Toyota Fortuner seringkali dikenal sebagai rival Mitsubishi Pajero Sport. Jadi artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Fortuner. Tidak hanya itu, artikel ini juga akan memuat varian, harga, dan spesifikasi dari mobil Fortuner 2021.

Review lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport dapat Anda baca di artikel ini.

Informasi Singkat Tentang Toyota Fortuner

Mobil dengan tampilan SUV yang gahar dan gagah ini mampu memikat pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2005. Jika dilihat dari data penjualan yang dirilis oleh Gaikindo, Fortuner memiliki riwayat penjualan yang lebih tinggi dibandingkan Pajero sepanjang Januari-September 2017. Pada waktu tersebut, mobil Fortuner berhasil ludes sebanyak 18.351 unit, sedangkan Pajero hanya 15.235 unit.
Apalagi sejak facelift Toyota Fortuner dirilis pada tahun 2016, bersamaan dengan Pajero Sport versi terbaru, keduanya semakin menunjukkan persaingan sengit dalam pasar otomotif Indonesia. Itulah sekilas tentang Toyota Fortuner, bagian selanjutnya akan dibahas tentang varian dan harga Toyota Fortuner terbaru.

Varian Beserta Harga Mobil Toyota Fortuner Terbaru 2021

Sampai artikel ini ditulis, setidaknya terdapat 7 tipe Toyota Fortuner yang dipatok harga berbeda-beda. Harga paling mahal adalah tipe 4×4 2.4 VRZ A/T DSL, tipe ini dibandrol harga mulai Rp 675 jutaan. Urutan kedua disusul oleh tipe 4×4 2.4 G A/T DSL, yang dipatok harga mulai Rp 605 jutaan saja.

Harga Toyota Fortuner dan Pajero Sport tidak jauh berbeda, begitupun spesifikasi yang ditawarkan. Seperti tipe Toyota Fortuner yang paling mahal urutan ke 3 yang dibandrol harga mulai Rp 604 jutaan, yaitu tipe 4×2 2.7 SRZ A/T BSN TRD. Tak jauh berbeda dengan tipe 4×2 2.4 VRZ A/T DSL TRD yang dibanderol harga mulai Rp 543 jutaan.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Isuzu Panther dan Pilihan Aki Panther

Urutan mobil Toyota paling mahal kelima ditempati oleh tipe 4×2 2.4 VRZ A/T DSL, yaitu ditawarkan dengan harga mulai Rp 528 jutaan. Selanjutnya disusul oleh tipe 4×2 2.4 G A/T DSL yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 499 jutaan. Terakhir yaitu tipe 4×2 2.4 G M/T DSL yang dibandrol harga mulai Rp 483 jutaan.

Itulah varian dan harga Toyota Fortuner terbaru 2021 yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Bagian selanjutnya akan dibahas lebih detail, yaitu spesifikasi lengkap dari mobil saingan Pajero Sport.

Spesifikasi Unggulan Toyota Fortuner

Eksterior

Kelebihan Fortuner yang pertama yaitu desain eksteriornya yang mewah dan elegan mampu memberikan kesan gagah pada pengemudinya. Jika dibandingkan dengan Pajero, desain eksterior Toyota terlihat lebih pas dan tidak berlebihan, jadi masih enak untuk dilihat. Meskipun tidak segahar Pajero, tentu desain eksterior dari Toyota bukanlah salah satu kelemahan Fortuner.

Pencahayaan yang didukung oleh lampu Bi-Beam LED membuat sorot lampu lebih terarah dan tidak membahayakan pengendara lain karena sorot lampunya. Beralih ke bagian belakang, pintu bagasi Fortuner sudah dilengkapi fitur otomatis yang bisa membuka dan menutup pintu. Dan desain lampu belakangnya yang menambah kesan sporty dan mewah.

Interior

Interior Mobil Mitsubishi Fortuner

Bergeser ke interior, Toyota Fortuner ini dibuat kedap suara mesin, ban, dan suara jalanan. Untuk fitur hiburan, Fortuner sudah dilengkapi multimedia canggih dengan layar yang bisa tersambung ke ponsel. Di Bagian penumpang, Fortuner menawarkan fitur climate control dan layar monitor. Sedangkan bagian pengemudi disediakan fitur paddle shifer, instrumen teknologi TFT, cruise control, dan pengaturan audio di kemudi setir.

Harga

Harga yang dibandrol cukup sesuai dengan keistimewaan Fortuner ini. Salah satunya adalah jok yang disediakan sudah memiliki fitur otomatis loh. Kemudian dari segi mesin, Fortuner kalah dengan pesaingnya, karena menggunakan mesin 2GD FTV, 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler.

BACA JUGA :  Informasi Terbaru Seputar Mobil Mazda CX 5 dan Pilihan Aki nya

Itulah beberapa pendapat tentang Toyota Fortuner, jadi tertarik membeli Fortuner atau Pajero? Tunggu dulu, bagian selanjutnya akan dibahas kelebihan dan kelemahan Fortuner.

Kelebihan & Kekurangan Mobil Toyota Fortuner

Mobil Toyota Fortuner Legender

Kelebihan

Kelebihan Fortuner yang pertama yaitu memiliki desain interior yang lebih mewah dibandingkan Pajero Sport. Interior Fortuner dilapisi oleh kulit di doortrim dan dashboard yang lebih elegan, dibandingkan Pajero yang dashboardnya hanya bentangan plastik keras.

Selanjutnya yang menjadi kelebihan Fortuner VRZ yaitu dilengkapi fitur welcome light pada kaca spion, yang memudahkan pengemudi menemukan mobilnya saat di parkiran yang ramai. Menarik ya? tentu, fitur ini tidak dimiliki oleh pesaingnya loh, yaitu Pajero Sport.

Kelebihan Fortuner lainnya yaitu memiliki suspensi 4 link untuk roda belakang, yang memberikan kenyamanan lebih dibandingkan Pajero yang hanya suspensi 3 link. Tidak hanya itu, kelebihan Fortuner yang tidak dimiliki Pajero yaitu mode berkendara. Fortuner memiliki 2 mode, yang pertama mode ECO untuk penghematan bahan bakar, dan mode PWR jika ingin berkendara dengan kecepatan maksimum.

Masih berbicara tentang kelebihan Fortuner, mobil ini mempunyai 3 air bags, yang berada di lingkar kemudi, untuk pengemudi, dan 1 untuk penumpang depan. Toyota Fortuner ini bisa dikatakan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti fitur sliding yang bisa membuat kursi maju dan mundur. Dan juga tersedia layar monitor untuk penumpang belakang, power outlet 12V untuk charger HP, dan glovebox untuk mendinginkan minuman.

Itulah beberapa kelebihan Toyota Fortuner yang tidak dimiliki Pesaingnya Pajero Sport. Tapi hal tersebut bukan berarti Fortuner tidak memiliki kelemahan. Oleh karenanya, bagian selanjutnya akan dibahas kelemahan Toyota Fortuner Diesel VNT.

Kelemahan

Kekurangan pertama mobil Fortuner yang sangat terlihat yaitu desain eksteriornya. Tampilan Fortuner tidak segahar dan gagah seperti pesaingnya Pajero Sport. Bahkan keluaran terbaru facelift Fortuner juga belum bisa menyaingi kegagahan desain eksterior dari Pajero Sport.

BACA JUGA :  Review Lengkap: Kelebihan Dan Kekurangan Pajero Sport

Selanjutnya kekurangan fortuner kedua yaitu dari segi transmisi otomatis. Fortuner hanya menggunakan 6 tingkat percepatan, sedangkan Pajero menggunakan transmisi otomatis 8 tingkat percepatan. Transmisi otomatis ini berfungsi untuk mengatur putaran mesin agar konsumsi bahan bakarnya mencapai angka yang baik.

Penyakit Toyota Fortuner yang juga perlu dipertimbangkan yaitu tidak adanya fitur electric parking brake. Padahal dengan sistem ini dapat memudahkan pengemudi untuk mengaktifkan rem tangan. Sampai saat ini, Fortuner tetap mempertahankan fitur rem tangan yang harus ditarik konvensional, tidak seperti pesaingnya Pajero Sport.

Itulah beberapa kekurangan Fortuner yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli mobil. Jika sudah membeli mobil, maka Anda harus merawatnya dengan benar. Salah satu komponen yang harus diperhatikan yaitu aki. Air aki pada mobil harus dicek secara berkala, untuk memastikan airnya tetap pada garis minimum.

Tidak hanya melakukan pengecekan, Anda juga harus menggunakan merk aki terbaik yang cocok dengan mobil Anda. Untuk mendapatkan merek aki mobil terbaik Anda bisa membeli di toko Kami. Kami menyediakan berbagai merk aki yang cocok untuk banyak merk mobil. Masalah harga tidak perlu khawatir, sebab Kami menawarkan harga yang terjangkau. Jika berminat, cukup hubungi nomor di bawah ini untuk membelinya.

Write A Comment