Category

Tips

Category

Mudik telah tiba! Saatnya kembali ke kampung halaman dan melepas rindu dengan berkumpul bersama keluarga tersayang. Lebih menyenangkan lagi kalau melakukan perjalanan dengan moda transportasi pribadi seperti mobil yang memungkinkan Anda membawa banyak barang, termasuk oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Mobil mogok memang selalu bikin masalah. Sudah membuat jadwal yang diatur dari jauh-jauh hari jadi bermasalah, juga bisa membuat repot kalau terjadi secara mendadak di tengah jalan. Mobil mogok bisa menghalangi jalan pengemudi kendaraan lain yang ingin lewat. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kemacetan panjang.

Ada berbagai penyebab kenapa mobil mogok bisa terjadi secara mendadak. Salah satu yang paling sering menyebabkan mobil mogok adalah masalah pada aki. Sebagai komponen penting sekaligus otak dari mobil, aki sangat berperan dalam membuat mobil dapat berjalan.

Siapa yang menggunakan mobil untuk berpergian? Mobil memang tengah menjadi transportasi pribadi yang banyak digunakan untuk berpergian ke mana-mana. Misalnya ke kantor atau ke kampus. Dengan menggunakan mobil, Anda bisa terlindung dari panasnya terik matahari atau basahnya air hujan. Tetapi, bagaimana kalau mobil Anda mogok karena aki mobil mati mendadak?

Tentunya bikin kesal sekaligus panik bukan. Bayangkan Anda sudah berdandan rapi-rapi untuk pergi, tapi harus mengalami kendala karena mobil mogok akibat aki mobil mati mendadak. Apalagi kalau aki mobil tersebut sebelumnya tidak menunjukkan gejala-gejala soak yang membuat mobil mogok.

Tidak bisa dipungkiri pada saat Work From Home (WFH) seperti sekarang ini, mobil Anda pasti sangat jarang penggunaannya. Akibatnya Anda harus sering memanaskan mesinnya secara rutin agar tidak mengalami kerusakan. Namun tahukah Anda bahwa cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan itu ada caranya tersendiri dan tidak boleh asal saja? Jika belum tahu, Anda harus menyimak penjelasan berikut ini sampai akhir!

Tentu saja di masa seperti sekarang ini, seperti WFH (Work From Home) dan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), akan membuat mobil Anda cenderung lebih sering terparkir di garasi. Tidak sering digunakannya mobil, pastinya ada yang bertanya-tanya apakah aki mobil perlu untuk dicopot? Perihal boleh atau tidaknya aki itu dicabut, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Memang tidak dapat dipungkiri jika aki menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil. Sebab, fungsinya yang sangat vital dalam menyimpan dan menyalurkan listrik ke komponen-komponen mobil lainnya menjadi salah satu alasannya. Namun pertanyaannya apakah benar jika kerusakan elektronik pada mobil disebabkan oleh aki yang soak? Jika Anda ingin tahu apa penyebabnya, simak penjelasan kami berikut ini sampai akhir!

Apa Anda pernah menyalahkan AC mobil tanpa lebih dulu menyalakan mesinnya? Apakah itu sering dilakukan? Dan apakah Anda tahu apa akibatnya? Jika Anda punya kebiasaan menyalakan AC tanpa menyalakan mesin mobil lebih dulu, maka simaklah penjelasan dibawah ini lebih dulu supaya Anda tidak sering melakukan kebiasaan yang bisa merusak mobil, diantaranya yaitu:

Aki tekor memang selalu jadi masalah untuk beberapa kendaraan bermotor, seperti mobil matic. Apalagi bila mobil matic tersebut mogok di tengah-tengah perjalanan Anda ke kantor atau tempat-tempat lainnya.  Jadwal dan rencana yang sudah diatur sebelumnya dengan matang terpaksa jadi berantakan.