk yang terbuat dari karet. Karet tersebut akan terus berputar sepanjang mobil dihidupkan. jika dilihat dari jenis mobilnya, fan belt memiliki beberapa unsur, seperti AC steering, water pump, bearing, alternator, dan lain sebagainya. Untuk memeriksa kerusakan, pihak bengkel akan melepas fan belt dan menekuknya menjadi dua bagian.

Apabila ketika fan belt dilepas ditemukan retak, maka hal tersebut dapat dipastikan komponen ini mengalami kerusakan. Guna meminimalisir adanya kerusakan, anda perlu melakukan tune up setiap menempuh 20.000 km. Fan belt merupakan komponen mobil dengan umur pengguna yang relatif singkat.

Fan belt akan selalu bekerja secara terus menerus dengan mengikuti putaran mesin inti mobil. Bayangkan jika fan belt terputus, maka dapat dipastikan mobil akan mogok di tengah perjalanan. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kondisi fan belt. Cara yang paling mudah ialah mendeteksi adanya suara aneh yang ditimbulkan mesin mobil.

Biasanya suara yang ditimbulkan agak nyaring dan berdecit. Bunyi ini muncul sebagai akibat karet yang selip dan tidak bisa berputar dengan sempurna. Biaya tune up mobil untuk memperbaiki komponen ini memang agak mahal, namun anda bisa mendapatkan perawatan yang sesuai. Guna menghindari fan belt bermasalah, lakukan penggantian karet setiap 30.000 – 40.000 km.

BACA JUGA :  Informasi Lengkap Seputar Honda Mobilio Beserta Aki Pilihannya

6. Kampas Rem Mobil

Kampas Rem

Salah satu fungsi kampas rem mobil yang paling utama ialah membantu mengatur sistem pengereman kendaraan. Kampas dapat menahan pengemudi yang mengerem secara mendadak. Namun, jika komponen penting ini mulai rusak, maka perbaikan dan penggantian merupakan yang semestinya dilakukan.

Kampas memang memegang kendali dalam sistem pengereman, artinya komponen tersebutlah yang menentukan keamanan dan kenyamanan pengendaranya. Pada saat dilakukan pengecekan tune up, pihak bengkel biasanya akan mengganti kampas dengan yang baru jika kondisinya sudah mulai usang. Meski biayanya agak mahal, namun demi keselamatan harus tetap dilakukan.

7. Pembersihan Ruang Bakar

Ruang Bakar Mobil

Ruang bakar merupakan tempat berlangsungnya pembakaran bensin dan udara yang terjadi dalam silinder. Ruang ini terhubung langsung dengan katup masuk dan katup buang. Oleh sebab itu, bentuk ruang bakar sangatlah berpengaruh pada kinerja sistem mobil. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, anda perlu membawanya ke tempat servis resmi dengan biaya tune up mobil yang murah. Itulah beberapa komponen yang mestinya dikeluarkan pada saat melakukan tune up mobil. Sebagai saran, anda perlu melakukan servis secara rutin agar kondisi mobil tetap optimal. Tune up mobil dapat membuat semua kendaraan semakin nyaman dan aman. Pasalnya, mulai dari bagian saringan udara hingga pembersih ruang bakar semuanya harus sesuai dengan standar dan jangan lupa untuk pilihan aki percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah berpengalaman puluhan tahun dibidang per-aki an di Indonesia. Dengan slogan #GantiAkiDimanaSaja serta keunggulan yang ditawarkan oleh Tokoaki.co.id yaitu Gratis Antar Pasang, Instan pengiriman 60 menit sampai di tempat, Semua AKI yang dijual dijamin ORIGINAL dan tentunya harga dan promo – promo yang ditawarkan sangat banyak dan kompetitif dan bisa COD (Cash On Delivery) loh! kami pasangkan baru bayar. Tunggu apalagi cek langsung ke Tokoaki.co.id

Write A Comment