Panduan Memilih Aki Basah. Terdapat beberapa komponen penting pada dalam mobil atau motor yang harus menggunakan listrik, dimulai dari sistem starter, klakson sampai beberapa lampu. Supaya kelistrikan itu bisa disuplai dengan baik, maka dibutuhkan yang namanya aki yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering.

Jangan Sampai Salah Memilih Aki Basah

Aki basah memiliki fungsi untuk menyuplai seluruh aktivitas kelistrikan dari komponen yang ada pada mobil atau motor. Sebab, perannya yang sangat penting maka dari itu sebelum memilih aki basah, maka lebih dulu harus memerhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Perawatan aki

Biasanya aki basah akan cenderung memerlukan perawatan lebih rutin dari aki kering, karena cairan elektrolit yang ada di dalamnya cenderung lebih mudah mengalami penguapan, yang bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari penggunaan hingga suhu lingkungan. Itulah mengapa perawatan dari aki basah cenderung harus lebih rutin ketimbang aki kering, dimana paling tidak harus sebulan sekali.

Apabila Anda membeli aki kering yang hanya menggunakan cairan berbentuk gel saja, maka perawatannya hanya bersifat maintenance free (MF) atau bisa dibilang bebas perawatan, dan tak heran jika pemakaian aki jenis ini bisa sampai dua tahunan.

Hal ini berbeda dengan aki kering yang menggunakan cairan berbentuk gel, sehingga perawatan aki kering ini sifatnya maintenance free (MF) alias bebas perawatan. Biasanya usia pemakaian aki kering ini mencapai dua tahun.

Baca Juga : Perbandingan aki kering vs aki basah

memilih aki basah

2. Tampilan aki

Hal berikutnya yang harus diperhatikan sebelum membeli aki basah yaitu tampilannya. Biasanya untuk aki jenis ini cenderung didesain lebih transparan agar kondisi selnya badan ketinggian airnya bisa terlihat dengan baik.

BACA JUGA :  Mobil Yang Cocok Untuk Wanita! Cowok Wajib Baca nih!

Selain itu pada aki basah terdapat garis batas yang menunjukkan ketinggian air. Ini agar lebih memudahkan pada saat kapan harus melakukan pengisian air. Ciri khas tampilan lainnya adalah lebih tertutup rapat alias tidak transparan di bagian kemasannya.

3. Harga aki

Lalu berikutnya hal yang perlu diperhatikan adalah selera dari setiap pemilik kendaraan. Apabila Anda adalah tipe yang suka merawat kendaraan, maka disarankan untuk menggunakan aki basah.

Sebab, selain harganya yang murah akan membuat Anda jadi lebih perhatian pada kondisi kendaraan. Namun jika tidak suka melakukan perawatan, ada baiknya untuk memilih aki kering.

4. Memperhatikan Kapasitas Aki

Langkah berikutnya yang harus dipertimbangkan pada saat membeli aki yaitu memperhatikan kapasitas aki. Setiap aki basah pasti punya ukuran, dimensi, ampere dan tegangan yang bisa dicek oleh Anda.

Itulah mengapa sangat penting untuk membaca buku manual mobil lebih dulu sebelum membeli aki mobil. Atau mungkin mendiskusikannya dengan bengkel resmi.

Supaya aki basah yang dibeli itu adalah aki yang awet dan tidak mudah soak, maka ada baiknya Anda memilih aki yang tegangannya jauh lebih kecil dari standar mobil Anda, karena aki yang tegangannya lebih besar, umumnya akan menyebabkan terjadinya kerusakan komponen kelistrikan di bagian dalam mobil.

5. Hindari Memilih Aki Basah Rekondisi

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan pada saat membeli aki basah yaitu memastikan bahwa tidak membeli aki yang rekondisi atau bekas. Mengapa demikian? Sebab, aki rekondisi hanya akan memberikan dampak yang buruk, dan menciptakan permasalahan pada mobil Anda di kemudian hari.

Maka dari itu pastikan lebih dulu sebelum membeli penjual, karena bisa saja Anda yang sebenarnya tidak punya niat membeli aki bekas, tetapi malah ditipu oleh penjual.

BACA JUGA :  Aki Basah Ngedrop? Ini Cara Memperbaikinya!

Walaupun memang tidak semua toko melakukan hal sedemikian rupa, tetapi kewaspadaan dan tetap berhati-hati itu adalah hal yang sangat penting agar terhindar dari bahaya penipuan. Maka dari itu, disarankan membeli aki basah di tempat yang sudah terpercaya seperti langsung di TokoAki.co.id yang sudah terpercaya sejak 40 tahunan lamanya sebagai penjual aki terpercaya.

6. Membeli di toko terpercaya

Hal berikutnya yang harus diperhatikan pada saat membeli aki basah yaitu membelinya di toko terpercaya. Adapun banyak sekali toko terpercaya yang menjual aki saat ini, salah satunya yaitu TokoAki.co.id, yang merupakan marketplace jual aki terbaik di Indonesia.

Sebab, sebagai salah satu marketplace aki terbaik di Indonesia, TokoAki.co.id menyediakan berbagai macam jenis fasilitas, mulai dari tukar tambah aki bekas, pemasangan aki hingga layanan bayar di tempat (COD), yang hanya membuat Anda cukup menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang.

Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

Write A Comment