Salah satu komponen penting kendaraan yang wajib diperhatikan adalah brake shoe. Pasalnya, brake shoe tidak bisa bertahan lama dan pasti butuh pergantian. Terlebih jika komponen ini rusak, maka anda wajib untuk membeli yang baru. Jika anda ingin mengganti kampas rem, sebaiknya ketahui dulu harga yang murah di pasaran. Berikut ulasan detailnya.

Ciri – Ciri  Brake Pad Kendaraan Bermotor Harus Segera Diganti yang Baru

Sebelum memutuskan untuk membeli brake shoe pada kendaraan bermotor, sebaiknya anda harus mengetahui beberapa tanda tanda kondisinya. Yang pertama adalah muncul bunyi berdecit yang diakibatkan komponennya sudah mulai aus. Suara ini diakibatkan dari gesekan antara besi tapak rem dengan cakram.

Jika pada rem motor, biasanya kerusakan tersebut diakibatkan oleh brake shoe yang sudah tipis. Kemungkinan besar komponen ini tidak terlumasi minyak dan rem slip di piringan disc brake sudah tidak rata. Jika suara yang dikeluarkan sudah parah, maka lebih baik untuk segera mengganti brake shoe yang lama dengan yang baru.

Sedangkan untuk tanda tanda kondisi brake shoe mobil yang harus diganti adalah ketika pengguna merasakan pengereman yang kurang nyaman. Pada kondisi ini biasanya rem mobil terasa bergetar dan saat mengeram berlangsung muncul suara berdecit. Bunyi yang bisa anda dengar ini menandakan bahwa minyak rem sudah mulai habis.

Jika kondisi tersebut anda alami, sebaiknya segera melakukan perawatan mobil dan mengganti kampas rem pada kendaraan bermotor dengan yang baru. Untuk harganya, anda tidak usah khawatir, sebab banyak merek yang menawarkan harga terjangkau pada setiap tipe kendaraan.

Namun, biasanya harga brake shoe untuk rem mobil lebih mahal dibandingkan dengan milik kendaraan bermotor roda dua. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui deretan merek apa saja yang cocok untuk kendaraan yang dimiliki. Menyesuaikan merek dengan kendaraan yang anda miliki juga menjadi pilihan tepat untuk mengurangi kesalahan teknis dalam pemasangan.

BACA JUGA :  Memilih Aki Basah : Panduan Lengkap untuk Mobil / Motor Kesayangan

Deretan Daftar Harga Brake Shoe Motor Terbaru

Jika anda ingin membeli brake shoe, ada baiknya untuk memilih kualitas yang bagus dan asli. Pasalnya, komponen ini sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara. Terlebih jika anda yang sering bepergian ke luar daerah, dimana rutenya banyak tanjakan dan turunan. Maka, anda perlu memilih brake shoe dengan kualitas terbaik.

Brake shoe mobil sangat perlu diperhatikan sama seperti komponen mobil lainnya. Begitu juga dengan kampas motor harus segera diganti jika terjadi kerusakan. Untuk anda yang ingin membeli komponen ini, anda bisa mencarinya di toko online atau di beberapa toko aksesoris kendaraan yang ada di daerah tempat tinggal anda.

Harga kampas rem ini biasanya dipatok mulai dari 40 ribuan sampai yang paling mahal dengan kualitas terjamin sekitar 200 ribuan. Namun pada kendaraan bermotor, anda bisa mendapatkannya dengan harga yang paling murah sekitar 10 ribu saja untuk satu kampas depan atau belakangnya.

Hal ini sangat beragam tergantung merek apa saja yang anda pilih. Untuk harga di bawah dua puluh ribu, kampas yang bisa dipilih adalah Discpad depan GBP Bajaj Pulsar 180 / 200 / 220, kampas depan (Mio/ Jupiter/ Fino/ Vega ZR), dan kampas Disc Pad KVB-T01 (Beat F1 / Scoopy F1 / Spacy).

Sedangkan untuk harga di angka 30 ribuan, anda bisa memilih bantalan rem belakang merek Yamaha untuk tipe sepeda Vega R, Mio, Jupiter, dan Scorpio. Adapun merek Honda yang menawarkan harga serupa yaitu brake shoe belakang tipe Vario, Spacy / KZL, Beat, dan Vario Techno 125 PGM-Fi.

Untuk merk Honda, ada juga yang dijual dengan harga sekitar 40 ribu sampai 100 ribu. Yaitu tipe kampas untuk Vario series, Beat series Brake Pad Bendix MD27, dan kampas rem belakang Elig untuk Vario 125 atau 150. Sementara itu, pada merek Yamaha juga ada kampas yang dijual dengan harga 70 ribu yaitu NMax Daytona.

BACA JUGA :  Mitsubishi L300: Review dan Daftar Harga Aki L300 Terbaik

Jika anda memiliki kendaraan bermotor roda dua merek Vespa, harga yang dibanderol juga cukup terjangkau. Hanya sekitar 80 ribu sampai 120 ribu saja untuk tipe Vespa LX, Vespa S, Vespa Primavera, dan Sprint. Harga tersebut sudah termasuk brake shoe depan dan belakang. Jadi, anda bisa mendapatkannya dengan tarif yang tidak terlalu menguras kantong.

Sedangkan kampas cakram sepeda motor yang termahal adalah untuk motor New Vixion dari merek Yamaha. Pasalnya, harga yang dibanderol mencapai satu juta rupiah hanya untuk cakram belakangnya saja. Tarif tersebut dipengaruhi oleh kualitas brake shoe yang dijual selalu terjamin keasliannya.

Untuk merk Honda, harga brake shoe termahal digunakan oleh tipe Vario CBS, 125, 150, Scoopy, Spacy, dan Beat dengan harga 120 ribuan. Tentunya harga brake shoe ini masih dibilang terjangkau dari pada kompetitor lainnya yang mematok harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah di setiap kampasnya.

Daftar Harga Brake Pad Mobil Terlengkap

Pada kendaraan roda empat, harga yang ditawarkan untuk kampas rem biasanya dipatok sekitar 80 ribu sampai yang termahal 1, 2 jutaan. Harga tersebut dipengaruhi oleh jenis dan merek setiap mobil. Ada beberapa yang menawarkan harga tinggi karena buatan pabrik asli. Namun, ada beberapa yang mematok harga murah karena jenis mobilnya.

Harga brake pad termurah dimiliki merek mobil Avanza, Taruna, Rush, dan Xenia yaitu sekitar  80 ribuan. Tetapi jika anda ingin memiliki kualitas yang lebih baik, ada juga brake shoe dibanderol dengan harga 125 ribuan. Sedangkan kampas merek untuk mobil Suzuki, Grand Livina, Nissan, dan Datsun, harga yang dibanderol adalah 200 ribuan.

Namun untuk merek Grand Livina, ada juga yang dibanderol sekitar 300 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk brake pad depan dan belakang. Sedangkan, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti brake pad pada honda Jazz adalah sekitar 335 ribu rupiah  untuk satu set depan belakang.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Yuk Simak 8 Cara Ngecas Aki Yang Benar

Brake pad selanjutnya adalah yang termahal, yaitu dari merek Alphard. Karena mobil ini juga dijual dengan harga yang mahal, maka semua komponen pada mobil ini memiliki tarif yang cukup tinggi. Perawatan pada mobil ini juga harus dilakukan secara khusus, mengingat spesifikasinya yang sangat superior.

Untuk satu kampas rem New Alphard Vellfire depannya saja, harganya tidak tanggung – tanggung yaitu mencapai 1 jutaan. Harga ini sebanding dengan kualitas yang diberikan untuk menunjang performa kendaraan. Tidak berhenti sampai di situ saja, untuk tipe terbaru merek satu ini juga menjual brake pad depan dengan harga  tertinggi sekitar 1,2 jutaan. Itulah beberapa informasi terkait brake pad yang ada di kendaraan roda empat dan dua. Komponen ini menjadi salah satu bagian penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan pengguna mobil dan motor. Maka dari itu, setiap merek mobil atau motor menyediakan komponen rem ini dengan pilihan yang beragam sesuai tipe kendaraannya.

Write A Comment