Menjelang akhir tahun 2021 ini, Honda meluncurkan BR-V baru, yaitu Honda All New BR-V. Dan kali ini TokoAki.co.id akan mereview mobil tipe Low-SUV ini. Tidak lupa, kami juga akan menyertakan kelebihan dan kekurangan dari mobil ini.

Kenalan Dulu Sama Honda BRV

Honda BRV pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. BR-V sendiri adalah singkatan dari Bold Runabout Vehicle. Pertama kali hadir, mobil ini berbasis mobilio yang sedikit ditinggikan atau di-SUV-kan. Agak maksa sih sebenarnya.

All New Honda BRV

Dengan kapasitas 7 penumpang, mobil ini disebut sebagai Low-SUV. Karena dari desainnya merupakan percampuran antara SUV dan juga MPV. Jadi bisa dibilang BR-V adalah Mobilio yang tampangnya dibuat crossover.

Honda N7X Concept

Honda All New BR-V 2021 ini berbasis dari Honda New 7 Seater eXcitement atau yang disebut juga Honda N7x Concept. Konsep ini diperkenalkan oleh Honda pada bulan Mei 2021 yang lalu.

Honda N7X Concept
Honda N7X Concept

Biasanya mobil konsep dan wujud aslinya memiliki perbedaan yang lumayan jauh. Tapi tidak untuk All New BR-V ini. Perbedaannya sangat sedikit jika dibandingkan dengan mobil konsepnya yaitu N7X.

Perbedaan paling kentara ada pada lampu LED DRL yang menghilang kemudian menyatu dengan grile depan. Sebenarnya ini cukup mengecewakan karena lampu LED DRL ini membuat penampilan mobil menjadi lebih menarik pada pandangan pertama. Tapi itu bukan hal yang penting-penting banget lah.

Yang kedua adalah pada All New BR-V, Honda menambahkan lebih banyak power outlet terutama untuk penumpang di baris kedua dan ketiga. Ini merupakan nilai tambah yang cukup perlu diperhitungkan. Karena sebagaimana mobil bisa disebut juga rumah kedua, fasilitas seperti ini menjadi sangat penting.

BACA JUGA :  Daihatsu Terios: Informasi Beserta Daftar Harga Aki Terios Terbaik & Murah

Honda All New BR-V 2021

Berbeda dengan model BRV yang sebelumnya, kali ini Honda terlihat benar-benar siap tanding di segment Low-SUV. All New BRV tampil lebih crossover. Simak ulasannya berikut ini.

Mesin All New BRV

1. Varian & Harga

All New Honda BR-V 2021 hadir dengan 5 varian. Dan harganya pun sudah muncul.

Berikut daftar lengkap varian dan harga All New Honda BR-V 2021 :

  • All New Honda BR-V S M/T (harga Rp 275.9 juta)
  • All New Honda BR-V E M/T (harga Rp 289.9 juta)
  • All New Honda BR-V E CVT (harga Rp 299.9 juta)
  • All New Honda BR-V Prestige CVT (harga Rp 321.9 juta)
  • All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing (harga Rp 339.9 juta)

2. Dimensi Lebih Besar

Dimensi All New BR-V lebih besar dari sebelumnya. Berikut detail dimensinya :

  • Panjang : 4490 mm
  • Lebar : 1780 mm
  • Tinggi : 1685 mm
  • Wheelbase : 2700 mm
  • Ground Clearance : 220 mm

Sebagai catatan dimensi BR-V model lama adalah panjang 4456 mm, lebar 1735 mm, tinggi 1666 mm, wheelbase 2662 mm dan ground clearance 201 mm.

Dimensi yang lebih besar ini membuat All New BR-V terlihat lebih SUV dan lebih siap bertanding dengan kompetitornya di level crossover.

3. Eksterior Lebih Ganteng

Dibandingkan dengan model lama yang terlihat seperti mobilio yang ditinggikan, model baru BRV ini jauh lebih ganteng dan garang. Terlihat sekali bahwa Honda benar-benar serius dengan pasar low-SUV.

Dimulai dari grile depan. Emblem logo Honda cukup besar dan gagah. Ditambah dengan grile piano black yang mengesankan gagah. Bodi samping terdapat garis memanjang dari depan sampai belakang. Memberikan kesan tegas pada mobil ini.

4. Fitur Keselamatan Lebih Lengkap

Untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, BR-V memanjakan penggunanya dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Dan khusus varian tertinggi akan mendapat fitur keselamatan aktif yaitu Honda Sensing.

Berikut fitur keselamatan dari All-New Honda BR-V :

  • Airbag
    Dibandingkan kompetitornya, BR-V justru lebih hemat airbag. Nyatanya mobil ini hanya dilengkapi dengan 2 airbag depan saja.
  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)
    Fitur ini memberikan peringatan kepada pengemudi bahwa mobil di depannya sudah mulai jalan. Fitur ini sangat berguna ketika berhenti di lampu merah.
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
    Fitur yang mampu membuat kendaraan dapat menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk perjalanan jarak jauh atau di jalan tol.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
    Fitur ini menjaga kendaraan agar tetap pada lajur yang benar. Dan bila terdeteksi kendaraan mulai keluar lajur maka akan ada peringatan visual dan getaran kepada pengemudi.
  • Road Departure Mitigation (RDM)
    Fitur yang memberikan koreksi pada lingkar kemudi jika kendaraan terdeteksi keluar lajur.
  • Collision Mitigation Brake System (CMBS)
    Fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi apabila terdapat objek di depan kendaraan. Jika pengemudi tidak mengurangi kecepatan maka rem akan aktif secara otomatis. Fitur ini sangat membantu mencegah tabrakan.
  • Auto-High Beam
    Mengubah secara otomatis lampu jauh jadi lampu dekat jika terdeteksi ada mobil di arah yang berlawanan. Dan kembali menyalakan lampu jauh lagi jika jalanan di depan kosong.
BACA JUGA :  Mitsubishi Pajero Sport: Review Dan Harga Aki Terbaru

5. Interior

Ada beberapa poin menarik yang cukup penting dibahas mengenai interior dari BRV. Poin-poin ini akan membahas mulai dari dashboard, jok penumpang baris tengah hingga jok penumpang belakang. Yuk kita mulai.

  • Secara keseluruhan dashboardnya cukup elegan. Hanya saja masih didominasi bahan plastik keras dan hanya sedikit bahan empuk kulit dengan jahitan yang cukup rapi.
  • Dashboard BRV sepertinya mengadopsi dari desain dashboard dari Honda CRV dan Honda Amaze.
  • AC sudah mengusung AC digital dengan fitur cukup lengkap, antara lain MAX COOL, Auto, dll. Kesan mewah makin terasa.
  • Tombol start stop engine standar ada di belakang kemudi sebelah kanan.
  • Desain speedometer mirip Honda City Hatchback. Tidak full digital. Untuk kecepatannya masih menggunakan jarum analog. Sedangkan pengaturan fitur-fiturnya sudah digital.
  • Untuk rem tangan masih menggunakan tuas manual.
  • Jok cukup nyaman dengan bahan kulit yang empuk berwarna hitam gelap.
  • Sayangnya pengaturan kemudinya hanya tilt saja, tidak bisa telescopic.
  • Power Outlet cukup banyak. Penumpang tidak akan kesulitan untuk charge handphone
Interior All New BRV

6. Fitur Keyless

Fitur keyless selain memberikan nuansa elegan, juga memberikan keamanan yang cukup. Selain bisa menyalakan mesin dengan tombol start stop, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur keyless lain yaitu :

  • Remote Start Engine, yaitu Anda bisa menyalakan mesin dengan menggunakan remote saja. Dan ini sekaligus juga menyalakan AC secara otomatis.
  • Walk-Away Auto Lock, yaitu mobil akan secara otomatis mengunci jika remote/kunci dibawa menjauh dari mobil.
  • Smart-Entry System, Anda bisa masuk tanpa harus menekan tombol pada remote. Cukup kantongi kunci mobil dan dekati mobil. Lalu tekan tombol kecil pada gagang pintu, maka pintu mobil otomatis terbuka.
BACA JUGA :  Cara Ampuh Merawat AC Mobil dengan Benar

Kelemahan All New Honda BR-V 2021

Mobil yang memiliki segudang ulasan bagus ini tidak hadir tanpa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan dari All New Honda BR-V :

1. Kemudi belum bisa telescopic

Ini cukup disayangkan karena kompetitornya seperti Mitsubishi Xpander sudah hadir dengan pengaturan kemudi secara telescopic. Tapi ini termaafkan dengan posisi kemudi yang sudah cukup pas dengan dashboard dan dengan pengendara.

2. Hanya memiliki 2 airbag depan

Tentu saja, airbag hadir bukan untuk digunakan. Tentunya pemilik kendaraan berharap tidak ada airbag yang mengembang. Tapi dengan 2 airbag dengan mobil sekelas dan seharga ini kurang memberi rasa aman dan nyaman.

3. Interior sedikit bahan kulit empuk

Pada dashboard dan bagian dalam pintu akan lebih baik lagi jika ditambah beberapa bahan kulit agar memberikan kesan mewah dan elegan.

4. Belum ada jok isofix khusus bayi

Dengan fitur keselamatan aktif dan fitur-fitur lain yang cukup canggih, terasa kurang jika belum ada jok isofix khusus bayi. Ini merupakan standar keselamatan anak yang cukup penting ada di sebuah mobil.

Write A Comment