Sesekali AC mobil kurang sejuk itu hal biasa. Tapi kalau sudah berlanjut, maka itu kurang perawatan. Langkah-langkah perawatan dalam artikel ini dapat membantu AC mobil Anda kembali adem.
Sebelum kita bahas mengenai langkah-langkah merawat AC mobil, ada baiknya kita bedah lebih dulu mengenai apa itu dan fungsi dari AC mobil.

Apa Itu AC Mobil?

AC mobil adalah sistem yang dibuat untuk membuat suhu dalam mobil tetap stabil dan sejuk yang berguna untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang.

ac mobil; pendingin mobil

Fungsi dan Manfaat AC pada Mobil Anda

Secara garis besar, Ada dua fungsi dan manfaat AC pada kendaraan Anda, yaitu:

1) Sebagai Pendingin dalam mobil

Fitur pendingin AC sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Terutama di siang hari yang terik, AC pada mobil Anda akan membantu dalam memberikan kenyamanan dengan mengatur suhu tetap sejuk.

2) Mencegah kaca mobil berembun

Air Conditioner di dalam mobil bisa mencegah munculnya embun pada kaca mobil ketika cuaca hujan. Kaca mobil yang berembun tentunya dapat membuat pandangan menjadi kurang baik dan dapat membahayakan.

AC mobil mewah

Penyebab AC Kendaraan Anda Kurang Dingin

Jika Anda merasa AC mobil Anda kurang atau tidak dingin, artinya ada masalah yang harus segera diperbaiki. Bahkan pada beberapa kasus, Air Conditioner justru mengeluarkan udara panas dalam kabin.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Suzuki APV Beserta Pilihan Aki terbaik APV

Berikut adalah penyebab AC mobil rusak :

Pembuangan Air Kondensasi

Cek terlebih dahulu pada saluran milik air kondensasi, apakah tertutup sesuatu atau tidak. Jika iya, maka bisa muncul aroma yang menusuk hidung, karpet menjadi lembab adalah salah satu akibatnya. Untuk mengetahui kondisi selang air kondensasi, cukup mengecek pada dasbor kendaraan.

Evaporator yang kotor

Hal kedua yang menjadi penyebab sirkulasi AC tidak lancar yaitu kondisi tersumbatnya evaporator oleh kotoran.

Saluran kompresor putus

Penyaluran putaran dari mesin ke kompresor kendaraan menjadi tugas komponen Drivebelt Jika komponen tersebut putus, maka Freon tidak dapat bekerja dengan baik, serta bisa menyebabkan kabin menjadi panas.

Kompresor rusak

Untuk melihat kompresor dalam keadaan normal atau telah rusak bisa dilakukan dengan cara mengecek sight glass. Receiver dryer bahkan expansion valve yang rusak terlihat dari warna sight glass yang kehitaman.

Putaran extra fan melemah

Jika komponen ini melemah putarannya, akan mengakibatkan proses kondensasi menjadi tidak berjalan normal. Jadi saat menyalakan mobil, pastikan komponen satu ini berputar ya.

Perhatikan kondisi kondensor Air Conditioner

Kondensor kotor membuat gagalnya gas panas dibuang yang berasal dari kompresor. Hal ini menjadikan AC kendaraan menjadi tidak normal karena proses kondensasi yang juga tidak normal.

Enam poin diatas beberapa penyebab AC kendaraan tidak berfungsi dengan benar. Kemudian bagaimana cara merawat AC mobil? Pembahasan selanjutnya mengenai komponen AC mobil.

Komponen Air Conditioner pada Mobil Yang Wajib Diganti

Ada beberapa komponen Air Conditioner mobil yang harus diganti, apalagi jika usia mobil sudah cukup lama. Sebaiknya Anda mengenal komponen AC pada mobil yang sebaiknya harus diganti, agar tidak dicurangi oknum bengkel yang nakal. Setidaknya ada 4 komponen yang harus diganti:

BACA JUGA :  Mobil Yang Cocok Untuk Wanita! Cowok Wajib Baca nih!

Kipas kondensor

Jika datang ke bengkel adalah cara merawat ac mobil Anda, maka kipas kondensor mungkin saja akan diganti. Apabila putarannya lemah hanya karena kotor, maka minta untuk dibersihkan saja. Tapi jika ditemukan masalah kelistrikan atau usia sudah tua, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Seal atau O’ring

Komponen ini harus Anda prioritaskan bila melakukan servis AC. Sebab, komponen ini berfungsi memperkuat sambungan antar komponen, agar tekanan udara pada sistem tidak keluar.

Katup ekspansi

Katup ekspansi yang kotor membuat semburan udara sejuk tidak maksimal. Dan jika dibiarkan terus menerus maka bisa berkarat, dan bisa menyebabkan beban mesin mobil bertambah. Apabila beban mesin bertambah, konsumsi bahan bakar dapat menjadi boros.

Dryer

Apabila komponen satu ini rusak, tentu kotoran seperti debu dll tidak bisa tersaring. Hal tersebut dapat mengakibatkan beberapa komponen AC kendaraan tersumbat kotoran, bahkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Langkah-langkah Merawat AC Mobil

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perawatan rutin pada AC mobil Anda :

1. Kabin harus bersih

Kebersihan udara yang dikeluarkan AC mobil juga dipengaruhi oleh kabin yang kotor. Oleh karenanya cara merawat AC mobil contohnya kijang super adalah memastikan kabin bebas dari kotoran seperti debu dll.

2. Memastikan kaca tertutup saat AC menyala

Kaca mobil yang terbuka ketika AC sedang menyala membuat kinerjanya bertambah berat. Menjadikan beberapa kotoran seperti debu dll menjadi lebih mudah masuk dan menyebabkan kotoran menempel pada komponen AC.

3. Kondensor AC

Ketika mencuci jangan hanya membersihkan bodi mobil, tapi lakukan pembersihan pada kondensor AC juga. Buang segala bentuk debu dan juga kotoran yang tersisa pada di kondensor. Jangan sampai kondensor menjadi korosi dan terjadi kebocoran.

BACA JUGA :  Tanda-Tanda Aki Harus Ganti: Baca Sebelum Mobil Mogok!

4. Menjaga kebersihan filter kabin

Melakukan pembersihan komponen pada Air Conditioner yang satu ini, Anda harus mendatangi tukang service AC. Ketika filter pada kabin berumur cukup lama, tukang service biasanya akan menyarankan untuk menggantinya.

5. Tidak merokok

Asap hasil dari rokok dapat menempel di kabin dan mengendap dengan keadaan yang cukup lama. Jika ingin merokok, sebaiknya jangan di dalam mobil.

6. Pengharum AC mobil

Menggunakan pengharum yang sesuai menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk merawat AC mobil. Jangan sekali-sekali menggunakan pengharum ruangan di dalam mobil ya.

Itulah beberapa cara merawat ac mobil. Setelah membaca artikel ini, coba lakukan pengecekan pada AC mobilmu, barangkali ada kerusakan.

Kesimpulan

Setelah membicarakan seputar tips perawatan pada AC mobil dimana dinilai menjadi salah satu komponen penting di dalam mobil. Namun, ada satu komponen yang juga mempengaruhi performa mobil, yaitu aki.

Sangat penting untuk memilih merk aki yang sesuai dengan tipe mobil, agar performa mobil terjaga.

Belilah aki di TokoAki.co.id yang menyediakan 250 macam merk aki mobil dan motor. Selain menyediakan merk aki yang sangat banyak, di sini Anda juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim dan biaya pasang loh. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, Anda bisa menghubungi customer service tokoaki.

Write A Comment