Setelah Honda meluncurkan Honda All-New BR-V dan Mitsubishi meluncurkan New Xpander. Kini giliran Toyota yang langsung meluncurkan dua mobil andalannya yaitu Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Kalau dulu biasanya Avanza dan Veloz ini adalah jadi salah satu variannya Avanza, kini Veloz berdiri sendiri.

Dan kali ini kita akan bahas secara tuntas mengenai Toyota All-New Veloz 2022. Mulai dari eksterior, interior, fitur kenyamanan, fitur keamanan sampai dengan fitur keselamatan aktif yang disebut dengan Toyota Safety Sense (TSS). Yuk kita mulai!

Mengenal Toyota Veloz

Membahas Veloz tidak bisa lepas dari Avanza. Karena sejarahnya Veloz adalah salah satu varian dari Avanza. Pada November 2011 Veloz adalah varian tertinggi Avanza dengan model yang lebih sporty dan fitur yang lebih lengkap.

Pada Agustus 2015, Veloz hadir tanpa kata “Avanza” di depannya. Meskipun diluncurkan bersamaan dengan Grand New Avanza. Tapi orang masih menyebutnya Avanza Veloz. Karena penampilannya masih mirip-mirip.

Avanza Veloz 2017
Toyota Avanza Veloz 2017

Tapi di akhir tahun 2021 ini, Toyota sepertinya ingin benar-benar membuat masyarakat mampu membedakan Avanza dan Veloz. Karena baik model dan fiturnya benar-benar dibuat berbeda. Apa saja yang membuat Veloz 2022 ini berbeda dan unik? Mari kita mulai.

Toyota Veloz 2022
Toyota Veloz 2022

1. Varian, Warna & Harga

Varian Veloz sebenarnya cuma ada 3, yaitu transmisi manual, CVT dan CVT with Toyota Safety Sense (TSS).

Sedangkan untuk harganya, jika Anda memilih warna Platinum White Pearl harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan warna Black dan Silver Metalic.

Berikut varian dan harga dari Toyota All-New Veloz :

VELOZ 1.5 M/T (Non Premium Color)Rp 251.200.000,-
VELOZ 1.5 M/T (Premium Color)Rp 252.500.000,-
VELOZ 1.5 Q CVT (Non Premium Color)Rp 272.100.000,-
VELOZ 1.5 Q CVT (Premium Color)Rp 273.400.000,-
VELOZ 1.5 Q CVT TSS (Non Premium Color)Rp 291.500.000,-
VELOZ 1.5 Q CVT TSS (Premium Color)Rp 292.800.000,-

Pilihan warna :

  • Black Metallic
  • Silver Metallic
  • Platinum White Pearl (Premium Color)

2. Dimensi Lebih Besar

Dimensi Toyota Veloz berubah drastis, lebih besar dari sebelumnya. Berikut spesifikasi detail dimensi Toyota Veloz 2022 :

  • Panjang : 4.475 mm
  • Lebar : 1.750 mm
  • Tinggi : 1.700 mm
  • Ground Clearance : 205 mm
  • Wheelbase : 2.750 mm
BACA JUGA :  Mitsubishi Pajero Sport: Review Dan Harga Aki Terbaru

3. Eksterior Lebih Gagah

Ekterior depan dari Toyota Veloz dapat langsung terlihat dari grilenya yang sangat “attractive”. Banyak pemilik mobil ini merasa menjadi pusat perhatian ketika berkendara di jalan raya. Tentu saja karena penampilan eksterior dari mobil ini.

Grile piano black dengan puluhan icon yang menyerupai huruf “T” atau mungkin saja maksudnya adalah logo Toyota yang agak tersamar. Dimana icon-icon ini menjadi backgroud dari emblem logo Toyota yang cukup besar.

Di atas grile besar ini ada garis chrome yang membatasi antara grile dan kap mesin. Menariknya garis chrome ini tidak hanya di depan saja. Tapi melintang sampai belakang hingga dipisahkan oleh kaca belakang.

Kemudian untuk headlampnya sudah full LED. Kesan mewah bertambah dengan tulisan “Veloz” baik di kiri maupun kanan. Sekaligus menegaskan pembeda dengan Avanza.

Eksterior Veloz
Eksterior

4. Interior Makin Mewah

Kita mulai dari dashboard yang cukup mewah dengan head unit 9 inch yang dapat dikoneksikan dengan smartphone baik Iphone maupun Android.

Tampaknya Toyota memang ingin meningkatkan level Veloz lebih tinggi dari kompetitornya. Misalnya dengan tambahan softpad berbahan kulit di dashboard bagian penumpang depan. Tidak hanya di situ, softpad juga terdapat setiap pintu, sehingga memberikan kesan mewah pada mobil ini. Bagian lain yang mendapatkan softpad tentu saja adalah lingkar kemudi.

Interior
Interior

5. Sofa Mode

Fitur ini sebenarnya tidak hanya ada di Veloz saja, tapi Avanza dan Xenia baru.

Fitur ini memungkinkan semua jok baik depan maupun tengah untuk direbahkan sampai seperti sofa. Ini bisa untuk rebahan atau bahkan untuk tidur.

sofa mode
sofa mode

Menurut kami, fitur ini sangat cocok bagi keluarga Indonesia. Cocok bagi para suami yang sedang menunggu istri belanja atau di salon. Atau untuk anak-anak yang ingin bisa tidur lebih nyaman di belakang.

6. Fitur Keselamatan Aktif

Fitur keselamatan aktif yang disebut dengan Toyota Safety Sense (TSS) ini hanya ada di varian paling tingginya yaitu tipe Q CVT TSS saja. Meskipun begitu untuk semua varian sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan standar.

Berikut ini daftar Toyota Safety Sense (TSS) :

  • Pre-Collision System
    Fitur ini akan mendeteksi jika ada objek di depan dan akan memberikan peringatan. Dan jika kita tetap melaju kencang maka mobil otomatis akan mengerem dengan sendirinya. Mantap!
 Pre Collision System Veloz
Pre-Collision System
  • Front Departure Alert
    Bermanfaat ketika sedang berhenti menunggu lampu merah. Fitur ini akan memberi peringatan kepada pengemudi bahwa kendaraan di depannya sudah mulai berjalan. Sehingga kita tidak diklakson oleh kendaraan di belakang kita. Wow Asiiik!
BACA JUGA :  Informasi Terbaru Honda Jazz dan Pilihan Aki Jazz Terbaik
Front Departure Alert
Front Departure Alert
  • Pedal Missoperation Control
    Mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas yang terlalu dalam ketika harusnya menginjak pedal rem. Fitur ini mencegah tabrakan dengan objek yang ada di depan mobil. Keren!
Pedal Missoperation Control
Pedal Missoperation Control
  • Lane Departure Assist
    Fitur ini menjaga mobil agar tidak keluar lajur. Jika terdeteksi keluar lajur, sistem akan memberikan peringatan. Dan jika pengemudi tidak menghiraukan, secara otomatis sistem akan mengembalikan mobil ke lajur yang benar.
Lane Departure Assist
Lane Departure Assist
  • Rear Crossing Traffic Alert
    Memberikan peringatan jika ada kendaraan yang tiba-tiba datang dari arah lain di belakang ketika mobil akan berjalan mundur.
Rear Crossing Traffic Alert
Rear Crossing Traffic Alert
  • Blind Spot Monitoring
    Muncul peringatan di kaca spion ketika ada kendaraan baik di samping kiri maupun kanan.
Blind Spot Monitoring
Blind Spot Monitoring
  • All Round View Camera (Kamera 360)
    Memberikan tampilan seluruh sekitar mobil. Sangat membantu untuk melakukan parkir dengan mudah.
All Round View Camera (Kamera 360)
All Round View Camera (Kamera 360)

Fitur keselamatan lain yang ada di semua tipe / varian :

  • Anti Lock Braking System (ABS)
  • Electronic Braking Distribution (EBD)
  • Braking Assist
  • Vehicle Stability Control
  • Hill Start Assist

Khusus untuk varian Q semua tipe mendapatkan 6 buah airbag.

7. Fitur-fitur lengkap

Veloz tidak hanya sekedar berpisah dari Avanza. Tapi benar-benar berbeda. Salah satu yang membuat berbeda adalah fitur-fiturnya.

Veloz 2022 ini hadir dengan fitur yang berlimpah.

Yang pertama, kamera 360 yang sudah sedikit kita bahas di atas tadi. Kamera ini memberikan pandangan yang lebih luas dan lebih baik bagi pengemudi. Tampilan mobil yang seakan-akan dari atas dapat membantu pengemudi untuk memarkirkan kendaraan dan juga untuk melalui di jalan yang sempit. Mantap bukan?

Yang kedua, wireless charging. Jika handphone Anda bisa melakukan wireless charging maka beruntung sekali mobil ini dilengkapi dengan fitur wireless charging.

wireless charging
wireless charging

Yang ketiga, ambient light. Fitur ini memberikan kesan mewah, terutama di malam hari.

Yang keempat, head unit di tengah untuk penumpang baris tengah dan belakang. Meskipun kontrolnya masih mengikuti head unit di depan tapi ini sudah sangat membantu bagi para orang tua agar anak-anaknya di belakang tidak bosan di jalan.

Yang kelima, fitur isofix untuk jok bayi. Ini sebenarnya sudah standar untuk mobil-mobil keluarga atau MPV. Tapi untuk harga segini, tidak banyak kompetitor Veloz yang memberikan fitur ini. Padahal fitur ini sangat penting untuk memasang jok bayi (baby car seat) agar buah hati dapat ikut berkendara dengan aman.

Mantap kan?

8. Bagasi yang Luas dan Luas Banget!

Standarnya saja, bagasi ini sudah sangat luas. Apalagi ditambah kalau jok belakang dan tengah direbahkan. Wuih bisa luas banget untuk mengangkut barang-barang besar.

BACA JUGA :  Suzuki Ertiga: Review dan Harga Aki (Update 2022)

9. T-Intouch

Ini yang jarang dibahas di review-review mobil. Karena memang cukup baru. Tapi sebenarnya teknologi di dalamnya sudah cukup digunakan oleh mobil-mobil seperti Wuling Almaz, Hyundai Santa Fe, dan lainnya.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda cukup install aplikasi mToyota yang ada di appstore atau playstore.

Apa saja yang ada di T-Intouch?

  • Find My Car
    Jika Anda suka lupa lokasi parkir. Ini adalah fitur yang sangat membantu sekali untuk menemukan mobil Anda dengan mudah.
  • Geo-Fencing
    Anda akan mendapatkan notifikasi jika mobil Anda keluar dari radius yang telah Anda tentukan. Sangat berguna jika mobil Anda dipinjam oleh kerabat atau saudara.
  • Stolen Vehicle Tracking
    Jika terjadi aksi pencurian mobil, fitur ini membantu untuk melacak keberadaan mobil dengan mudah.

Dan masih banyak fitur lainnya. Mantap kan?

Kelemahan / Kekurangan Toyota Veloz

Di atas tadi kan sudah kita bahas mengenai fitur-fitur yang kalau dipikir-pikir sudah termasuk kelebihan / keunggulan dari Toyota Veloz kan? Nggak adil rasanya jika memberikan review tapi tidak membahas mengenai kekurangan dari Toyota Veloz.

1. Tidak ada fitur Cruise Control

Agak disayangkan dengan Toyota Veloz tidak disertai dengan fitur Cruise Control. Fitur ini membantu pengendara untuk mengatur kecepatannya secara konstan. Sehingga tidak perlu capek-capek menginjak pedal gas terus menerus.

Sangat cocok untuk berkendara jarak jauh. Apalagi sekarang sudah mulai banyak jalan tol kan?

Padahal adiknya yaitu Toyota Raize sudah dilengkapi dengan fitur ini. Bahkan fitur Adaptive Cruise Control yang bisa menyesuaikan dengan kecepatan mobil yang di depannya.

2. Roof Rail Abal-abal

Anda mungkin akan melihat roof rail yang melintang di atas mobil ini. Tapi sayangnya ini bukan roof rail beneran. Alias hanya pajangan semata. Biar ada kesan gagah aja gitu. Padahal kalau beneran, mobil ini bisa buat pulang kampung. Hehehe…

3. Tidak ada pengaturan semburan AC

Meskipun sudah menggunakan AC digital, sayangnya tidak ada pengaturan arah semburan. Bahkan tidak ada untuk semburan AC ke arah kaki. Ya nggak apa-apa lah, bawah boleh panas tapi kepala harus tetap dingin. Hihihi…

Kesimpulan

Oke nggak sih?

Dibandingkan kompetitornya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Juga Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz memberikan fitur yang cukup berlimpah. Paling tidak Toyota Veloz CVT Q TSS menyediakan kenyamanan, keamanan dan keselamatan yang paling cocok untuk keluarga Indonesia.

Jadi jika Anda mencari mobil untuk keluarga, maka Toyota Veloz ini layak jadi pilihan.

Mahal nggak sih?

Sebenarnya mau bilang mahal karena tidak ada fitur Cruise Control apalagi Adaptive Cruise Control. Tapi itu cukup termaafkan dengan fitur lain yang sangat berlimpah, seperti sofa mode, wireless charging dan kamera 360 yang tidak ada di mobil lain di harga yang sama.

Dan dibandingkan dengan kompetitornya, harganya cukup bersaing kok. Coba bandingkan harga dengan fitur-fiturnya.

Write A Comment