Semua jenis kendaraan bermotor tentunya akan dilengkapi dengan aki, baik kering maupun basah yang berfungsi untuk mempengaruhi komponen lainnya, seperti klakson, starter, serta mesin lainnya. Namun, seperti halnya elemen mesin lainnya aki juga butuh perawatan. Karena, bila tidak akan mudah rusak ataupun ngedrop. Agar lebih tahu, yuk intip cara memperbaiki aki basah yang ngedrop.

Cara Merawat Aki Basah

komponen baterai (accu/aki)
komponen aki

1. Cara Memperbaiki Aki Basah Dengan Menggunakan Obat Sakit Kepala

Seperti yang telah diketahui, bahwa semua komponen yang terdapat dalam semua jenis kendaraan akan mengalami penurunan performa, termasuk aki basah. Penggunaan aki basah yang terus menerus akan mengakibatkan beberapa masalah. Dimana, salah satu yang bisa membuat kerusakannya adalah karena adanya proses oksidasi dalam aki, sehingga menyebabkan gelembung udara dan lapisan sulfida putih akan memenuhi dinding dalam baterai

Kondisi tersebut akan mengakibatkan aliran listrik menuju panel aki menjadi tersumbat. Itulah faktor yang bisa membuat kerusakan pada aki basah. Tak hanya itu saja, beberapa kondisi juga bisa mempengaruhi kinerja aki, mulai dari keringnya elektrolit dalam aki, plat elemen dalam aki mengalami korosi, dan masih banyak penyebab lainnya. Namun, anda  jangan khawatir karena kondisi aki basah yang soak atau ngedrop bisa diperbaiki dengan mudah.

Salah satu cara memperbaiki aki basah yang ngedrop adalah dengan menggunakan obat sakit kepala. Disamping mudah, metode ini sering digunakan karena relatif lebih murah dan bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan. Dalam hal ini, anda hanya perlu memerlukan air aki zuur, air hangat, obeng dengan ujung positif, dan obat sakit kepala bodrex atau puyer.

Obat sakit kepala tersebut bisa digunakan karena adanya reaksi kimia yang terkandung dalam bodrex dengan air zuur bisa mereduksi oksidasi yang terjadi, sehingga mampu memperbaiki aki basah yang bermasalah.  Anda bisa melanjutkannya ke langkah pengerjaannya, apabila semua bahan dan alat sudah tersedia. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membongkar aki basah yang terdapat dalam kendaraaan.

BACA JUGA :  Simak Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak

Dalam pengambilan air aki ini, lakukan dengan perlahan dan dengan langkah yang tepat agar tidak terjadi masalah lainnya. Kemudian, air akumulator pada kendaraan sudah dikeluarkan, maka kuras isi air aki lama yang terdapat dalam bodi akumulator hingga bersih sepenuhnya. Usahakan jika dalam bodi tersebut tidak terdapat aki sama sekali. Selanjutnya, anda bisa menuangkan air hangat kedalam sel aki.

Proses tersebut bisa anda lakukan berulang kali hingga air hasil buangan tampak menjadi jernih. Jika anda sudah yakin bersih, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membasuh bodi aki yang telah dikuras tersebut menggunakan air bersih, dan dilanjut dengan mengeringkannya selama kurang lebih 6 hingga 1 jam. Semakin lama anda waktu yang digunakan untuk mengeringkan, maka akan semakin baik.

Cara memperbaiki aki basah yang ngedrop setelah mengeringkan body aki adalah dengan menuangkan kembali air zuur ke dalam tempatnya sampai di batas tengah. Kemudian, anda bisa menghaluskan bodrex maupun obat sakit kepala lainnya, dan masukkan ke dalam aki yang telah berisi air zuur. Selanjutnya, diamkan aki selama kurang lebih satu hari, lalu coba pasangkan kembali aki tersebut pada kendaraan anda.

Langkah ini sering digunakan oleh masyarakat luas. Disamping hanya memerlukan biaya yang relatif lebih murah, metode ini juga cukup mudah untuk dilakukan dibandingkan cara yang lainnya. Walaupun langkahnya yang tergolong simple, namun metode ini memberikan hasil yang terbukti ampuh. Jadi, wajar bila banyak yang menggunakan bodrex untuk memperbaiki aki basah.

2. Memperbaiki Aki Ngedrop Dengan Menggunakan Garam

Tak hanya menggunakan obat sakit kepala saja, ternyata memperbaiki aki basah yang rusak juga bisa memakai bahan dapur, yaitu garam. Sama halnya bodrex, bahan ini juga mudah didapatkan dan pastinya sangat terjangkau. Namun, untuk pengerjaannya metode garam terbilang sedikit lebih rumit dibandingkan saat menggunakan obat pereda sakit kepala.

BACA JUGA :  Berikut Harga Aki Motor Terbaik Dan Berkualitas

Untuk memulai cara memperbaiki aki basah yang ngedrop dengan metode ini, maka anda harus menyiapkan beberapa bahan utama, seperti garam dapur beryodium, air zuur dengan penutup merah, dan air hangat. Selain itu, anda juga membutuhkan beberapa peralatan pendukung, yaitu suntikan injeksi, obeng dan masker. Apabila bahan dan alat yang dibutuhkan sudah tersedia semua, maka anda bisa langsung memulai langkah kerjanya.

Untuk metode kerjanya, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melepaskan aki dari mesin kendaraan, secara perlahan dan hati-hati. Kemudian, buka semua penutup aki basah dan kuras semua isi cairan air zuur yang terdapat didalamnya hingga bersih. Selanjutnya, isikan air panas yang telah disiapkan pada setiap lubang aki hingga penuh, lalu dilanjutkan dengan pengisian baterai.

Biasanya, ketika melakukan langkah ini akan keluar gas yang sedikit menyengat, untuk mengantisipasi terhirupnya gas tersebut anda bisa menggunakan masker. Setelah itu, miringkan aki sampai membentuk sudut 60 derajat, kemudian goyangkan bagian atas aki secara maju mundur dan lakukan hal tersebut berulang hingga bersih. Lalu, anda bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Cara memperbaiki aki basah yang ngedrop tidak sampai itu saja, karena setelah mengeringkannya, anda harus memasukkan garam beryodium dan air panas sampai batas aki. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan takaran garam sekitar 2 hingga 5 sendok makan. Namun, perlu diketahui, bahwa jumlah garam yang digunakan tersebut tergantung ukuran akinya.

Jika air garam telah larut, maka langkah selanjutnya anda bisa memasukkan air dingin secukupnya, kemudian tutup baut dengan rapat. Apabila langkah tersebut sudah dilakukan, selanjutnya anda bisa re-charge atau pengisian daya ulang pada aki sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu, matikan pengisi daya dan kuras semua cairan dalam bodi aki hingga bersih sepenuhnya.

BACA JUGA :  Charger Aki Mobil Terbaik (Update 2021)

Bila anda sudah merasa bahwa cairan yang terdapat didalamnya sudah bersih, maka tuangkan kembali air zuur ke dalam aki. Setelah itu, lakukan pengisian ulang daya sampai penuh.  Apabila sudah selesai, anda bisa memasangkan kembali aki basah tersebut pada kendaraan. Biasanya, setelah melakukan metode tersebut performa aki akan kembali optimal seperti sedia kala. Itulah cara memperbaiki aki basah yang ngedrop dengan garam.

Dengan menggunakan metode ini, ki yang rusak maupun ngedrop bisa kembali berfungsi secara maksimal. Selain caranya yang tergolong mudah, metode ini juga lebih hemat biaya karena hanya menggunakan bahan dapur yang sering ditemui. Akan tetapi, meskipun mudah dilakukan di rumah, anda juga harus berhati-hati dalam pengerjaannya. Sebaiknya anda menggunakan alat keamanan seperti masker dan sarung tangan. Itulah beberapa metode yang bisa digunakan untuk memperbaiki aki basah yang ngedrop agar bisa kembali ke performa yang lebih baik. Langkah tersebut bisa anda aplikasikan dengan mudah di rumah, tanpa perlu membawanya ke bengkel. Disamping untuk menghemat biaya, kedua metode ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang bisa anda temukan di rumah.

Untuk mendapatkan Aki yang cocok sesuai dengan kebutuhan serta terjamin keaslian dan sudah berpengalaman puluhan tahun Tokoaki.co.id hadir untuk menjawab segala keperluan aki kendaraan anda dengan slogan #GantiAkiDiManaSaja.

Write A Comment