Category

Motor

Category

Banyak yang mengatakan kalau ganti oli harus dilakukan secara berkala. Hal ini pun harus dilakukan bagi Anda yang jarang keluar dari rumah. Sebab jika oli sudah diganti secara berkala tentu kualitas yang dimiliki sudah berkualitas.

Secara umum, sepeda motor memiliki beberapa komponen penting yang memiliki fungsinya masing masing. Salah satunya ialah lampu motor. Selain membantu penerangan ketika berkendara di malam hari, terdapat peraturan yang mengharuskan menyalakan lampu di siang hari. Namun jika lampu pada motor mati, tentunya anda perlu mengetahui penyebab lampu motor redup.

Macam-Macam Komponen Sistem Pendingin Motor. Tidak bisa dipungkiri lagi, sistem pendingin merupakan bagian kendaraan bermotor yang sangat signifikan. Adanya sistem pendingin ini membuat kendaraan bermotor dapat menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas. Bagaimanapun juga mesin akan melakukan pembakaran untuk menghasilkan energi yang agar bisa menggerakkan kendaraan tersebut.

Dengan berkelanjutannya pembakaran tersebut maka tidak bisa dipungkiri apabila tidak ada sistem pengontrol suhu maka suhu mesin ini akan tidak terkontrol sehingga menyebabkan kebakaran. Nah, karena pentingnya sistem pendingin ini maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara singkat mengenai komponen yang ada di dalamnya beserta gambar komponen tersebut.

Salah satu masalah yang seringkali menjumpai motor yang berusia cukup tua adalah mesinnya cepat panas. Penyebab mesin motor cepat panas ini diantaranya karena motor tua tidak memiliki sensor yang bisa mendeteksi adanya kejanggalan yang padanya. Hal itu berbeda dengan motor generasi terbaru, biasanya sudah menggunakan sensor ECU (Elektronik Control Unit) yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kondisi tidak normal yang terjadi pada mesin. Dengan adanya sensor ini, maka mesin akan bekerja jauh lebih baik dan akan menyelaraskan dengan kondisi yang terjadi padanya.

Mesin motor yang cepat panas ini tentunya tidak bagus bagi performa kendaraan anda. Apalagi jika suhunya telah melebihi batas normal, komponen-komponen yang ada di dalam mesin kendaraan anda bisa mengalami kerusakan. Seringkali karena terlalu panasnya mesin akan menyebabkan motor tidak bisa jalan (mogok). Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mesin motor cepat panas serta bagaimana cara mencegahnya.

Aki merupakan bagian penting pada sebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. Hal itu dikarenakan aki merupakan satu-satunya bagian yang menjadi sumber kelistrikan yang akan dapat menghidupkan semua komponen elektronik yang ada pada kendaraan anda, baik itu audio, lampu dan yang lainnya. Ketika aki kendaraan soak tentu akan mempengaruhi semua fungsinya. Berikut beberapa cara memperbaiki aki kering yang soak.

Sebagai baterai kendaraan bermotor, aki menjadi salah satu komponen sangat penting yang harus dirawat. Karena, jika tidak sering diperhatikan dan dirawat bisa membuatnya mengalami beberapa masalah, seperti tidak mengisi. Umumnya, ada beberapa faktor yang mengakibatkan aki kendaraan tidak terisi daya listriknya. Agar lebih tahu, yuk kenali penyebab aki motor tidak mengisi dan cara merawatnya.

Aki merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada semua jenis kendaraan baik mobil maupun motor dan membutuhkan perawatan khusus secara berkala. Pasalnya aki memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik motor, yang kemudian akan digunakan untuk menyalakan kelistrikan pada semua komponen motor yang membutuhkan arus listrik.

Aki seringkali mengalami kondisi yang kurang baik dan sering disebut sebagai soak oleh para pengendara motor. Sehingga aki tersebut tidak dapat membantu motor untuk berjalan dengan normal. Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan agar aki tidak mudah soak diantaranya adalah melakukan pemeriksaan secara berkala, perhatikan aksesoris motor, memaksa menggunakan starter, dan panaskan setiap hari setidaknya selama 5 menit.