Aki merupakan bagian penting pada sebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. Hal itu dikarenakan aki merupakan satu-satunya bagian yang menjadi sumber kelistrikan yang akan dapat menghidupkan semua komponen elektronik yang ada pada kendaraan anda, baik itu audio, lampu dan yang lainnya. Ketika aki kendaraan soak tentu akan mempengaruhi semua fungsinya. Berikut beberapa cara memperbaiki aki kering yang soak.

Cara Mencegah Aki Motor Soak

Seperti kata sebuah pepatah Indonesia bahwa mencegah lebih baik daripada memperbaiki, begitu pula dalam masalah aki motor anda. Jika kita bisa mencegah aki motor kita soak, lebih baiki itu diutamakan terlebih dahulu. Untuk itu, kita harus bisa merawat aki kendaraan bermotor kita ini agar bisa tetap dalam kondisi terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar aki kering anda lebih awet dan tahan lama.

1. Perhatikan aksesoris kendaraan anda

Seperti yang kita ketahui, setiap aki memiliki daya kapasitas yang berbeda-beda, sehingga anda harus memastikan bahwa kapasitas yang dimiliki aki anda sudah sesuai dengan kebutuhan motor. Penambahan aksesoris tambahan pada motor anda bisa menambah kebutuhan kelistrikan motor. Misalnya saja, penambahan lampu, menggunakan klakson variasi atau penggunaan untuk charge baterai handphone anda. Tambahan-tambahan aksesoris tersebut tentu saja akan menambah beban pada aki anda, jika kapasitas aki dibawah beban yang dimilikinya maka aki anda menjadi lebih mudah soak. Anda perlu berdiskusi dengan teknisi kendaraan motor anda, apabila anda ingin menambah aksesoris tambahan pada motor anda. Sehingga teknisi anda bisa menghitung apakah kapasitas aki anda sudah sesuai dengan kebutuhan ataukah anda membutuhkan aki baru dengan kapasitas yang besar.

2. Panaskan kendaraan anda setiap hari

Salah satu hal yang sering dilupakan orang adalah memanaskan kendaraannya ketika tidak digunakan. Padahal memanaskan kendaraan setiap hari ini sangatlah penting untuk menjaga keawetan aki. Panaskan kendaraan bermotor anda setiap hari, minimal 10 menit setiap harinya. Tujuan memanaskan kendaraan ini adalah agar mesin tidak terlalu dingin dan tetap konsisten dan dapat bekerja dengan baik setiap harinya. Memanaskan mesin ini juga berarti mesin akan mensuplai listrik setiap hari ke aki sehingga aki secara mendapatkan pasokan energi listrik setiap harinya yang akan diubahnya menjadi energi kimia.

3. Rutin memeriksa kondisi aki secara berkala

Bagi orang awam mungkin akan kesulitan untuk memeriksa kondisi aki ini. Anda bisa meminta teknisi kendaraan anda ketika melakukan servis untuk memeriksa juga kondisi aki. Dengan memeriksa kondisi secara berkala dan rutin ini, anda menjadi mengetahui kapan kira-kira aki anda mulai akan rusak. Sehingga dengan segera, teknisi anda bisa memperbaiki aki tersebut untuk bisa berfungsi dengan baik.

BACA JUGA :  Mau Beli Aki Di Situs Belanja Online? Cek Dulu Beberapa Faktanya

Cara Memperbaiki Aki Yang Soak

Beberapa hal yang bisa anda lakukan, untuk memperbaiki aki kering anda terlanjur sudah soak adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Alat Dan Bahan

Dalam melakukan segala hal, kita perlu mempersiapkan terlebih dahulu keperluan-keperluan yang akan digunakannya. Begitu juga ketika kita ingin memperbaiki aki kita yang soak. Sebelum masuk pada proses perbaikan aki maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan segala alat dan bahan yang diperlukan. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar ketika sudah mulai membongkar aki, anda tidak perlu kesana-kemari hanya untuk mencari alat yang yang bisa digunakan untuk memperbaiki aki pada kendaraan anda.

2.Melepas Aki Dari Kendaraan

Kemudian langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melepas aki tersebut dari kendaraan. Sebelum mulai melakukan perbaikan, tentunya anda harus melepas terlebih dahulu aki tersebut agar dapat memudahkan proses perbaikan. Yang perlu diperhatikan adalah urutan dalam melepas aki, yang pertama anda harus melepas kutub positif (+) terlebih dahulu.

Hal itu bertujuan agar ketika tidak sengaja besi atau kunci mengenai bagian kendaraan dan bersentuhan dengan kutub negatif (-) tidak akan menimbulkan percikan api yang akan membuat anda kaget. Jika kutub positif (+) sudah dilepas maka anda bisa melanjutkannya dengan melepas kutub negatif (-). Perlu diingat bahwa saat melepas aki jangan sampai tertukar urutannya.

3. Bersihkan Aki

Setelah aki kering tersebut telah dilepas dari kendaraan anda maka cara memperbaiki aki kering yang soak selanjutnya adalah bersihkan terlebih dahulu bagian luar aki. Sehingga saat mulai membongkarnya kotoran yang ada pada permukaan atas tidak menjatuhi bagian yang tidak seharusnya terkena kotoran. Adapun cara membersihkanya dapat dikatakan sangat mudah karena hanya perlu mengusapnya dengan lap pada bagian yang kotor.

Terkadang penyebab tidak berfungsinya aki secara normal juga diakibatkan kotoran ini. Kotoran bisa menutupi bagian-bagian yang ada pada aki sehingga membuatnya tidak dapat mengalirkan listrik dengan baik. Pastikan di bagian kutup positif dan negatif aki tidak tertutup oleh kotoran yang dapat menjadi penyebab gangguan fungsinya.

4. Bongkar Penutup Aki

Setelah memastikan bahwa tidak ada kotoran lagi yang menempel di bagian permukaan aki. Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membongkar penutup aki atau cover sampai terbuka. Dalam kasus ini anda bisa menggunakan obeng sebagai alat bantu. Akan tetapi biasanya cover atau penutup pada aki kering ini sedikit kencang sehingga sangat sulit ketika dibuka. Oleh karena itu anda harus sedikit bersabar agar kondisi aki tidak semakin parah akibat adanya kesalahan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA :  Yuk Kenali Jenis dan Ciri Freon AC Mobil yang Mulai Habis

5. Mengisi Air Aki

Salah satu penyebab aki kering soak adalah karena cairan elektroda yang ada di ada didalamnya sudah tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu anda perlu mengisi air elektroda aki dengan yang baru. Anda perlu menyiapkan kain lap serta suntikan untuk melakukan proses ini. Setelah itu silahkan cek terlebih dahulu kondisi aki kendaraan anda dan pastikan lubang karet pada aki sudah terbuka semua. Umumnya, dalam hal ini terdapat 3 hingga 10 lubang karet sesuai dengan kapasitas amperenya.

Untuk mengisi air aki ini sama halnya ketika sedang memperbaiki aki basah, bedanya adalah air elektroda yang kita suntikan ini berbentuk seperti gel. Hal itu berbeda dengan air elektroda yang terdapat pada aki basah yang mirip seperti air pada umumnya. Dalam mengganti air aki ini, anda diharuskan untuk memasukkan cairan aki tersebut ke dalam suntikan lalu masukkan ke dalam tiap-tiap lubang dengan menggunakan suntikan dan menyuntikkannya di bawah lubang aki tersebut. Sementara itu, lakukan kembali langkah tersebut hingga semua lubang karet yang ada terisi penuh. Jangan lupa tutup kembali jika sudah selesai mengisi.

6. Pasang Penutup Aki

Setelah anda selesai mengisi air aki, anda perlu menutup aki anda seperti sedia kala. Pertama-tama anda harus memastikan semua lubang karet sudah terpasang seperti semula. Selanjutnya anda perlu melakukan pengeleman menggunakan lem yang sudah disediakan untuk menutup kembali cover yang sudah dibuka dengan menggunakan obeng. Pastikan saat mengelem tidak ada bagian yang tertinggal agar tidak ada udara yang bisa masuk atau keluar.

7. Mengisi Daya Listrik Aki

Setelah aki anda telah tertutup dengan semua, anda perlu menguji tegangan daya dan mengisi daya listrik aki atau yang akrab dikenal dengan setrum aki. Perlu anda ketahui, pada proses ini biasanya terdapat dua metode yang bisa dilakukan untuk mengisi arus listrik pada aki yang sudah dibetulkan. Dua metode tersebut ialah mengisi aki dengan cas atau disetrum dan mengisi aki dengan menggunakan jumper.

Mengisi daya dengan setrum atau charger menjadi cara yang lama dalam urusan aki, karena biasanya setiap bengkel aki sudah disediakan sebuah alat untuk mengisi arus listrik pada aki tersebut. sama halnya dengan charger handphone, pada pengisian daya aki kering juga menggunakan sebuah alat yang terbuat dari adaptor atau trafo. Akan tetapi kapasitas ampere yang ditawarkan jauh lebih besar dan biasanya lebih cepat proses pengisiannya.

BACA JUGA :  Berikut Harga Aki Motor Terbaik Dan Berkualitas

Sedangkan cara memperbaiki aki kering yang soak dengan mengisi daya menggunakan jumper aki yang sudah bukan menjadi cara baru dalam urusan aki. Hanya saja untuk bisa melakukan cara ini diperlukan aki lain yang masih dalam keadaan baik dan sehat tentunya. Untuk cara pengisiannya sangat mudah karena anda hanya perlu menjumper aki dengan menggunakan kabel.

Kabel dari kutub positif (+) aki lain ke kutub positif (+) aki yang telah diperbaiki serta kutub negatif (-) aki lain ke kutub negatif (-) aki yang telah diperbaiki. Kemudian nyalakan mesin dan diamkan hingga 30 menit atau satu jam. Dalam melakukan pengisian menggunakan jumper aki, kutub kabel yang dihubungkan jangan sampai tertukar karena jika tertukar maka kendaraan tidak akan menyala.

8. Lakukan Pengecekan

Dan cara memperbaiki aki kering yang soak terakhir adalah melakukan pengecekan, dimana dalam hal ini anda memerlukan sebuah alat ukur agar bisa mengetahui apakah aki yang telah diperbaiki dan disetrum tersebut sudah terisi daya atau belum. Apabila sudah itu artinya proses cara memperbaiki aki kering sudah berhasil. Akan tetapi jika tidak ada daya yang terisi berarti memang aki tersebut sudah waktunya diganti karena masa pakainya telah habis.

Sebagai saran, apabila cara diatas berhasil dan aki bisa digunakan untuk kendaraan anda, sebaiknya biarkan hingga 15 sampai 30 menit dalam posisi stasioner agar tegangan baru bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraan bermotor anda. Dengan memahami langkah dan cara memperbaiki aki kering baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat pastinya anda akan lebih bisa menjaga kondisi aki agar bisa bertahan lebih lama.

Karena umumnya daya tahan aki kering lebih lama jika dibandingkan dengan daya tahan aki basah. Hal tersebut juga membuat harga aki kering baik untuk motor atau mobil dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Untuk aki basah biasanya dibandrol dengan harga masih dibawah satu juta, sedangkan untuk aki kering harganya bisa mencapai dua kali lipat dari harga aki basah. Cukup mahal bukan ? Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam memperbaiki aki kering yang soak. Diperlukan kehati-hatian dan ketelitian pada saat memperbaiki aki kendaraan, karena jika anda salah menghubungkan part maka kendaraan tidak akan pernah menyala. Lakukan pengecekan air aki secara berkala agar kendaraan anda tidak mati ditengah jalan saat digunakan bepergian, apalagi saat digunakan bepergian dalam jarak yang sedikit jauh.

Untuk kebutuhan Aki kendaraan kalian percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah jelas terbukti pelayanannya serta berpengalaman lama dalam bidangnya. Dijamin barang baru dan ORIGINAL!

Write A Comment