Sempat mengalami recall akibat adanya masalah di bagian kendali airbag sampingnya, penjualan Toyota Rush ternyata tetap berjaya. Penjualannya tahun lalu mengalahkan Honda HRV, yang membuatnya menjadi mobil LSUV terlaris di Indonesia. Mobil ini sejatinya masih saudara kembar dengan Daihatsu Terios, karena memang keduanya lahir akibat kerjasama antara Toyota dan Daihatsu.

Hampir seluruh bagian kedua mobil ini sama, perbedaanya hanya pada sebagian kecil desain dan kabinnya. Perbedaan tersebut diantaranya logo, desain houselamp dan foglamp, motif pelek dan adanya kaca spion kecil pada kap mesin Toyota Rush. Dari sisi tampilan eksterior memang Rush lebih stylish dibandingkan saudara kembarnya tersebut. Hal itu juga selaras dengan perbedaan harga keduanya, dimana Rush memiliki harga lebih mahal.

Desain Eksterior Toyota rush

Ketika pertama kali keluar di pasaran, desain yang dimiliki mobil ini sangat khas dengan gaya mobil SUV yang memiliki ban serep konde di bagian belakangnya. Eksistensi ban serep konde ini bertahan hingga lebih dari 10 tahun, lalu pada generasi terbaru Rush saat ini ban serep tersebut telah ditiadakan. Dengan hilangnya ban serep tersebut membuat tampilan mobil ini terlihat lebih modern, selain itu adanya penambahan panjang mobil ini membuat kabin terasa lebih besar dan lega. Desain Rush generasi terbaru ini juga semakin mirip dengan Toyota Fortuner, apalagi dengan adanya lampu LED depannya yang berdesain sipit.

Di Toyota Rush generasi terbaru ini terdapat lubang angin yang cukup besar di bagian grillnya, ini juga menjadi salah satu identitasnya. Kap mesin yang dimilikinya juga terlihat macho dengan adanya lekukan di bagian tengah. Secara keseluruhan, dibandingkan generasi sebelumnya panjang Rush bertambah sekitar 23 cm. Kesan jangkung terlihat jelas pada mobil ini, karena ground clearancenya yang tinggi. Selain itu, Aksen hitam doff di sekujur bodynya, membuat tampilan mobil ini terlihat tangguh dan kuat.

BACA JUGA :  Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli?

Interior Toyota Rush

Melihat suasana kabin yang dimiliki mobil ini, terlihat bahwa desain yang digunakan telah mengalami banyak perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Dashboardnya tampil modern dan lebih mewah dengan warna kombinasi hitam dan putih. Head unit yang dimilikinya pun sudah berlayar sentuh dan dapat dikoneksikan dengan smartphone. Pengaturan ACnya menggunakan fitur climate control, serta menampilkan pengaturan suhu secara digital sehingga terlihat modern. Adanya sebuah layar LCD dengan Multi Information Display (MID) membuat pengemudi dapat mengetahui kondisi kendaraan secara jelas selama mengemudikannya.

Karena bertambahnya panjang keseluruhan mobil ini, membuat ruang kaki dan kepala di baris pertama dan kedua terasa sangat nyaman. Sayangnya sandaran kepala yang dipakai untuk baris kedua dan ketiga menggunakan busa keras, sehingga akan membuat badan sedikit pegal ketika melakukan perjalanan jauh. Untungnya sandaran kepala di baris ketiga cukup tinggi, sehingga masih lumayan bagus digunakan orang dewasa. Jarak antara baris kedua dan ketiga hanya sejauh 700 mm, sehingga perlu dilakukan pengaturan yang pas agar penumpang baris ketiga bisa duduk dengan nyaman.

Bagasi mobil ini kini memiliki ukuran yang lebih besar, yang dapat digunakan untuk membawa beberapa koper atau tas berukuran besar. Ban serep yang tadinya bermodel konde dan diletakkan di pintu, saat ini dipindahkan ke kolong belakang di balik bempernya. Untuk masalah interiornya ini, Toyota Rush cukup memuaskan hanya saja kursi baris ketiganya yang sempit menjadi sedikit masalah ketika digunakan untuk mengangkut 7 penumpang.

Mesin dan Performa Toyota Rush

Mesin yang digunakan oleh mobil ini memiliki teknologi 4 Silinder 2NR-VE Dual VVT-i dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga yang sedang, yaitu maksimal 104 Hp dengan torsi maksimal 136 Nm. Masalah mesin mobilnya, banyak orang yang memuji Rush karena minimnya getaran yang dihasilkan serta suaranya yang lembut. Hanya saja memang secara akselerasinya, banyak orang yang mengatakan Rush tidak sebaik Avanza walaupun keduanya menggunakan mesin yang sama. Boleh jadi sebabnya karena dimensi bodi pada rush yang memang lebih besar.

BACA JUGA :  Suzuki Ertiga: Review dan Harga Aki (Update 2021)

Salah satu yang menjadi permasalahan lain pada Rush adalah Suspensinya yang terasa lebih kaku dan keras, walaupun masih dalam tahap wajar. Karakter suspensi yang keras ini sebenarnya memiliki tujuan agar pengemudi dapat mengontrol kendaraan lebih stabil ketika melewati tikungan tajam. Sebenarnya dengan adanya jok yang cukup tebal di mobil ini, mampu membuat penumpang cukup nyaman ketika melewati jalan bergelombang. Hanya saja memang di Indonesia, mayoritas pengemudi lebih menyukai suspensi dengan karakter empuk.

Fitur Keamanan

Fitur keamanan yang ada di mobil ini cukup lengkap, salah satunya dengan adanya 6 buah Protective SRS Airbag. Dengan adanya fitur tersebut, membuat keselamatan seluruh penumpang lebih terjaga. Hal ini merupakan salah satu kelebihan Toyota Rush dibandingkan para kompetitor di kelasnya yang belum memiliki 6 buah Airbag.

Fitur keselamatan lain yang dimiliki mobil ini diantaranya adalah 7 buah sabuk pengaman dan Seat Belt Indicator di setiap kursinya. Apabila ada salah satu penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman, maka alarm di mobil ini akan berbunyi untuk memperingatkan pengguna untuk memakai sabuk pengaman.

Sistem pengereman mobil ini telah menggunakan Anti Brake lock System yang cukup mumpuni. Adanya teknologi Vehicle Stability Control juga membuat mobil ini lebih stabil ketika melewati jalan yang licin. Fitur Uphill & Downhill Assist Control yang dimiliki Rush juga menjadi salah satu kelebihan Toyota Rush, yang membuatnya dapat melaju dengan baik ketika melewati jalan menanjak maupun menurun.

Daftar Harga Aki Mobil Toyota Rush

Setelah membahas sedikit tentang jenis, varian Toyota Rush. Ada baiknya untuk tahu, komponen utama lainnya yakni Aki Mobil. Layaknya nyawa sebuah kendaraan, Aki memiliki peranan penting dalam kelistrikan mobil agar tetap berjalan dengan semestinya.

BACA JUGA :  Mitsubishi L300: Review dan Daftar Harga Aki L300 Terbaik

Bagaimana bila Aki Mobil Rush Anda soak? Tidak bisa starter atau kendaraan malah mogok? Tidak perlu khawatir, kami dari TokoAki.co.id menawarkan solusi terbaik untuk segala masalah Aki Mobil Anda. Berikut ini, kami lampirkan Daftar Harga Aki Mobil Khusus Toyota Rush Termurah dan Terbaik.

Silakan pilih mana yang cocok dengan kebutuhan Anda, segera lakukan pemesanan melalui situs kami.

Toyota Rush (2006-2017)

MerkTipeJenisHargaHarga Diskon
Sail55B19RAki KeringRp 950.000Rp 680.000Beli Sekarang
Amaron42B20R Hi-LifeAki KeringRp 1.125.000Rp 720.000Beli Sekarang
Amaron38B20R GoAki KeringRp 740.000Rp 590.000Beli Sekarang
IncoeNS40ZAki BasahRp 651.000Rp 480.000Beli Sekarang
YuasaNS40ZAki BasahRp 685.000Rp 555.000Beli Sekarang
Gs AstraNS40ZAki BasahRp 693.000Rp 580.000Beli Sekarang
Gs AstraNS40ZAki KeringRp 918.000Rp 725.000Beli Sekarang
Gs AstraNS40ZHybridRp 729.000Rp 590.000Beli Sekarang

Toyota Rush (2018-Sekarang)

MerkTipeJenisHargaHarga Diskon
Sail55B19RAki KeringRp 950.000Rp 680.000Beli Sekarang
Amaron42B20R Hi-LifeAki KeringRp 1.125.000Rp 720.000Beli Sekarang
Amaron38B20R GoAki KeringRp 740.000Rp 590.000Beli Sekarang
IncoeNS40ZAki BasahRp 651.000Rp 480.000Beli Sekarang
YuasaNS40ZAki BasahRp 685.000Rp 555.000Beli Sekarang
Gs AstraNS40ZAki BasahRp 693.000Rp 580.000Beli Sekarang
Gs AstraNS40ZAki KeringRp 918.000Rp 725.000Beli Sekarang
Gs AstraNS40ZHybridRp 729.000Rp 590.000Beli Sekarang

Catatan: Harga yang tampil adalah harga yang berlaku di Jakarta Pusat (Update per tanggal: 8 Desember 2020). Harga bisa saja berbeda di lokasi Anda.

Write A Comment