Sebagai baterai kendaraan bermotor, aki menjadi salah satu komponen sangat penting yang harus dirawat. Karena, jika tidak sering diperhatikan dan dirawat bisa membuatnya mengalami beberapa masalah, seperti tidak mengisi. Umumnya, ada beberapa faktor yang mengakibatkan aki kendaraan tidak terisi daya listriknya. Agar lebih tahu, yuk kenali penyebab aki motor tidak mengisi dan cara merawatnya.

Penyebab Aki Kendaraan Mudah Tekor

1. Kiprok Rusak

Kiprok Motor

Kondisi ini bisa menyebabkan segala komponen yang membutuhkan aliran listrik tidak teraliri, misalnya klakson, starter pencet, dan lainnya. Bagi kendaraan motor bebek mungkin masalah rusaknya kiprok bukan hal yang harus dikhawatirkan, karena masih bisa menggunakan engkol untuk menyalakan mesin. Namun, untuk beberapa skuter matik tentunya menjadi masalah karena tidak terdapat starter kick untuk menghidupkannya.

Pada dasarnya, kiprok pada motor berfungsi untuk mengatur regulasi aliran arus listrik yang dihasilkan oleh aki, baik keluar maupun masuk. Meskipun tidak termasuk dalam komponen aki, namun penghubung ini terletak tidak tidak jauh dari tempat baterai kendaraan. Oleh karena itu, kiprok yang rusak bisa mempengaruhi komponen motor lainnya, terutama yang membutuhkan aliran listrik. Keadaan itulah yang menjadi penyebab aki motor tidak mengisi.

Untuk mengetahui kondisi kiprok motor, anda dapat menyalakan mesin kendaraan dan lampu utamanya. Kemudian, gas dengan kecepatan sekitar 4 ribu hingga 5 ribu RPM. Apabila tegangan listrik yang dihasilkan kurang dari 14 hingga 15 volt, maka kemungkinan besar kiprok mengalami kerusakan. Dalam hal ini, anda bisa mengganti kiproknya saja, jika memang tidak ada masalah pada akinya.

2. Pengikat Aki Lepas Atau Rusak

Pengikat Aki

Umumnya, aki pada kendaraan bermotor membutuhkan beberapa komponen perantara dan pengikat, seperti kabel dan sekrup. Dimana, adanya kedua perangkat tersebut yang berperan dalam menghubungkan aliran listrik dari aki ke seluruh bagian motor. Namun, apabila salah satu dari komponen tersebut mengalami kerusakan maupun terlepas, maka bisa dipastikan aki tidak akan berfungsi dengan baik.

BACA JUGA :  Toyota Yaris : Ulasan & Harga Aki Terbaru 2021

Selain itu, kondisi ini juga bisa mengakibatkan baterai kendaraan bermotor tersebut terus melemah. Apabila tidak segera ditangani, maka seiring berjalannya waktu bisa menyebabkan aki mengalami kerusakan. Oleh karena itu, jika beberapa komponen motor mengalami penurunan fungsi, ada baiknya untuk memeriksa pengikat aki. Pasalnya, penghubung yang lepas atau rusak menjadi penyebab aki motor tidak mengisi.

3. Modifikasi Lampu Berlebihan

Modifikasi Lampu Berlebihan

Pada dasarnya, semua jenis motor sudah dibekali dengan standar pengapian hingga kelistrikan yang sudah disesuaikan, setiap keluar dari pabrikannya . Adapun salah satu komponen motor yang membutuhkan aliran listrik adalah lampu. Jika komponen tersebut diganti dengan ukuran voltase yang lebih tinggi, maka akan membuat aki motor cepat rusak.

Pasalnya, semakin besar tegangan lampu yang digunakan, maka daya yang digunakan juga semakin banyak. Kondisi ini bisa mengakibatkan kinerja aki tidak seimbang, sehingga wajar jika bisa mengakibatkan baterai kendaraan bermotor tersebut cepat mengalami penurunan fungsi. Oleh karena itu, jika ingin melakukan modifikasi pada lampu motor usahakan tidak berlebihan dan sesuai dengan voltase umum yang ditentukan.

4. Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Penyebab aki motor tidak mengisi selanjutnya adalah karena kurang menjaga kebersihan aki. Mungkin terlihat sepele, namun menjaga kebersihan aki juga penting dilakukan, seperti halnya mengurus kebersihan mesin pada umumnya. Pada dasarnya, dalam aki terdapat senyawa kimia asam sulfat yang bisa menjadi penyebab karat hingga munculnya plak.

Oleh karena itu, anda harus memperhatikan kondisi sekitar aki, terutama pada bagian terminalnya. Karena pada lokasi tersebut rawan muncul plak maupun karat. Jadi, apabila anda mendapati terminal pada aki sedikit kotor, sebaiknya segera dilakukan pembersihan. penting untuk diketahui, biasanya adanya plak tersebut dapat membuat mesin kendaraan sulit untuk dinyalakan.

BACA JUGA :  Berikut Harga Aki Motor Terbaik Dan Berkualitas

5. Kurang Memperhatikan Muatan Listrik

Muatan Listrik Motor

Biasanya, muatan kapasitas motor bisa berkurang dalam waktu cepat. Hal tersebut dapat terjadi karena kendaraan tidak dihidupkan atau dalam kondisi diam untuk waktu yang lama. oleh karena itu, untuk tetap menjaga kinerja motor, usahakan untuk menyalakan mesinnya selama sekitar 15 menit apabila seharian tidak digunakan. Dengan begitu, akan membantu merawat aki agar bisa bekerja dengan baik.

Pada dasarnya, aki motor memiliki kapasitas yang beragam, tergantung dari penggunaannya. Namun, secara umum baterai pada motor tersebut mempunyai kapasitas muatan listrik sekitar 3 hingga 3,5 ampere dengan tegangan sekitar 12 volt. Hal ini penting untuk diketahui, karena kurang memperhatikan kapasitas muatan listrik bisa menjadi penyebab aki motor tidak mengisi.

Tips Merawat Aki Agar Tidak Mudah Tekor

1. Periksa Kondisi Aki

Setelah anda mengetahui hal yang menyebabkan aki tidak mengisi, maka ada baiknya untuk mengenal cara merawat aki agar tetap dapat bekerja dengan optimal. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga baterai motor ini adalah dengan memeriksa kondisi aki. Dalam hal ini, anda bisa memperhatikan ketinggian cairan dalam aki. Pastikan supaya senyawa kimia yang terdapat didalamnya tidak melebihi batas bawah dan atas yang tertera.

Selain itu, anda juga harus memeriksa umur baterai kendaraan. Umumnya, aki yang digunakan pada motor memiliki durasi pemakaian sekitar 1 hingga 2 tahun. Apabila waktu penggunaan telah lebih dari perkiraan tersebut, maka sudah dipastikan jika aki sudah mengalami penurunan. Apabila anda hendak menggantinya, maka usahakan untuk mencatat detail tanggal pembelian.

2. Hanya Melakukan Modifikasi Yang Sesuai

Seperti yang diketahui, melakukan modifikasi lampu yang berlebihan bisa menjadi penyebab aki motor tidak mengisi. Oleh karena itu, apabila anda ingin melakukan perubahan pada salah satu komponen motor, maka gunakan standar yang sesuai. Jika anda ingin menambahkan lampu dengan cahaya yang terang, usahakan untuk menyesuaikan muatan aliran listriknya terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mencegahnya

Tak hanya itu saja, penggunaan aksesoris tambahan seperti perangkat audio rakitan atau mengubah tipe klakson yang tidak sesuai juga dapat memakan usia aki dengan cepat. maka dari itu, usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris tambahan secara berlebihan, khususnya yang menggunakan aliran listrik. Jika pun ingin menghadirkan hiasan, pastikan untuk menggunakan yang sesuai.

3. Nyalakan Motor Minimal 15 Menit Jika Tidak Digunakan

Pada dasarnya, dalam aki terdapat dua buah plat, yang memiliki kutub negatif dan positif. Ditambah dengan hadirnya kiprok, selaku penghubung yang akan menyuplai arus listrik ke aki, maka plat tersebut akan bereaksi dengan cairan. Sehingga akan membuat energy listrik bisa mengalir ke komponen motor lainnya. Namun, seiring waktu sel tersebut bisa mati, sehingga untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan menyalakan mesin sekitar 15 menit.

Itulah beberapa penyebab aki mudah mengalami tekor atau tidak terisi daya listriknya. Agar baterai kendaraan bisa berfungsi dengan baik, maka anda harus melakukan perawatan. Sejumlah langkah tersebut bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi aki agar tetap baik. Namun, apabila baterai kendaraan anda sudah tidak berfungsi dengan maksimal, ada baiknya untuk segera membawanya ke bengkel.

Cek juga Tokoaki.co.id yang sudah mempunyai pengalaman di bidang baterai aki selama puluhan tahun serta memberikan harga yang lebih hemat! serta memiliki bermacam-macam merek serta tipe aki yang cocok dengan kendaraan anda.

Write A Comment