Memang tidak dapat dipungkiri jika aki menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil. Sebab, fungsinya yang sangat vital dalam menyimpan dan menyalurkan listrik ke komponen-komponen mobil lainnya menjadi salah satu alasannya. Namun pertanyaannya apakah benar jika kerusakan elektronik pada mobil disebabkan oleh aki yang soak? Jika Anda ingin tahu apa penyebabnya, simak penjelasan kami berikut ini sampai akhir!

Benarkah Aki Soak Penyebab Kerusakan Elektronik pada Mobil?

Aki yang soak memang kerap kali menjadi masalah bagi setiap pemilik mobil, karena akan menyebabkan banyak hal, dimana salah satunya yaitu mobil akan sangat sulit untuk distarter.  Tentunya seperti yang kita tahu kalau sistem kelistrikan pada mobil, maka diperlukan untuk usaha yang besar untuk menyalakannya, karena Anda pasti harus mendorong. Tetapi, hal lain yang harus diketahui yaitu tidak semua penyebab kerusakan elektronik pada mobil disebabkan oleh aki soak saja, namun bisa jadi ada kerusakan pada sistem starternya.

Apabila yang mengalami kerusakan adalah sistem starternya dan bukan aki mobil, biasanya untuk membuat mobil transmisi manual jadi sulit didorong. Sementara jika yang rusak aki, maka kemungkinan untuk didorong supaya menyala kembali mesinnya masih terbuka lebar. Bedanya dengan mobil transmisi matik, mobil yang aki-nya soak akan sama seperti sistem starter yang rusak di mobil transmisi manual, dan sulit didorong.

Supaya mencegah kerusakan yang lebih lanjutnya, disarankan untuk Anda segera mengganti aki yang soak atau bisa juga menggunakan sistem jumper, agar tidak terjadi kerusakan elektronik yang lebih parah. Sementara itu untuk melakukan sistem jumper, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu melakukan pengecekan lebih dulu pada bagian aki atau baterainya. 

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Nissan March Beserta Pilihan Aki nya

Sedangkan kalau yang bermasalah ternyata sistem starter dan bukan aki, maka hal yang harus dilakukan adalah menunggu sampai teknisinya datang atau orang asuransi datang untuk menderek mobil Anda. Sebab, untuk perbaikan kerusakan pada sistem starter umumnya harus dibongkar lebih dulu supaya ketahuan bagian mana yang rusak.

Memang, tidak dapat dipungkiri jika sebuah aki itu ada batas usia pemakaiannya, dan biasanya ketika masa usianya sudah habis akan membuatnya jadi soak. Pada saat soak, tentunya sangat wajib untuk segera menggantinya. Tetapi, pada saat menggantinya Anda harus berhati-hati, karena ketika salah memasang kabel kutub bisa menyebabkan keluarnya asap.

Apabila hal itu terjadi, maka disarankan untuk mencabutnya sesegera mungkin. Sebab, apabila dibiarkan terus berlanjut, berpotensi untuk menyebabkan terjadinya arus pendek alias korsleting yang membuat bagian pengaman baterai jadi putus atau bagian fuse (sekring) pun sama. 

Fuse menjadi salah satu komponen yang menjadi pengaman pada rangkaian elektronika hingga perangkat listrik. Fuse ini juga punya kawat tipis dan pendek, yang nantinya bisa meleleh pada saat putus, ketika arus listrik yang mengalir itu terlalu berlebihan. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan di bagian fuse, baru dilanjut ke bagian pada sistem kelistrikan.

Sebab, pada saat korsleting yang terjadi sangat parah, biasanya akan menjalar ke bagian-bagian lainnya seperti, sistem ECU (Electronic Control Unit).  Padahal sistem ECU ini sudah banyak digunakan pada kendaraan model terbaru yang didukung dengan teknologi injeksi. Selain itu, harganya juga sangat mahal yakni kisaran Rp4 jutaan. Sementara jika fuse yang rusak, dan apabila harus diganti maka akan menelan biaya sekitar Rp20 – 30 ribu saja.

BACA JUGA :  1 Ampere Berapa Watt? Cara Mudah Hitung Satuan Listrik

Berdasarkan penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan, bahwa hal-hal yang menyebabkan komponen elektronik pada mobil mengalami kerusakan tidak hanya dikarenakan oleh aki yang soak saja, tetapi hal-hal lainnya juga demikian, seperti salah pemasangan, hingga sistem starter yang mengalami kerusakan.

Apabila Anda memiliki masalah soal aki mobil yang rusak, bisa langsung membeli di TokoAki.co.id, yang sudah terkenal sebagai salah satu marketplace terbaik yang menjual berbagai kebutuhan akan aki. Bahkan tak hanya sekadar membeli saja, tapi juga bisa minta dipasangkan sekalian.

Belanja aki di TokoAki.co.id juga bisa COD-an. Jadi, Anda hanya perlu menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang. Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

Write A Comment