Oli mesin mobil yang berkurang tentu saja akan menimbulkan masalah. Salah satunya mesin mudah panas. Dan tentu saja akan membuat mesin lambat laun cepat aus. Berikut ini adalah penyebab oli mesin berkurang.

Pengecekan terhadap kualitas dan kuantitas secara rutin harus dilakukan agar kondisi kendaraan tetap dalam performa terbaik. Oli yang habis ataupun sudah tidak layak digunakan, nantinya akan berdampak buruk pada mesin. Lebih parah lagi, komponen mesin mengalami keausan parah dan harus overhaul.

Pengertian Oli Mobil Dan Pentingnya Bagi Kendaraan

Pengertian oli sendiri adalah benda cair di dalam mesin mobil dan motor yang berperan melumasi komponennya, sehingga gesekan yang terjadi dapat diminimalisir. Saat mesin mobil/motor di starter, cairan mengalir ke seluruh komponen mesin. Pompa oli membantu untuk mensirkulasikannya.

Secara umum, oli memiliki peranan vital bagi laju sebuah kendaraan. Seiring berjalannya waktu, oli mengalami penurunan kuantitas dan kualitasnya. Jadi harus rutin dicek keadaannya dan diganti rutin, agar kualitasnya tetap baik.

ganti oli mesin mobil

Pentingnya Oli Mesin Pada Mobil

Meskipun orang awam, Anda perlu memahami cara mengetahui oli mobil berkurang. Melalui pemahaman tersebut, Anda akan lebih muda mengecek rutin secara mandiri kualitas oli kendaraan. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting oli mobil:

Sebagai Perapat

Saat oli bekerja melumasi mesin kendaraan, ia akan menghasilkan semacam lapisan tipis. Lapisan tersebut dapat merapatkan celah dua benda yang saling bergesekan. Contohnya, di mesin ada ring piston dan silinder dalam menghasilkan tenaga untuk kendaraan.

BACA JUGA :  Apakah Aki Mobil Perlu Dicopot Ketika Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama?

Oli pada bagian tersebut akan merapatkan celah diantara keduanya, dan membuat kompresi atau tenaga pembakaran tidak jadi bocor. Ini akan membuat tenaga yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal. Bau seperti terbakar akan tercium oleh Anda, manakala ada celah atau retakan kecil di bagian silinder.

Sebagai Pembersih

Oli juga berperan sebagai pembersih. Saat oli bersirkulasi, yang telah tersaring difilter akan melewati bagian mulai dari dinding silinder, metal, dan lain-lain. Sisa karbon pembakaran atau partikel logam karena gesekan, bisa mengendap. Oli mesin berfungsi membersihkan endapan dan akhirnya juga perlu diganti berkala.

Menyerap Panas

Saat kendaraan distarter, proses pembakaran dimulai dan akan menghasilkan panas. Berikutnya, proses ini akan diubah menjadi tenaga untuk mendorong mobil. Pada saat yang sama, oli akan bersirkulasi di bagian dalam mesin serta melewati sejumlah bagian yang saling bergesekan. Di sanalah fungsi oli sebagai penyerap panas agar mesin tidak overheat.

Mencegah Terjadinya Karat

Fungsi berikutnya oli mesin mobil yaitu dapat mencegah karat yang terjadi di permukaan logam. Oli mesin bisa menutup permukaan logam, dan ini akan mencegah oksidasi yang dapat menimbulkan karat. Jika Anda ingin membuktikannya, cobalah untuk merendam logam dengan oli dan pasti tidak akan terkena karat.

Oli Mesin Berkurang

Tandanya Oli Mesin Mobil Berkurang

Saat mobil mulai tidak enak atau ada yang salah dengan tarikan mesinnya, bisa jadi merupakan indikator oli yang berkurang. Ciri-ciri oli mobil berkurang sebagai berikut :

Mesin Berbunyi Kasar

Ketika kendaraan Anda berbunyi kasar, bisa jadi itu merupakan ciri oli yang berkurang. Ini diakibatkan komponen mesin tidak mengalami perubahan baik dan gesekan terjadi keras. Tanpa adanya pelumasan prima, akan menimbulkan suara bergetar keras tidak seperti biasanya.

BACA JUGA :  Oli Basi Karena Mobil Tidak Dipakai Lama. Mitos Atau Fakta?

Mesin Mengalami Keausan Dengan Mudah

Gesekan intens pada mesin yang tidak dilumasi dengan benar, spare part kendaraan dapat terkikis dan cepat aus. Inilah yang membuat sirkulasi udara di mesin tidak berjalan dengan sempurna. Lama-kelamaan pengikisan ini bisa membuat oli mobil berkurang.

Mesin Terasa Sangat Panas

Perlindungan pelumasan pada mesin sangat penting dan jika tidak berjalan benar, maka kondisi mesin kendaraan bisa sangat panas. Dalam keadaan ini, bisa menjadi sangat berbahaya karena mesin dapat menjadi bengkok karena memuai. Silinder head juga dapat menjadi bengkok sampai mesin macet tidak bergerak sama sekali.

Oli Yang Terlihat Menetes Atau Merembes

Ciri selanjutnya, Anda juga dapat melihat adanya rembesan oli yang bahkan bisa sampai menetes. Untuk memastikannya, cobalah amati ketika mobil dalam keadaan diam atau terparkir selama beberapa lama.

Lihatlah di bawa mobil apakah ada bekas oli yang menetes. Jika sampai ada, jangan sampai membiarkannya karena bisa membuat lama-kelamaan oli menjadi habis. Jangan sepelekan sekecil apapun meskipun oli mesin berkurang sedikit.

Pemicu Oli Kendaraan Mobil Motor Habis

Pada dasarnya oli kendaraan dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, bukan hanya lama pemakaian yang menjadi pemicunya, berikut ini beberapa pemicu lainnya:

Kebocoran Di Drain Plug

Drain plug berguna dalam membuang oli dari mesin. Pada umumnya, spare part tersebut bentuknya baut yang dialirkan ke bawah carter. Selain itu, dilengkapi seal khusus agar oli tidak merembes menembus celah-celah ulir.

Spare part ini bisa mengalami kerusakan, saat usia mesin yang bertambah, serta sering dipasang dan dibongkar, bisa membuat komponen ini aus. Untuk mengatasi pemicu satu ini, dapat diganti karet seal nya terlebih dulu. Jika masih belum bisa ditangani, gantilah menggunakan drain plug baru.

BACA JUGA :  Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli?

Kebocoran Pada Carter Atau Oil Pan

Carter atau oil pan berguna sebagai wadah oli yang berperan sebagai pelumas komponen mesin. Wujud komponen ini serupa dengan wadah yang dibalutkan ke blok mesin, yang dilapisi lem sealant. Umumnya, area sambungan tersebut menjadi tempat rembesan oli.

Solusi untuk pemicu ini yaitu memasang oil pan kembali dengan memakai pelapis sealant tersebut. Bersihkan sisa lem yang lama sebelum melakukan pengeleman baru. Pastikan lem yang dioles merupakan produk berkualitas.

Oli Menguap

Ketika temperature kendaraan meningkat, oli dapat menguap walaupun hal ini jarang terjadi. Biasanya, pemicunya yaitu sistem pendinginan mesin tidak berfungsi baik dan mobil mengalami overheat.

Disamping itu, masalah tersebut juga terjadi bisa disebabkan kualitas oli buruk. Pastikanlah sistem pendingin Anda dapat berjalan dengan baik dan gunakan merk oli terbaik. Sebaiknya, pilih oli mobil terbaik yang memberikan efek pendinginan pada kendaraan.

Kemudian, faktor lain yang memicu oli berkurang yaitu seal klep, silinder dan ring piston aus, dan keretakan pada blok mesin. Pemicu ini bisa dilihat terlebih dahulu tanda-tanda awalnya. Saat mengalami tanda-tanda tersebut, segera ambil keputusan untuk membawanya ke bengkel.

Demikianlah artikel tentang apa penyebab oli mesin mobil berkurang. Karena mesin merupakan komponen kendaraan vital, maka lakukan perawatan yang terbaik dan memastikan oli yang dipakai berkualitas baik. Sistem pendinginan mesin yang prima, bisa membuat kondisi mobil tetap aman dan nyaman dikendarai. Masa pakai mobil juga lebih lama serta menghemat biaya pengeluaran.

Sebagai tambahan jika Anda membutuhkan perawatan aki, Anda bisa menghubungi kami, tokoaki.co.id. Karena saat ini Partner Tokoaki.co.id sudah berada beroperasi di 8 kota besar di Indonesia dan terus bertambah.

Write A Comment