“Zzeezch… Zzeezch… Zzeezch… ” itu bunyi mobil mogok ketika pagi-pagi hendak berangkat menuju kantor. Kondisi seperti ini sering kali terjadi pada mobil yang tidak digunakan atau tidak dipanasi dalam waktu beberapa hari.

Tentu saja ini jadi masalah ketika mobil sedang dibutuhkan. Misalnya ketika harus segera ke kantor, mengantar anak ke sekolah, atau ke tempat tertentu.

Pentingnya Cek Kondisi Aki Secara Rutin

Jika Anda ingin mengemudi jarak jauh, tentu banyak hal yang harus Anda persiapkan. Mulai dari fisik hingga bawaan yang diperlukan. Selain itu, kondisi mobil juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan sebelum pergi mudik. Selain kedua hal tersebut, kondisi aki pada mobil juga jadi hal yang wajib Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik jauh.

Fungsi Aki pada Kendaraan

Aki sendiri merupakan komponen yang memiliki peran penting pada mobil. Fungsi utama dari aki adalah untuk menyimpan daya listrik sekaligus mengalirkan listrik tersebut ke beberapa komponen mobil lainnya. Dengan begitu, mobil dapat menyala dan digunakan untuk perjalanan mudik yang jauh sekalipun.

Kondisi aki mobil yang baik dan prima akan membuat Anda serta keluarga merasa aman untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman yang jauh. Akan sangat berbahaya bila kondisi aki mobil tiba-tiba mengalami masalah di tengah jalan, seperti mogok. Perjalanan mudik yang menyenangkan bisa berubah jadi mengesalkan dalam sekejap.

Bila aki mengalami masalah di tengah perjalanan dan membuat mobil Anda mogok, tentu cukup sulit untuk mengatasinya. Apalagi belum tentu ada bengkel yang lokasinya dekat dengan tempat mobil Anda yang mogok. Kalau sudah begitu, mau tidak mau Anda harus menggunakan layanan derek mobil yang biayanya sendiri tidaklah murah. Belum lagi untuk memperbaiki mobil atau mengganti akinya ketika berada di bengkel. Tentu harus mengeluarkan kocek yang jumlahnya tidak sedikit .

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Nissan March Beserta Pilihan Aki nya

Mencegah Mobil Mogok

Agar dapat terhindar dari berbagai permasalahan karena rusaknya aki mobil tersebut, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kondisi aki mobil beberapa hari sebelum melakukan perjalanan mudik. Jangan setelah mengalami masalah baru mulai memeriksa kondisinya.

Anda bisa melakukan pengecekan kondisi aki sendiri dengan cara manual. Sebelumnya perlu diingat kalau usia pemakaian aki yang ideal pada mobil bisa tidaklah sama. Tergantung pada cara perawatan dan pemakaian mobil yang biasa Anda lakukan.

Umumnya, usia aki yang prima hanya sekitar 2 tahunan. Bila usia aki Anda sudah lebih dari 1,5 tahun, segera cek kondisi aki tersebut agar tidak mengalami masalah ketika Anda sudah berada di perjalanan mudik.

Untuk mengecek kondisi dari aki mobil sebelum berangkat mudik, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara fisik atau dengan menggunakan peralatan khusus.  Namun, kalau Anda merasa ragu dan takut melakukannya sendiri, sebaiknya bawa mobil tersebut ke bengkel terdekat untuk diperiksakan kondisi akinya.

Hal yang harus diperhatikan saat memeriksa kondisi aki sebelum mudik

Kalau Anda memutuskan memeriksa sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memeriksa kondisi aki sebelum berangkat mudik.

Pertama adalah memeriksa baut kutub positif dan kutub negatif yang terdapat pada aki. Perhatikan baik-baik apakah ada kerak atau kotoran yang menempel pada baut tersebut. Kalau ternyata ada kerak atau kotoran yang menempel, segera bersihkan dan jangan sampai menempel pada aki. Hal ini dapat mengganggu aliran listrik dari aki ke beberapa komponen mobil lainnya.

Selanjutnya periksalah kadar air yang terdapat pada aki. Ini dilakukan bagi Anda yang menggunakan jenis aki basah pada mobil Anda. Untuk memeriksa kadar air pada aki tersebut, Anda hanya perlu melihat dari bagian luarnya saja. Mengingat wadah aki basah memiliki warna transparan yang terlihat dari luar.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Toyota Rush Beserta Daftar Pilihan Aki nya

Kalau kadar air pada aki ternyata kurang, segera tambahkan isinya dengan menggunakan air aki murni. Ingat, jangan mengisinya dengan air zuur. Hal ini untuk membuat kualitas dari aki mobil dapat tetap terjaga dan lebih awet.

Cara menjaga aki mobil tetap prima untuk perjalanan mudik

Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk membuat kondisi aki mobil tetap prima ketika digunakan untuk perjalanan mudik, antara lain:

Pertama adalah dengan menjaga voltase aki agar tetap berada di angka 12V. Caranya adalah dengan tidak memberikan beban tambahan pada aki mobil. Anda bisa mematikan perangkat listrik atau aksesori seperti lampu mobil ketika mobil sedang tidak digunakan.

Sebaiknya Anda juga sering-sering memanaskan mobil, setidaknya tiga hari sekali selama 15 menit agar aki mobil tidak mudah rusak.

Aki mobil yang bermasalah di tengah perjalanan mudik memang sering bikin repot. Apalagi kalau sulit menemukan bengkel terdekat untuk memperbaikinya. Akan tetapi, Anda bisa lebih tenang karena TokoAki.co.id siap jadi solusi #GantiAkiDimanaSaja. Tidak hanya memiliki produk aki mobil original dan bergaransi, TokoAki.co.id juga menyediakan layanan antar pasang di tempat dengan cepat. Anda tak perlu khawatir lagi bila mengalami masalah aki mobil selama perjalanan mudik. Bersama TokoAki.co.id, #GantiAkiDimanaSaja jadi lebih mudah dan cepat!

Write A Comment