Sebagai salah satu moda transportasi yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, sebaiknya Anda mengetahui berbagai komponen penting di dalam mobil. Salah satu komponen penting tersebut adalah aki mobil.

Aki mobil atau akumulator adalah suatu komponen listrik penting yang berada di bagian dalam mobil. Fungsi utama dari aki mobil adalah sebagai penyuplai daya listrik untuk berbagai komponen mobil lain, seperti dinamo. Ketika Anda menyalakan mesin mobil, aki akan memberikan daya listrik pada mobil sehingga mesin mobil dapat hidup. Selain menyuplai energi listrik, aki mobil juga dapat menyimpan energi listrik dengan dua proses utama, yakni recharge serta discharge.

Jenis-jenis aki mobil

Aki mobil memiliki jenis-jenis yang berbeda, sesuai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah jenis-jenis aki mobil yang banyak beredar di pasaran, sebagai berikut:

1. Aki hybrid

Sesuai namanya, aki mobil jenis ini adalah kombinasi dari dua aki yang berbeda. Aki mobil jenis hybrid termasuk dalam aki low maintenance atau tidak terlalu memerlukan perawatan rutin. Hal ini karena penguapan yang terjadi pada aki hybrid sangat jarang. Biasanya hanya memerlukan pengisian cairan aki sekitar 3 sampai 4 bulan sekali saja.

GS ASTRA NS60 tokoaki.co.id
Contoh aki hybrid : GS ASTRA NS60

Harga dari aki mobil hybrid sendiri memang cukup mahal. Selain itu, aki mobil jenis ini juga memiliki cairan elektrolit yang korosif dan sangat berbahaya apabila terkena oleh kulit manusia. Karena itulah aki mobil jenis ini tidak terlalu sering digunakan.

BACA JUGA :  Aki Toyota Avanza : Info Lengkap Mobil & Akinya (2021)

2. Aki konvensional

Jenis aki konvensional satu ini juga dikenal dengan aki basah. Ciri khas dari aki konvensional adalah tampilan wadahnya yang transparan. Ini dimaksudkan agar Anda dapat mengecek ketinggian air aki dengan mudah. Jadi, bila air aki sudah ada di bawah batas minimal, Anda bisa segera mengisinya kembali.

aki basah / konvensional YUASA NS60
Contoh aki konvesional : YUASA NS60

Harga dari aki konvensional tidak terlalu mahal. Selain itu, aki mobil jenis ini juga mudah ditemukan di mana saja. Sayangnya, aki konvensional cenderung cukup mudah menguap sehingga memerlukan perawatan rutin. Setidaknya satu kali dalam sebulan.

3. Aki kering

Berbeda dengan jenis aki mobil konvensional, aki kering memiliki wadah yang tertutup lebih rapat dan memiliki varian warna agak gelap. Ini bertujuan untuk mengurangi penguapan pada aki kering. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pengisian ulang cairan terlalu sering. Karena itu pula aki kering disebut juga aki maintenance free (bebas perawatan).

aki kering maintenace free AMARON 46B24R Go
Contoh aki kering : AMARON 46B24R Go

Namun, penggunaan wadah yang mengurangi penguapan tersebut membuat aki kering memiliki harga yang lebih mahal. Terlebih bila aki kering mengalami masalah atau memerlukan perawatan, mau tidak mau Anda harus membeli aki baru karena penutup aki kering tidak bisa dibuka.

Cara merawat aki mobil                                    

Sebagai komponen penting dalam menyalakan mobil, Anda harus merawat aki mobil agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut adalah cara merawat aki mobil agar lebih awet dan tidak mudah rusak

1. Periksakan aki secara rutin

Salah satu permasalahan utama pada aki mobil adalah menumpuknya korosi di sekitar terminal aki mobil. Korosi tersebut dapat merusak aliran listrik dari aki ke komponen mobil Anda. Oleh sebab itu, pastikan aki Anda sudah benar-benar terbebas dari korosi dengan memeriksa keberadaannya tiap bulan.

BACA JUGA :  Aki Mobil Saya Mati Mendadak, Apa Yang Harus Saya Perbuat?

2. Pastikan aki mobil tersebut sudah aman

Sebagai salah satu perangkat elektronik, aki mobil harus dipastikan keamanannya setiap saat. Rusak sedikit bisa menimbulkan korsleting. Tentunya dapat membuat mobil Anda jadi ikut rusak. Begitu pun dengan kabel akinya. Kualitas kabel yang buruk bisa membuat aki mobil menjadi cepat rusak. Periksakanlah selalu kabel aki mobil Anda. Pastikan selalu kabel-kabel tersebut sudah terhubung dengan aman.

3. Panaskan mobil setiap hari

Cara termudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memanaskan mobil tersebut setiap hari. Tidak hanya membuat mesin mobil menjadi lebih cepat mencapai suhu kerja, tapi juga untuk mengecek bagaimana kondisi dari sistem kelistrikan mesin di mobil tersebut. Karena itu, Anda sebaiknya memanaskan mesin mobil Anda setiap hari walau sedang tidak dibawa pergi.

Aki mobil memiliki tiga jenis berbeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Kalau sudah, jangan lupa untuk merawat aki mobil tersebut agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Cek juga Tokoaki.co.id yang sudah mempunyai pengalaman di bidang baterai aki selama puluhan tahun serta memberikan harga yang lebih hemat! serta memiliki bermacam-macam merek serta tipe aki yang cocok dengan kendaraan anda.

Write A Comment