Setiap kendaraan bermotor baik mobil, motor, bus, atau truk, tentunya memiliki kode nomor kendaraan. Kode tersebut berfungsi sebagai identitas kendaraan sesuai daerah yang ditinggali. Sehingga jika anda melihat kode plat nomor, maka akan tahu kendaraan tersebut berasal dari wilayah mana. Untuk lebih detailnya, yuk simak ulasan berikut.

A. Daftar Kode Nomor Polisi Kendaraan di Indonesia yang Harus Anda Tahu

Daftar Kode Nomor Polisi Kendaraan di Indonesia

Nomor plat kendaraan atau yang disebut juga dengan kode nomor polisi kendaraan merupakan jenis identitas pada motor atau mobil. Kode ini juga dikenal sebagai  plat registrasi kendaraan bermotor. Umumnya, bentuk dari nomor ini berupa potongan plastik atau logam yang dipasang di kendaraan sebagai identitas resmi.

Kode di plat kendaraan memiliki nomor seri yang terdiri dari susunan angka dan huruf yang dikhususkan. Nomor polisi ini juga biasanya dipadukan dengan informasi lain seperti model, tahun pembuatan, nomor identifikasi kendaraan, warna, merek dan nama pemilik kendaraan bermotor.

Nomor polisi ini tidak digunakan sebagai identitas kendaraan yang anda miliki saja, namun juga digunakan sebagai bukti bahwa kendaraan sudah memiliki izin beroperasi. Selain itu, di setiap wilayah memiliki kode yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kendaraan tersebut berasal dari daerah mana.

Karena Indonesia terdiri dari berbagai provinsi, hal ini membuat pembagian kode nomor polisi kendaraan juga beragam. Untuk daerah DKI Jakarta yang meliputi Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi kode plat nomor yang dipakai adalah B. Sedangkan di provinsi Banten, kode yang digunakan adalah A untuk wilayah Cilegon, Lebak, Tangerang, Serang, dan Pandeglang.

Untuk provinsi yang memiliki daerah cukup luas seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah, kode yang digunakan juga cukup banyak. Seperti contoh di Jawa Timur, untuk daerah Surabaya kode yang digunakan adalah L. Meskipun Sidoarjo dan Gresik berada di dekat Surabaya, namun, kode yang digunakan pun berbeda yaitu W.

BACA JUGA :  Dimana Bisa Beli Aki Yang Bisa Dikirim Dan Dipasang Dengan Cepat?

Selain itu untuk wilayah seperti Madura, Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, dan Sampang, memiliki kode nomor polisi yang sama yaitu M. Sedangkan untuk kota seperti Malang, Batu, Pasuruan, Lumajang dan Bondowoso menggunakan kode N sebagai nomor polisi pada kendaraan yang dimiliki.

Beranjak ke sebelah barat provinsi Jawa Timur, terdapat beberapa daerah seperti Ngawi, Magetan Ponorogo, Pacitan, dan Madiun memiliki kode yang sama yaitu AE. Sedangkan untuk wilayah Kediri, Blitar, Trenggalek, Tulungagung, dan Nganjuk, kode nomor polisi yang digunakan adalah AG.

Setiap huruf yang tertera pada nomor polisi kendaraan memiliki arti tersendiri. Terlebih untuk Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendominasi seluruh wilayah di sekitarnya. Namun plat nomor AB yang terdaftar sebagai kendaraan asal daerah tersebut tidak hanya di pakai di Yogyakarta. Namun, wilayah seperti Sleman, Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo menggunakan plat yang sama.

Untuk daerah Jawa Barat kode nomor polisi yang digunakan juga beragam. Untuk daerah Bandung dan Cimahi, kode yang dipakai adalah D, Sedangkan wilayah Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu, kodenya adalah E. Sedangkan untuk wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur menggunakan tanda huruf F.

Meskipun wilayah Garut dan Purwakarta memiliki jarak yang tidak jauh, namun tanda huruf nomor polisi yang digunakan berbeda untuk kedua wilayah tersebut. Kode T dipakai untuk wilayah Karawang, Subang, dan Purwakarta. Sedangkan kode Z digunakan Sumedang, Ciamis, Banjar, Garut, dan Tasikmalaya.

Jika provinsi yang ada di Jawa memiliki kode yang berbeda di setiap kotanya, hal ini berbeda dengan provinsi di Kalimantan. Kode hanya dibedakan dengan provinsi. Untuk wilayah Kalimantan Barat KB, Kalimantan Selatan DA, Kalimantan Timur KT, Kalimantan Utara KU, dan Kalimantan Tengah KH.

BACA JUGA :  Kerusakan Elektronik Mobil Karena Aki Soak, Apa Mungkin?

Meskipun Papua memiliki wilayah yang sangat luas, namun pembagian kodenya hanya dibedakan menjadi dua bagian. Yang pertama, wilayah Papua dengan kode plat nomor PA dan Papua Barat PB. Hal ini juga berlaku di Maluku, wilayahnya hanya dibagi menjadi Maluku DE dan Maluku Utara DG. Cukup mudah dihafalkan jika anda menemukan nomor polisi dengan kode tersebut.

Namun untuk wilayah seperti Nusa Tenggara, ternyata kode nomor yang digunakan bervariasi di setiap kotanya. Sebagai contoh Lombok, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Mataram menggunakan kode DR. Sedangkan wilayah Kupang Timor, Rote Ndao menggunakan tanda huruf DH untuk kendaraan bermotor.

Tidak berhenti sampai di situ saja, untuk wilayah bagian Manggarai Barat, Manggarai Flores, Ngada, Sikka, Lembata dan Alor menggunakan kode EB. Jika wilayah Sumbawa Barat Bima, Dompu dan Sumbawa menggunakan kode EA sebagai nomor polisinya. Untuk wilayah Sumba Timur dan Sumba Barat kodenya adalah ED.

B. Jenis Nomor Polisi Kendaraan di Indonesia Berdasarkan Warna Platnya

Mungkin selama ini anda hanya tahu beberapa warna nomor polisi kendaraan yang berlalu lalang di jalan. Seperti plat warna merah digunakan untuk mobil dinas, atau plat warna kuning digunakan angkutan umum. Tetapi ternyata, terdapat lima jenis plat nomor polisi kendaraan yang dibedakan berdasarkan warnanya.

Kelima warna tersebut sah digunakan oleh kendaraan bermotor, namun tidak dapat digunakan sembarangan. Jika kendaraan plat tulisannya putih dan warna dasarnya hitam, maka digunakan untuk kendaraan perseorangan atau sewa. Sedangkan untuk kendaraan dengan dasar warna putih dan tulisan biru digunakan untuk kendaraan Korps Diplomatik Negara Asing.

Sedangkan plat berwarna dasaran hijau dengan tulisan hitam digunakan untuk kendaraan bermotor di kawasan Free Trade Zone atau perdagangan bebas. Kendaraan tersebut akan mendapatkan fasilitas khusus yaitu pembebasan bea masuk. Namun, sesuai dengan peraturan pemerintah, kendaraan plat hijau ini tidak boleh dioperasikan di wilayah Indonesia lainnya.

BACA JUGA :  Cari Penghasilan Tambahan? Simak 4 Ide Peluang Usaha Menggunakan Kendaraan Pribadi

Tentunya untuk kendaraan yang memiliki warna plat kuning sudah tidak asing lagi karena biasanya digunakan untuk kendaraan umum seperti bus dan angkutan. Anda bisa menemukannya dengan mudah karena banyak melintas di jalanan. Sedangkan plat yang sudah familiar adalah plat dengan warna merah yang digunakan kendaraan bermotor pemerintah. 

C. Nomor Urut Plat Pada Kendaraan Bermotor yang ada di Indonesia

Nomor polisi tidak hanya digunakan sebagai identitas kendaraan bermotor saja. Anda bisa menemukan berbagai informasi menurut nomor yang tertera di plat kendaraan. Setiap angka yang tercantum memiliki arti khusus. Misalnya, nomor polisi 1 sampai dengan 1999, menunjukkan kendaraan tersebut adalah kendaraan penumpang.

Untuk plat nomor yang tertera 2000 sampai 6999, kendaraan tersebut biasanya berupa sepeda motor. Jika kendaraan bus, nomor polisi yang tertera pada platnya dimulai angka 7000 sampai 7999. Sedangkan untuk kendaraan beban atau pengangkut barang, nomor kendaraan yang dicantumkan biasanya dimulai dari angka 8000 sampai 9999. Itulah informasi mengenai kode nomor polisi kendaraan yang ada di Indonesia. Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kode nomor polisi tersendiri sebagai identitas kendaraan. Namun perlu diketahui, perubahan nomor tersebut bisa berubah. Sehingga, jika ada perubahan anda perlu memperbarui nomor polisi dengan yang sudah terdaftar.

Write A Comment