mesin mobil mati mendadak feature image
|

Mesin Mobil Mati Mendadak! Segera Lakukan Ini!

Mesin mobil mati mendadak dalam perjalanan bisa menjadi masalah bagi para penggunannya. Tetapi tidak perlu panik, biasanya anda hanya perlu menepi ke tepi jalan. Hal ini agar anda bisa aman dari berbagai masalah yang akan terjadi.

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa kelistrikan mobil mati total. Bisa jadi karena bensin sudah habis jadi mobil otomatis mati. Atau bisa juga dikarenakan mobil yang mati karena berbagai hal. Berikut ini ada beberapa penyebab hingga solusinya.

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan mesin mobil mati saat lepas gas.

1. Bensin Habis

Seringkali mesin mobil mati mendadak saat lepas gas bisa dikarenakan hal ini. Walaupun indikator bensin mengatakan masih aman tetapi hal ini tetap harus dicek.

Jika melihat masalah ini tentu sebagai pengguna harus memperbaiki asupan bensinnya. Sebab hanya karena bensin saja mobil bisa di starter tapi tidak nyala. Penyebab lainnya pun bisa berasal pompa yang rusak sehingga dapat menyebabkan bensin tidak bisa mengalir dengan baik.

2. Alternator Bermasalah

Karena permasalahan ini pun menyebabkan mobil hidup sebentar lalu mati. Perlu diketahui alternator atau dinamo ampere ini memiliki fungsi sebagai penyuplai listrik menuju aki.

Nanti alternator pada dasarnya bisa mengubah energi gerak kemudian diubah energi listrik oleh mesin mobil. Mesin mobil matic tiba tiba mati bisa menjadi masalah dikarenakan aki yang tidak bisa diisi. Sebab hanya aki yang menjadi pendorong agar kendaraan tetap hidup.

3. Gangguan Pada Ignition Switch / Stater Mobil

Gangguan pada iginition switch dapat mengakibatkan tenaga menuju sistem pengapian dan bahan bakar bermasalah. Sistem pengapian merupakan bagian terpenting dalam mempekerjakan kinerja mesin. Jika mesin mobil mati saat panas, bisa jadi mesin mulai melemah. Hal ini pun bisa dibuktikan dengan adanya sekring atau 10 ampere pada mesin tersebut.

Biasanya ada beberapa komponen yang ada di dalam seperti filter udara, air cleaner dan boks air cleaner. Beberapa bagian itu pun bisa menjadi penyebab mobil mati mendadak di jalan. Sejak saat itu, asupan udara ke bagian mesin pun menjadi tidak sempurna.

BACA JUGA :  Aki Toyota Agya : Ulasan Lengkap Mobil dan Aki (Update 2021)

4. Mesin Panas (Overheat)

Mesin yang terlalu panas biasanya dikarenakan kehabisan air radiator. Ada baiknya Anda sering memeriksa air radiator saat belum berpergian.

Jika air radiator kurang atau habis, Anda cukup mengisinya dan bisa jalan lagi. Tapi jika mesin mengalami overheat yang parah, maka perlu dibawa ke bengkel.

5. ECU Bermasalah

ECU merupakan komputer kecil pada mobil yang mengarahkan berbagai sistem. Jika ECU bermasalah, maka mesin mobil Anda akan ikut bermasalah. Salah satu indikatornya terlihat pada lampu periksa engine yang menyala.

Lalu pada penyebab mobil mesin mobil mati mendadak ini bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya filter bahan bakar yang tersumbat bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jika benar masalahnya ada disana, hal itulah yang menyebabkan mobil menjadi mogok.

Mobil mogok pun bisa terjadi terutama pada saat menambahkan bensin ke dalam tangki. Tangki bisa saja mengalami kontaminasi saat melakukan hal itu. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus tentu masalah bisa tidak akan selesai.

6. Audio Bermasalah

Jika audio bermasalah, akan membuat aki menjadi soak atau tekor. Masalah audio mobil biasanya adalah volume yang berubah-ubah, tidak bisa menyala, dan lain sebagainya.

Solusi Untuk Mengatasi Mesin Mobil Mati Mendadak

1. Temukan Penyebabnya

Ada banyak penyebab mesin mobil tiba-tiba tidak mau hidup. Agar tidak buang-buang tenaga dan waktu, maka penyebabnya harus diketahui dahulu.

2. Lakukan tindakan sesuai penyebabnya

Jika penyebabnya adalah kehabisan bensin atau bahan bakar tentu saja tindakannnya adalah mengisi bensin.

Jika masalahnya adalah gangguan pada alternator, ignition switch atau mesinnya mengalami overheat maka perlu segera dibawa ke bengkel.

3. Bawa ke Bengkel

Cara yang paling pas untuk menyelesaikan masalah mobil mati

Audio mobil mati mendadak sempat membuat was-was pengguna mobil. Tetapi jangan salah, ada cara mengatasinya yang mudah. Dalam hal ini, anda cukup memperhatikan kabel audionya jika tiba-tiba speaker tersebut mati.

BACA JUGA :  Review Lexus Rx 350 : Kelebihan dan Kelemahan

Hal ini pun dapat disebabkan oleh power amplifier yang mengalami masalah. Salah satu solusinya bisa membawa mobil ke bengkel. Nanti pihak bengkel akan langsung memperbaiki atas permasalahan yang dialami saat ini.

4. Cek Konverter Katalitik

Jika mobil matic mati mendadak tentu hal ini bisa disebabkan oleh konverter katalitik tersedak. Konverter katalitik pada umumnya merupakan bagian vital dari sistem pembuangan. Biasanya karena komponen inilah yang membuat knalpot tetap jernih.

Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan banyaknya kotoran yang ada di dalam bahan bakar. Sehingga hal ini pun dapat membuat mesin mobil tersedak. Dan bahkan bisa menyebabkan kinerja mobil mengalami mati total secara seketika. Solusinya bisa dengan membersihkan kotoran tersebut.

Kemudian jika mengalami mesin mobil mati mendadak hal ini bisa dikarenakan ECU bermasalah. Biasanya ECU merupakan komputer kecil pada mobil yang mengarahkan berbagai sistem. Salah satu masalahnya bisa ditunjukkan melalui lampu periksa engine.

Setelah lampu menyala biasanya anda bisa langsung membawa kendaraan ke tempat mekanik terdekat. Kemudian anda bisa mendapatkan diagnosis sesuai dengan permasalahannya saat ini. Jika tetap mengabaikannya tentu mobil akan mengalami masalah.

Untuk mengatasi mobil sering mati mendadak ini bisa dengan memutar kunci kontak mobil. Dengan memutarnya, diharapkan masalah pengapian ini bisa terjadi dengan mudah. Tetapi jika hal ini tetap tidak berpengaruh, maka bisa langsung konsultasi ke ahlinya.

Penyebab lainnya yang menyebabkan mobil mati adalah relay mobil yang sudah rusak. Biasanya relay memiliki peranan penting agar bisa mengendalikan jumlah listrik agar bisa melewatinya. Kemudian penyebab lain bisa saja dari baut mesin longgar.

Mobil Xenia mati mendadak bisa dikarenakan dengan perawatan yang tidak tepat. Oleh karena itu, dalam melakukan perawatan pun harus dilakukan dengan benar. Hal ini bisa terjadi karena adanya kehausan di dalam mobil.

Sebelum mengalami mobil Solar mati mendadak, ada baiknya mulai mengisi bahan bakar tepat waktu. Sebab jika bahan bakar mulai kosong maka hal ini bisa menyebabkan masalah bagi beberapa komponen lainnya.

BACA JUGA :  Masih Ragu Mobil Mogok Karena Akinya Soak? Ini Beberapa Ciri-Cirinya

Kesimpulan

Sebelum mengalami mobil tiba-tiba mati mendadak biasanya dengan memperhatikan saluran pembuangan air. Sebab saluran pembuangan air ini dapat menyebabkan mesin masuk angin sampai mbrebet.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan air hingga kotoran di dalamnya. Terutama jika ingin melakukan perjalanan panjang lebih baik untuk membersihkan kotoran. Caranya mudah, anda cukup mengendurkan baut saluran pembuangan biasanya berada di bagian bawah.

Kemudian bisa menarik tuas pompa ke atas lalu bisa menekannya secara berkali-kali. Lalu anda bisa mengikuti langkah selanjutnya jika tidak ingin mobil Vios mati mendadak. Caranya bisa dengan memutar tuas pompa ke arah berlawanan dan putar searah jarum jam.

Dengan melakukan hal itu otomatis bisa mengeluarkan kotoran mobil diesel mati mendadak. Jika kotoran sudah habis kemudian bisa putar tuasnya kembali. Sebelum memutar, pastikan memutar tuasnya agar terkunci dengan baik.

Lalu jika pernah mengalami mobil innova mati mendadak biasanya dikarenakan komponen mobil. Ada beberapa komponen seperti nozzle injection, selang saluran bahan bakar dan lainnya. Jika merasa komponen perlu digantikan, lebih baik menggantinya dengan hati-hati.

Salah satu cara mengantisipasi masalah mobil katana mati mendadak. Bisa dengan cara membawa mobil ke bengkel khusus. Sebab hanya bengkel saja yang berpengalaman dalam menangani masalah terkait hal ini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *