Apa Anda pernah menyalahkan AC mobil tanpa lebih dulu menyalakan mesinnya? Apakah itu sering dilakukan? Dan apakah Anda tahu apa akibatnya? Jika Anda punya kebiasaan menyalakan AC tanpa menyalakan mesin mobil lebih dulu, maka simaklah penjelasan dibawah ini lebih dulu supaya Anda tidak sering melakukan kebiasaan yang bisa merusak mobil, diantaranya yaitu:

Resiko Hidupkan AC Mobil Tanpa Menyalakan Mesin

Tidak bisa dipungkiri, kalau di beberapa jenis mobil AC bisa dinyalakan tanpa harus menyalakan lebih dulu. Cukup posisi kunci sudah di ‘On’,  maka Anda sudah bisa menyalakan AC mobil hanya dengan menekan tombol pengaturannya saja. Tetapi yang perlu digarisbawahi tidak semua mobil bisa seperti itu. Malah pada umumnya, ketika Anda menyalakan AC mobil tanpa menyalakan mesin lebih dulu akan membuat kondisi kendaraan jadi lebih buruk. 

Lebih disarankan untuk menyalakan AC mobil setelah mesin mobil berada pada kondisi menyala atau bisa dikatakan dalam kondisi idle up. Memang pada saat Anda menyalakan AC mobil sebelum mengemudi akan membuat kabin terasa lebih nyaman, tetapi hal yang perlu digaris bawahi yaitu kalau hal itu akan berpotensi merusak kompresor mobil.

Mengapa demikian? Karena pada saat itu mesin mobil yang menyala belum berada dalam keadaan stabil, tetapi sudah dipaksa untuk menggerakan kompresor AC mobil, dan itu akan membuat pekerjaannya jadi lebih berat.

Tidak hanya berpeluang merusak kompresor AC mobil saja, tetapi juga berpotensi membuat aki mobil jadi lebih boros, sampai akhirnya sulit untuk menstarter mesin mobil setelahnya. Sebab, pada saat menyalakan AC mobil sebelum menghidupkan mesin cenderung akan membuat aki mobil jadi lebih boros, akibat tidak mendapat suplai dari alternator, namun sudah terpakai bagian motor blower AC-nya, sehingga dikhawatirkan akan membuat starter jadi tidak bisa.

BACA JUGA :  Berikut Harga Aki Motor Terbaik Dan Berkualitas

Hal yang harus Dihindari saat Menyalakan atau Mematikan Mobil

Pada saat Anda menyalakan atau mematikan mobil, maka beberapa hal ini yang harus dilakukan diantaranya yaitu:

Hindari Mematikan Mesin Mobil Saat Putaran Masih Tinggi

Tidak hanya menyalakan AC mobil sebelum menghidupkan mesin saja yang harus dihindari, tetapi menghindari mematikan mesin mobil ketika putaran masih tinggi juga hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Mengapa hal itu tidak boleh dilakukan? Karena pada saat putaran mesin masih tinggi, maka piston akan bergerak naik-turun dalam waktu cepat dan masih mengambang. Apabila mesin mendadak dimatikan, maka akan membuat pelumasan jadi berkurang, dan komponen-komponen di dalamnya bisa mengalami kerusakan.

Mematikan mesin ketika AC mobil masih bekerja

Ketika Anda mematikan mesin pada saat AC mobil sedang bekerja, umumnya akan mempengaruhi kinerja dari kompresornya. Pada saat mesin dimatikan ketika kompresor AC masih berputar, cenderung akan menimbulkan hentakan pada kompresor AC yang masih bekerja. Jika hal itu terus dilakukan akan membuat AC mengalami kerusakan dalam waktu yang cepat.

Ingin Beli Aki? Di TokoAki.co.id Aja

Jika Anda sedang mencari aki terbaik untuk mobil, bisa langsung membeli di TokoAki.co.id, yang sudah terkenal sebagai salah satu marketplace terbaik yang menjual berbagai kebutuhan akan aki. Bahkan tak hanya sekadar membeli saja, tapi juga bisa minta dipasangkan sekalian.

Belanja aki di TokoAki.co.id juga bisa COD-an. Jadi, Anda hanya perlu menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang. Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

BACA JUGA :  Berikut 7 Tips Mendapatkan Mobil Dengan Harga Murah!

Write A Comment