Apakah mobil Anda tiba-tiba sulit dinyalakan? Atauh bahkan tidak mau start? Anda pastinya bertanya-tanya apa sebab mobil tersebut tidak mau menyala. Ada berbagai sebab kenapa mobil tidak bisa menyala. Misalnya masalah aki mobil soak.

Aki merupakan salah satu rangkaian part penting untuk menyalakan mobil. Untuk menggerakkan mesin, diperlukan sumber listrik untuk menyalakan dinamonya. Aliran listrik pada mobil disimpan pada bagian aki. Jadi, kalau aki mobil soak, mobil tersebut tidak akan dapat dinyalakan.

Jika aki mobil soak, artinya aki tersebut tidak dapat digunakan untuk menyuplai aliran distrik ke dinamo. Selain dinamo, aliran listrik juga diperlukan oleh ECU (Engine Control Unit) untuk mengatur segala kinerja mobil. Termasuk untuk menyuplai listrik dari aliran bahan bakar menuju injector.

Karena itu, aki mobil soak tentu sangat mengganggu kinerja dari mobil Anda. Mengurus aki mobil soak juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sangat merepotkan bila Anda harus berpergian dalam waktu dekat.

Tapi perlu diingat kembali bahwa tidak menyalanya mesin mobil belum tentu karena aki mobil soak. Kalau Anda merasa ragu, bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai gejala-gejala aki mobil soak. Ada beberapa ciri yang menandakan kalau aki mobil soak, yakni:

  1. Mesin mobil sulit dinyalakan, bahkan tidak menyala

Bila Anda hendak mengendarai mobil, pastinya harus menyalakan mesinnya terlebih dahulu. Namun, kalau mesin mobil terasa sulit untuk dinyalakan dan butuh effort ekstra untuk menyalakannya, kemungkinan besar itu karena aki mobil soak.

Kalau ketika mobil di-start tetapi tidak menyala walau terdengar bunyi starter, kemungkinan itu juga disebabkan oleh aki mobil soak.  Jika Anda memiliki alat pengukur arus, bisa segera cek ukuran dari aki mobil. Normalnya ukuran aki berkisar 12,6 Volt atau lebih. Kalau angkanya berada di bawah itu, artinya sudah pasti karena aki mobil soak.

BACA JUGA :  Yuk Kenali Jenis dan Ciri Freon AC Mobil yang Mulai Habis

Anda bisa mencopot aki mobil soak tersebut dan membawanya aki tersebut ke tukang setrum aki terdekat. Tetapi itu hanya memberikan efek yang sebentar. Karena elemen yang terdapat pada aki mobil soak tersebut sudah sangat lemah. Energi listriknya tidak dapat tersimpan dengan sempurna seperti sebelumnya. Mau tidak mau, Anda harus membeli aki mobil baru.

  • Suara klakson dan cahaya lampu mobil melemah

Gejala aki mobil soak juga bisa diketahui tidak hanya ketika mobil benar-benar mati. Caranya dengan memperhatikan suara klakson dan nyala lampu mobil. Suplai listrik yang dialirkan dari aki mobil tidak hanya menuju ke dinamo, tetapi juga mengalirkan aliran listrik ke bagian klakson dan lampu.

Jadi, kalau suara dari klakson mobil tidak senyaring biasanya atau nyala lampu mobil tidak seterang sebelumnya, bisa jadi itu karena gejala aki mobil soak. Kalau mobil Anda tiba-tiba mengalami gejala aki mobil soak tersebut, sebaiknya beli saja aki mobil baru yang sesuai budget daripada nantinya mobil Anda mati di tengah jalan karena aki mobil soak.

  • Body aki menggembung dan airnya keruh

Layaknya baterai ponsel, bodi aki juga dapat menggembung. Hal ini disebabkan adanya kerusakan pada elemen pengisian dayanya. Akibatnya, aliran listrik yang mengalir dari bagian alternator akan tertahan dan menumpuk. Hasilnya, bodi aki akan menggembung. Hal ini tentu sangat berbahaya.

Selain itu, jika Anda menggunakan jenis aki basah, bisa menggunakan cara ini untuk mengecek apakah aki mobil soak atau tidak. Seperti namanya, aki basah biasanya diisi oleh air. Anda bisa membuka penutup pada aki tersebut atau gunakan senter untuk menyorot bodi aki. Aki basah biasanya menggunakan kemasan berwarna transparan sehingga mudah dilihat. Perhatikanlah air aki di dalamnya. Kalau air aki tersebut sudah keruh, artinya aki mobil soak dan sudah harus diganti.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Toyota Rush Beserta Daftar Pilihan Aki nya

Anda juga bisa mengecek langsung indikator pada aki untuk mengetahui aki mobil soak atau tidak. Indikator aki yang masih dalam kondisi normal akan menunjuk indikator warna biru. Kalau indikator menunjukkan warna putih, artinya aki harus segera diisi ulang. Sementara bila indikatornya berwarna merah, artinya aki mobil soak. Sudah paham mengenai ciri-ciri aki mobil soak? Bila mobil Anda sudah menunjukkan tanda-tanda aki mobil soak tersebut, sebaiknya segera ganti aki mobil dengan yang baru. Jangan sampai menunggu benar-benar rusak baru diganti.

Untuk kebutuhan Aki kendaraan kalian percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah jelas terbukti pelayanannya serta berpengalaman lama dalam bidangnya.

Write A Comment