Interior mobil – Setiap pemilik kendaraan tentu harus teliti untuk merawat setiap bagian kendaraan. Tidak hanya harus memperhatikan di bagian luar mobil saja. Bagian interior pada mobil juga harus dirawat dan diperhatikan kebersihannya.

Pentingkah Perawatan Interior pada Mobil?

Mobil yang terawat terutama di bagian interior, nantinya akan membuat pengemudinya akan merasa nyaman. Suasana di kabin terasa lebih sejuk dan bersih. Selain itu, lebih terasa bersih, serta terbebas dari virus dan bakteri.

Bagaimana cara merawat bagian interior pada mobil merupakan hal yang penting diketahui oleh pemilik kendaraan. Bagian interior sendiri mulai dari dashboard, setir, tuas persneling, jok, karpet, dan plafon. Kami akan menjelaskan bagaimana cara merawatnya.

Pengertian Interior Mobil

Pengertian interior sendiri mungkin Anda sudah mengetahuinya. Interior mobil adalah bagian-bagian mobil yang ada di dalam kabin mobil. Artinya disisi dalam yang tidak bersentuhan langsung dengan cahaya matahari ataupun angin.

Jok Mobil

Beda dengan bagian eksterior, dimana lebih sering terpapar sinar matahari. Jika tidak memakai kaca film untuk melindunginya, lama-kelamaan membuat warna interior pada mobil semakin pudar. Oleh karena itu, perawatan tentang bagian interior harus Anda pahami dan jangan malas dilakukan.

Mengapa Interior Mobil Harus Dirawat ?

Seperti halnya benda lain yang bermanfaat untuk kita, mobil juga harus dirawat dan salah satunya di bagian interior. Ada beberapa alasan kenapa interior mobil ini harus dirawat, di antaranya sebagai berikut:

BACA JUGA :  Yuk Kenali Jenis dan Ciri Freon AC Mobil yang Mulai Habis

1. Bagian Interior Bersentuhan Langsung

Bagian interior mobil, akan bersentuhan langsung dengan orang-orang di dalam kabin. Jika mobil tidak dirawat, maka kuman atau debu bisa menempel. Tentunya menjaga kebersihan bagian dalam harus diupayakan terutama sekarang ini di masa pandemi.

2. Bagian Interior Mobil Dirasakan Langsung

Bagian interior dari mobil akan dirasakan langsung oleh siapapun di dalamnya. Jika bagian ini tidak dilakukan perawatan rutin, bisa jadi tidak nyaman. Misalnya suasana di dalam kabin terasa pengap, lembab, atau kotor. Ini akan membuat siapapun enggan masuk ke dalam.

3. Memiliki Kerentanan

Interior mobil harus dilakukan perawatan, karena juga mempunyai kerentanan. Dengan pengaruh sedikit saja, bisa membuat tampilan di dalam atau suasananya jadi tidak nyaman. Contohnya, jika Anda salah memilih pembersih untuk dashboard. Bisa membuat warna dashboard jadi belang yang akhirnya mengganggu estetikanya.

4. Bagian Dari Keselamatan Pengendara

Bagian interior mobil juga menjadi salah satu yang bisa mempengaruhi keselamatan pengendara. Misalnya, tuas persneling yang macet atau susah, bisa membahayakan pengendara. Atau, bisa juga misalnya kondisi setir yang sudah harus disetel ulang agar tetap berfungsi normal.

5. Agar Masa Pakainya Lebih Lama

Berikutnya, perawatan di bagian interior mobil akan membuat masa pakainya menjadi lebih lama. Dengan demikian, Anda akan lebih menghemat biaya karena lebih awet. Oleh karena itu, jangan malas merawat bagian interior kendaraan ini.

6. Membuat Anda Semakin Percaya Diri

Kegunaan merawat interior mobil juga akan membuat si pemiliknya merasa lebih percaya diri. Artinya, mobil yang dalam keadaan rapi dan bersih di dalamnya, pemiliknya tentu tidak akan merasa malu jika ada keluarga, teman atau saudara yang ikut masuk. Bandingkan jika mobil dalam keadaan kotor. Anda akan segan mengajak orang lain saat ingin menumpang.

Komponen Perawatan Interior

Ada beberapa bagian yang harus dirawat saat ingin membuat interior mobil nyaman. Berikut diantaranya :

BACA JUGA :  Mau Beli Aki Secara Online? Cek Dulu Beberapa Faktanya
membersihkan interior mobil dengan lap

1. Merawat Dashboard Mobil

Membersihkan interior, harus dipastikan permukaannya steril dari debu dan kotoran. Hal ini penting, karena bisa saja sisa-sisa debu atau kotoran bekas makanan, bisa menimbulkan goresan. Selain itu, kuman bisa hinggap di sana. Membersihkannya, bisa dengan vacuum cleaner atau sikat halus.
Selanjutnya, setelah semua debu dan kotoran dibersihkan, maka Anda bisa mengelap dasbor. Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang sesuai dengan material. Lakukan spot test dahulu untuk memastikan tidak meninggalkan atau merusak dashboard. Itulah cara mempercantik dashboard mobil.

2. Merawat Stir

Merawat stir mobil penting dilakukan supaya tidak cepat kusam. Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sampo sebagai cairan pembersih nya. Masukkan ke dalam botol sprayer dan gunakan untuk membersihkan setir dengan kain lembut, misalnya microfiber. Anda juga bisa membeli cairan khusus pembersih setir di toko terdekat.

3. Merawat Jok Mobil

Untuk merawat jok mobil, ada beberapa cara yang dilakukan. Pilihlah pembersih cairan yang tepat, misalnya untuk jok berbahan kulit yaitu sebaiknya berbentuk pasta. Selanjutnya, hindarilah pembersih dengan kain kasar. Ini karena dapat mengatasi kulit dan sebaiknya jok dipakaikan pelindung tambahan.
Selanjutnya, hindari memarkir kendaraan di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung. Pengaruh panas bisa membuat jok menjadi lebih cepat mudah pecah-pecah dan kering. Jangan juga menaruh brosur dan kertas di atas jok karena jika basah, tulisannya bisa tercetak di atas jok.

4. Cara Merawat Transmisi

Interior lainnya yang penting dilakukan perawatan adalah transmisi. Gaya berkendara seseorang juga sangat mempengaruhi bagaimana kondisi keawetan transmisi ini. Beberapa cara perawatannya.
Secara rutin mengganti oli transmisi setiap 10 ribu km. Berikutnya, secara rutin juga mengganti oli gardan dan lakukan pengecekan transmisi. Plat kopling juga perlu diperiksa dan sebaiknya mengganti gigi dengan pengaturan tidak lebih dari 3000 rpm.

BACA JUGA :  Cara Memilih Aki Motor Yang Bagus

5. Karpet Mobil

Untuk merawat karpet internet mobil Avanza, salah satunya dengan cara membersihkannya. Pilihlah sikap yang tepat karena setiap sikat mempunyai tekstur bulu bermacam-macam. Sesuaikan sikap dengan jenis bludru apakah jenis yang halus atau kasar.

Gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan jika ada. Setiap karpet punya serat yang berbeda, contohnya dari bahan pvc dan bludru. Agar mempermudah perawatannya, Anda sebaiknya menggunakan vacuum cleaner.

Sebaiknya Anda juga membersihkan dengan cara mencucinya memakai air dan sabun anti bakteri. Bersihkanlah secara menyeluruh pada setiap bagian sudut karpet. Jika sudah dibersihkan, segera jemur sampai kering dan tidak lembab. Lakukan pembersihan karpet mobil ini secara berkala, paling tidak dua minggu sekali.

6. Plafon Mobil

Bagian plafon mobil juga penting untuk dibersihkan. Pakailah lap microfiber yang sesuai dengan bahan. Berikutnya, pakailah cairan pembersih fabric atau yang sama digunakan untuk membersihkan jok mobil. Anda bisa menyemprotkan cairan ke permukaan plafon dan dilap dengan microfiber.

Anda juga dapat membuat cairan alternatif yaitu dengan campuran air serta cuka. Pada umumnya, cairan ini dibuat untuk menghilangkan sisa makanan atau minyak yang menempel. Perbandingan antara air dan cuka adalah 3:1. Ini artinya 3 bagian untuk air dan satu bagian untuk cuka.

Jika telah tercampur, masukkanlah lap microfiber dan seka noda yang ada di plafon. Cairan pembersih ini bisa dikatakan cukup efektif. Kelebihannya, tidak akan merusak lem yang membuat kain ke plafon mobil menempel.

Jadi, Perlukah Merawat Interior Mobil?

Kesimpulannya, bagaimana cara merawat interior mobil dapat dilakukan dengan cara-cara mudah. Ini juga akan mencerminkan seperti apa kepribadian si pemilik mobil. Tentu yang menyukai kebersihan, kerapian dan keawetan mobil maka akan senantiasa melakukan pemeliharaan secara rutin.
Bahkan selain merawat interior pada mobil, perawatan aki juga penting. Untuk mendapatkan pelayanan penggantian aki, Anda dapat menghubungi kami, tokoaki.co.id.

Write A Comment