Memiliki mobil untuk keluarga tentu menjadi impian setiap orang, termasuk pengantin baru. Alasannya, dengan memiliki kendaraan pribadi berupa mobil, bepergian kemanapun tidak menjadi masalah meskipun lokasinya jauh. Apalagi, jika lokasi tinggal sekarang berada di luar kota.

Saat memiliki mobil, jumlah orang yang bisa diangkut juga lebih banyak dibandingkan motor. Momen romansa setelah pernikahan semakin indah manakala mengendarainya dengan pasangan. Untuk keperluan berpariwisata juga mudah dan cepat.

Di Indonesia, pasaran mobil untuk pengantin baru yang cukup cocok juga banyak. Berbagai merek mobil siap dipilih sesuai kebutuhan atau budget. Dalam ulasan ini kami akan menjelaskan untuk Anda, jenis mobil apa yang cocok untuk pengantin baru.

Tips Memilih Mobil Untuk Pengantin Baru

Bagi pengantin baru, sebelum memutuskan untuk memiliki mobil harus dipertimbangkan beberapa tips berikut ini:

Menghitung Budget Sebelum Simulasi Cicilan

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu menghitung budget Anda beserta pasangan. Teliti Dari mana sumber uang berasal dan pertimbangkan hal ini. Apakah uang cukup membeli mobil kredit atau tunai? Dan apakah mobil baru atau bekas yang bisa dibeli?

Menyesuaikan Kebutuhan Dan Budget

Sambil Anda menghitung simulasi kreditnya, pikirkan juga apakah tujuan Anda membeli mobil ini. Pastikanlah Anda beli sesuai dengan yang menjadi kebutuhan. Contohnya, Siapa yang lebih sering menggunakannya? ke mana tujuannya yang sering digunakan?. Sesuaikan pertimbangan dengan budget Anda.

BACA JUGA :  Tips Memilih Oli Mobil Dengan Benar
Menghitung budget dengan kalkulator
Menghitung budget dengan kalkulator

Banyak pembeli yang tergiur dengan tampilan interior dan eksterior. Akhirnya, seringkali mobil yang dibeli ternyata lebih mahal cicilannya daripada keperluan sehari-hari. Dengan kata lain, membeli mobil tidak berdasarkan kebutuhan, namun keinginan.

Jika Anda punya rencana 5 tahun kedepan memiliki momongan 1 atau 2 anak, mobil LCGC cocok untuk Anda. Beberapa nama seperti Daihatsu sigra atau calya bisa dipilih. Bisa juga jenis mobil city car misalnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Membayar DP Lebih Besar

Jika Anda ingin membeli mobil terbaik 2020 secara cicilan, sebaiknya membayar uang muka jumlahnya lebih besar. Ini cukup penting, karena semakin banyak uang muka, maka semakin rendah cicilannya. Biasanya, uang muka sebanyak 25% dari total harga mobil dan cobalah untuk menyiapkan 30%-50%.

Memanfaatkan Promo Atau Diskon

Seringkali, ada waktu khusus misalnya Idul Fitri, akhir tahun, atau ketika pameran otomotif berlangsung, diskon diberikan cukup besar. Promosi tersebut bisa DP lebih rendah maupun cicilan lebih ringan. Anda dapat memanfaatkannya, untuk mendapatkan potongan harga.

Tidak Memilih Mobil Seri Terbaru

Sebaiknya, Anda tidak memilih mobil seri terbaru atau ketika sesaat dirilis. Alasannya, harganya tentu akan lebih tinggi. Jangan karena hanya ikut-ikutan, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak dibanding yang seharusnya.

mobil baru ferrari 458 spider
Image by Toby Parsons from Pixabay

Survei Dealer Terlebih Dulu

Meskipun memiliki seri dan jenis mobil yang harganya sama, pada umumnya setiap dealer memberikan harga yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan mobil juga dipengaruhi dimana lokasinya berada serta permintaan di setiap wilayahnya.

Semakin tinggi permintaan produk di sebuah wilayah, maka harganya akan semakin mahal. Jadi, Anda sebaiknya survei lokasi. Lebih baik mencari tempat yang memang memiliki harga yang lebih murah.

Jangan Bersikap Gengsi

Anda jangan gengsi jika memang bisa hanya membeli mobil dengan tipe sesuai kemampuan dan kebutuhan. Baik itu pembelian cash ataupun cicilan, memang harus diutamakan manfaatnya. Jangan gengsi jika memang hanya bisa membeli mobil keluarga bekas murah dan irit dahulu.

BACA JUGA :  Yuk Kenali Jenis dan Ciri Freon AC Mobil yang Mulai Habis

Apakah Tepat Keluarga Muda Prioritaskan Beli Mobil Daripada Rumah?

Pertanyaan yang mungkin timbul adalah apakah keluarga muda lebih bagus memprioritaskan mobil daripada rumah?. Jawabannya, tergantung pada kebutuhan dan kondisi. Setiap pasangan tentu memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda-beda.

Contohnya, jika suami bekerja di lokasi yang jauh dan sulit diakses oleh mobil umum. Maka, Lebih baik membeli mobil baru jika memang ongkos transport cukup besar dan menyamai cicilan mobil. Berkendara dengan mobil tentu jauh lebih cepat ke sampaikan lokasi kerja yang sulit di akses kendaraan umum.

Atau, misalnya ingin punya mobil untuk keluarga besar supaya muat untuk orang tua. Saat mudik di momen idul fitri, akan lebih nyaman dan mudah aksesnya dengan menggunakan mobil. Jika naik kendaraan umum, biasanya tiket menjelang mudik jauh lebih mahal serta sulit didapat.

Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Keluarga Muda

Ada beberapa pilihan mobil keluarga terbaik 2021 yang cocok untuk keluarga muda dengan berbagai pertimbangan. Berikut beberapa diantaranya:

Suzuki Ignis

Jika Anda memiliki keluarga kecil dan perlu transportasi yang nyaman ke lokasi kerja, Suzuki ignis dapat menjadi solusi. Mobil keluarga ini punya desain yang kelihatan sporty dan kelihatan nyaman untuk melewati kemacetan. Harganya juga bisa dibilang murah, karena di bawah Rp 150 juta.

Mobil Suzuki Ignis
Suzuki Ignis

Toyota Calya

Toyota calya menjadi salah satu Mobil keluarga murah yang dikeluarkan oleh Toyota. Mobil ini dipasarkan mulai dari harga Rp135 juta hingga Rp 140 juta an. Kapasitas mesinnya cukup besar yaitu 1.197 CC dan merupakan mobil 7 seater indonesia. Mesinnya 4 silinder dan sangat irit, karena didukung teknologi dual VVTI.

Mobil Toyota Calya
Toyota Calya

Daihatsu Sigra

Selain calya, Daihatsu sigra juga bisa menjadi solusi bagi pengantin baru yang ingin punya mobil. Alasannya, Anda bisa memperolehnya mulai dari harga Rp 108 jutaan hingga sampai Rp 149 jutaan. Semakin tinggi jenis Daihatsu sigra yang Anda beli, fiturnya tentu akan semakin lengkap.

BACA JUGA :  Mobil Bunyi kletek kletek Saat Di Gas? Sebab Dan Cara Penanganannya
Mobil Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra

Datsun Go +

Mobil untuk pengantin baru yang terjangkau selanjutnya yaitu Datsun Go +. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 103 jutaan hingga Rp 127 jutaan. Dapat dikatakan jika mobil ini menjadi salah satu MPV murah di Indonesia. Sehingga, dapat dikatakan bisa menjadi salah satu list utama konsumen.

Mobil Datsun Go +
Datsun Go +

Suzuki Ertiga

Mobil keluarga irit selanjutnya yaitu Suzuki Ertiga. Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 200 jutaan. Ada beberapa varian yang bisa dipilih antara lain Ertiga airbag, Ertiga dreza dan Ertiga diesel hybrid.

Mobil Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia, tentu Anda sudah sering melihatnya. Spesifikasi serta fiturnya memang tidak berbeda jauh dengan kompetitornya yaitu Toyota Avanza. Interiornya yang nyaman dan eksterior kokoh menjadi kelebihan mobil ini. Harganya sendiri dimulai dari Rp 180 jutaan sampai dengan Rp 215 jutaan.

Mobil Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia

Nissan Evalia

Selain membeli grand Livina, Nissan Evalia menjadi salah satu juga yang cukup bagus. Harganya cukup terjangkau mulai dari 190 jutaan. Tampilan eksterior dan interiornya elegan, serta punya ruang kabin luas. Mesin yang 1500 cc DOHC, membuatnya begitu bertenaga.

Mobil Nissan Evalia
Nissan Evalia

Demikian informasi tentang tips membeli mobil untuk keluarga serta apa saja merk yang direkomendasikan. Jika Anda butuh aki untuk mobil baru, bisa secara online memesannya ke situs tokoaki.co.id. Ada banyak sekali variasi aki mobil direkomendasikan. Jika kesulitan, Anda juga akan dilayani oleh petugas customer service melalui telepon atau whatsapp.

Write A Comment