8 Komponen Kopling Mobil yang wajib Anda tahu. Menjadi bagian komponen mobil, kopling merupakan peranti penting yang wajib dimiliki oleh sebuah kendaraan. Jika dilihat dari fungsinya, kopling berguna untuk memisahkan putaran mesin dengan bagian transmisi. Untuk menjaga kondisi kopling agar tetap prima, ada baiknya mengetahui komponen kopling mobil. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Kopling Mobil dan Fungsinya

Apa itu Kopling Mobil?

Kopling adalah komponen mobil yang menghubungkan antara roda gigi transmisi dengan poros engkol sehingga roda belakang dapat bergerak.

Apa Fungsi Kopling Mobil?

Adapun fungsi kopling mobil antara lain :

  1. Membuat perubahan tingkat kecepatan dari mesin mobil sesuai dengan kebutuhan pengendara
  2. Memperhalus gerakan saat perpindahan gigi ketika mobil dalam kondisi berjalan
  3. Mengangkat engine mobil untuk memperhalus perubahan kecepatan
  4. Menghentikan mobil tanpa harus mematikan mesin. Sangat bermanfaat pada saat jalanan dalam kondisi macet
  5. Meningkatkan performa rem lebih baik ketika harus menghentikan kendaraan secara mendadak

8 Komponen Kopling Mobil Manual yang Wajib Anda Ketahui

1. Pedal Kopling

pedal kopling - tokoaki.co.id
Pedal Kopling

Komponen clutch atau kopling yang bisa dilihat dengan mudah ialah pedal kopling. Biasanya, pedal tersebut terdapat di bagian kiri dan diinjak dengan menggunakan kaki kiri untuk memudahkan kemudinya. Pedal kopling berfungsi untuk mengatur jarak kopling dengan flywheel. Tak hanya itu, komponen ini juga berfungsi sebagai penerus atau pemutus aliran mesin ke sistem penggerak.

Pedal kopling hanya bisa ditemui pada mobil dengan sistem transmisi manual. Seperti yang sudah dijelaskan, fungsi dari pedal kopling yakni untuk meneruskan tenaga tekan dari kaki pengemudi menuju master clutch. Dengan adanya kinerja tersebut, maka perputaran mesin ke transmisi terputus. Kinerja tersebut erat kaitannya dengan sistem pengemudiannya.

Ketika pengemudi menginjak pedal kopling, hubungan antara transmisi dengan mesin akan terhenti secara otomatis. Sedangkan apabila pedal kopling dalam keadaan tidak digunakan dan tidak dipijak oleh pengemudi, maka clutch akan meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi. Sebagai informasi, sistem tersebut hanya ada pada produksi manual saja.

BACA JUGA :  Review Lengkap: Kelebihan Dan Kekurangan Pajero Sport
Antar Pasang Instan TokoAki.co.id

2. Power Clutch

Power Clutch - tokoaki.co.id
Power Clutch

Power clutch merupakan komponen yang biasanya disebut dengan master kopling bawah. Chasis kendaraan berupa komponen kopling mobil ini terletak di bagian bawah dekat dengan fitur transmisi. Power clutch juga menjadi suatu komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara bagian power clutch dengan master clutch.

Bagian komponen ini juga menjadi hidrolik kopling yang dapat mengubah tekanan hidrolik menjadi tekanan mekanis ke bagian release fork. Melalui hal tersebut, tekanan yang dihasilkan master clutch akan langsung terhubung pada komponen power clutch. Inilah alasan mengapa setiap komponen memiliki peran yang sangat penting dan saling berkesinambungan.

3. Master Kopling Atas

master kopling atas - tokoaki.co.id
Master Kopling Atas

Komponen yang satu ini sering kali disebut dengan master clutch. Hal ini dikarenakan letaknya berada di bagian atas dan berdekatan dengan engine room. Fungsi dari master kopling atas ini sendiri ialah mengubah tekanan mekanisme yang berasal dari pedal menjadi tekan hidrolik. Kemudian tekanan tersebut akan diteruskan menuju power clutch.

Tak hanya itu, bagian ini juga berguna untuk mempertambah besaran tenaga pengemudi di saat menginjak pedal kopling. Bisa dikatakan bagian ini juga berfungsi meneruskan tekanan secara perlahan dengan menggunakan media cairan atau fluida. Umumnya, master clutch memiliki sebuah silinder yang terhubung ke pedal kopling dengan batang pendorong kemudi mesin.

Selain itu, bagian master kopling atas juga memiliki komponen kopling mobil berupa reservoir tank yang berfungsi untuk menampung cairan atau minyak. Seperti yang sudah dijelaskan, penampungan minyak hidrolis tersebut bertujuan untuk menyalurkan tenaga dari master kopling atas ke power clutch. Agar mesin kendaraan tetap prima, jangan biarkan komponen yang satu ini rusak.

4. Release Fork

release fork -tokoaki.co.id
Relesase Fork

Bagian kopling yang selanjutnya ialah release fork atau garpu pendorong. Komponen yang satu ini berfungsi untuk mendorong release bearing agar dapat menekan pegas pada bagian clutch cover. Ketika pedal kopling diinjak, release fork akan mendorong dengan gerakan maju mundur agar putaran dari inti mesin tidak terputus dan mengalami kerusakan.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Toyota Rush Beserta Daftar Pilihan Aki nya

Pemakaian garpu penghubung atau release fork secara terus menerus dapat menimbulkan keausan, sehingga dapat mempengaruhi injakan kopling terasa lebih dalam. Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan fork kopling tak dapat mendorong bagian release bearing dari flywheel. Lantas, untuk memperbaiki fork kopling yang rusak harus melakukan pergantian release bearing.

5. Release Bearing Kopling

release bearing kopling - tokoaki.co.id
Release Bearing Kopling

Release bearing kopling merupakan bagian berupa bantalan penutup dengan tipe permanen yang tak dapat dibuka dan dibersihkan. Sehingga perawatan bagian ini bisa dikatakan cukup sulit. Fungsi dari release bearing sendiri, ialah meneruskan dorongan yang berasal dari fork kopling menuju komponen kopling mobil pegas diafragma. Hal tersebut akan terjadi ketika pengemudi menginjak pedal.

Cara kerja komponen ini sendiri tak hanya sekedar menekan saja, melainkan juga harus tetap berputar dengan teratur agar mesin kendaraan tetap bekerja secara maksimal. bila bagian release bearing rusak, maka hal pertama yang akan dirasakan oleh pengemudi ialah pedal kopling bergetar ketika diinjak.

Oleh sebab itu, pemilihan material khusus untuk pembuatan release bearing merupakan hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kerusakan. Gerakan komponen release bearing yang keras dapat membuat diafragma dalam mesin patah dan mengalami keausan. Untuk menghindari hal tersebut, maka anda perlu melakukan pemeriksaan secara berkala ke tempat servis.

6. Cover Clutch

cover clutch - tokoaki.co.id
Cover Clutch

Cover clutch atau yang sering disebut dengan matahari kopling merupakan bagian komponen persneling yang dibautkan dengan flywheel. Fungsi dari bagian ini sendiri ialah menekan plat kopling ke flywheel yang akan meneruskan tenaga dari mesin. Unsur kopling yang satu ini masih terbagi dalam 2 macam cover clutch.

Jenis cover clutch yang pertama ialah pegas oil. Jenis tersebut terdiri dari pressure plate yang biasanya terbuat dari baja leburan yang diratakan guna menekan plat kopling. Penggunaan jenis komponen kopling mobil cover clutch ini bisa ditemukan pada kendaraan besar seperti bus dan truck. Sedangkan jenis cover clutch yang kedua ialah pegas diafragma.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Chevrolet Spin Beserta Pilihan Aki nya

Pegas diafragma memiliki fungsi untuk memberikan tekanan pada plat kopling dan roda penerus kendaraan. Pegas diafragma atau diafragma spring memiliki fungsi untuk menarik komponen pressure plate pada bagian rumah kopling. Bagian ini juga tidak terlihat sehingga sulit untuk di bersihkan.

7. Plat Kopling

plat kopling - tokoaki.co.id
Plat Kopling Toyota

Unsur kopling pada mobil yang selanjutnya ialah plat kopling. Plat memiliki bentuk berupa piringan dengan bahan dasar asbes dan campuran logam. Komponen ini memerlukan perawatan khusus agar tidak cepat aus atau rusak. Jika plat mengalami kerusakan, mesin akan berbau bahkan bisa terbakar. Tentunya hal tersebut akan sangat membahayakan nyawa penumpang kendaraan.

Fungsi dari plat kopling sendiri ialah meneruskan tenaga yang berasal dari bagian flywheel ke transmisi. Plat kopling juga memiliki beberapa komponen didalamnya. Beberapa komponen tersebut mulai dari, Clutch Hub, Disc Plate, Torsion Dumper, Facing, Cushion Plate, dan Paku Keling atau Rivet.

8. Fly Wheel

flywheel - tokoaki.co.id
Fkywheel

Fly wheel atau yang bisa disebut dengan roda gila, merupakan sebuah piringan atau roda besi yang terdapat dalam kopling mesin. Pada penerapannya, komponen kopling mobil ini digunakan sebagai peredam atas terjadinya perubahan kecepatan putaran pada mesin mobil. Dengan kata lain, komponen ini berfungsi menyimpan kelebihan tenaga mesin. Dari beberapa informasi mengenai unsur kopling pada mobil, mungkin ada beberapa poin yang harus benar benar dipahami. Tujuannya ialah agar bisa menggunakan kopling sebaik baiknya. Mulai dari pedal kopling hingga fly wheel semuanya merupakan bagian dari kopling mobil yang memiliki fungsinya masing masing.

Untuk segala macam kendaraan anda jangan lupa untuk aki percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun serta dengan slogan #GantiAkiDimanaSaja serta keunggulan kami yaitu dijamin semua yang kami jual adalah original, Pesan langsung antar dan pasang , serta garansi sampai ditempat tujuan +- 45 menit

Write A Comment