Secara umum, sepeda motor memiliki beberapa komponen penting yang memiliki fungsinya masing masing. Salah satunya ialah lampu motor. Selain membantu penerangan ketika berkendara di malam hari, terdapat peraturan yang mengharuskan menyalakan lampu di siang hari. Namun jika lampu pada motor mati, tentunya anda perlu mengetahui penyebab lampu motor redup.

Beberapa Penyebab Lampu Pada Sepeda Motor Meredup

1. Jenis Bohlam Lampu

Salah satu hal yang menjadi penyebab lampu motor tidak terang bisa dipengaruhi oleh kualitas bohlam lampu. Namun, jika kendaraan anda sudah menggunakan lempu jenis LED, maka tak perlu khawatir jika sumber cahaya tersebut meredup. Biasanya, jenis sepeda motor yang menggunakan bohlam tradisional berkemungkinan besar cahayanya meredup.

Bagi anda yang masih menggunakan jenis lampu bohlam tradisional untuk sepeda motor, pastikan bahwa bohlam tersebut memiliki kualitas yang sesuai dengan standar pabrik. Karena tergolong tradisional, bohlam masih memiliki kekurangan seperti cahaya tidak terang, sering mati, dan tidak dapat menembus kabut yang tebal.

Biasanya, lampu bohlam memiliki ukuran tegangan mulai dari 24 Watt 12 Volt, 35 Watt 12 Volt, dan 55 Watt 12 Volt. Seperti yang diketahui, tingkat penerangan cahaya dipengaruhi oleh tegangan pada lampu itu sendiri. Semakin besar tegangan, maka semakin terang lampu bohlam yang dipancarkan. Gunakan pula merek lampu yang sudah terkenal akan kualitasnya.

2. Mika Lampu Atau Reflektor

Setiap barang elektronik maupun otomotif tentunya memiliki masa pakai tertentu, begitu pula dengan lampu motor. Komponen mika lampu atau reflektor yang rusak dapat menjadi penyebab lampu motor redup. Untuk mengetahuinya, anda bisa cek mika motor. Apabila mika tersebut sudah buram, maka akan mengganggu lampu untuk memancarkan cahayanya.

Semakin lama umur motor yang anda miliki, biasanya akan membuat warna mika atau reflektor menjadi kusam. Umumnya perubahan warna terjadi karena penggunaan reflektor murahan yang kualitasnya tidak diketahui secara pasti. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan pergantian lampu motor dengan menggunakan sparepart original.

BACA JUGA :  Mudik Time! Cek Dulu Kondisi Aki Anda Daripada Repot

3. Soket Lampu Kendor

Kabel dan soket yang kendor akan mempengaruhi satuan arus listrik yang akan dialirkan ke bohlam lampu. Bisa diibaratkan dengan aliran air yang melewati pipa bocor, maka air yang keluar di ujung selang pun tidak akan sempurna. Hal tersebut juga berlaku pada rangkaian lampu motor. Dimana ketika kondisi soket pada lampu kendor maka hasilnya tidak maksimal.

Soket yang kendor akan secara otomatis mengirimkan tegangan arus ke bohlam lampu dengan tidak sempurna. Hal inilah yang membuat lampu pada motor menjadi redup dan tidak bisa menyala dengan terang. Cara terbaik untuk mengatasinya ialah membawanya ke tempat service dan meminta perbaikan atau pergantian kabel soket yang sudah kendor.

4. Soket Lampu Berkarat

Selain kendur, rangkaian soket berkarat juga dapat menjadi penyebab lampu motor redup. Anda tentunya tahu bahwa apapun benda yang dibuat dengan menggunakan logam akan mengalami proses karatan seiring dengan berjalannya waktu. Soket yang mengalami karatan di tengah aliran arus listrik menjadi sebuah hambatan yang cukup berbahaya.

Soket yang berkarat tidak mampu mengalirkan tegangan listrik ke bohlam lampu motor, sehingga sinar lampu menjadi meredup dan kurang terang. Logam yang berkarat disebabkan karena air hujan yang masuk ke sela head cover motor secara terus menerus. Selain tak bisa menghasilkan cahaya lampu yang terang, soket yang berkarat juga bisa berbahaya karena rawan korsleting.

5. Saklar Lampu Bermasalah

Saklar menjadi salah satu komponen yang mungkin saja tidak terlalu diperhatikan. Padahal, bagian tersebut bisa menjadi salah satu penyebab lampu motor meredup. Biasanya, saklar lampu yang bermasalah disebabkan oleh pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya itu, kotoran yang menempel pada sekitar saklar lampu menjadi pemicu redupnya cahaya.

BACA JUGA :  Dimana Bisa Beli Aki Yang Bisa Dikirim Dan Dipasang Dengan Cepat?

Namun saklar yang bermasalah dan menyebabkan lampu motor meredup mungkin tidak akan sering dijumpai. Pasalnya, di era yang semakin canggih ini para produsen sepeda motor menciptakan inovasi terbarunya dengan melengkapi teknologi canggih. Bahkan penyebab lampu motor redup bisa dikatakan sulit dijumpai pada motor keluaran terbaru.

Salah satu fitur teknologi yang sering dijumpai adalah AHO (Automatic Headlight On). Fitur tersebut memungkinkan lampu motor untuk menyala sepanjang hari tanpa adanya tombol switch on atau off. Namun, apabila anda memiliki sepeda motor yang belum menerapkan teknologi AHO maka perlu membawanya ke tempat servis dan membersihkan bagian yang kotor.

6. Spul Penerangan

Bagian pada motor yang mungkin bisa menjadi penyebab nyala lampu motor menjadi redup ialah spul penerangan. Sebagai upaya untuk menghindari lampu motor yang meredup, anda bisa melakukan pengecekan terhadap komponen tersebut dengan mengukur daya tahannya. Sebelum mengukurnya, anda perlu mengetahui nilai standar daya tahan spul penerangan tersebut.

Normalnya tahanan suatu spul penerangan berada pada 0.2 hingga 1.2 ohm pada kondisi mesin sekitar 40 derajat. Namun, ketika saat diukur nilai tahanan mendekati angka 2 ohm bahkan lebih, maka bisa dipastikan bahwa komponen tersebut sudah mulai melemah. Satu satunya cara untuk mengatasi hal tersebut ialah membawanya ke tempat service dan menggantinya dengan sparepart baru.

7. Baterai Lemah

Biasanya pada beberapa jenis motor tertentu bisa menjadi penyebab lampu motor redup jika menggunakan teknologi penerangan DC. Sistem penerangan tersebut bersumber pada kekuatan baterai atau aki. Kedua sumber tegangan tersebut menjadi penyalur utama penyuplai arus listrik kepada bohlam lampu motor. Apabila cahaya mulai redup, anda bisa mengecek aki motor dahulu.

BACA JUGA :  Simak Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak

Sementara pada jenis motor dengan sistem penerangan AC, cahaya yang meredup sudah dipastikan bahwa aki atau baterai menjadi penyebabnya. Pasalnya, sumber arus penerangan pada motor jenis penerangan AC memiliki sumber arus yang berasal dari spul penerangan. Pada akhirnya, jika bagian tersebut mengalami kerusakan anda tetap harus memperbaikinya dengan segera.

8. Kiprok Lemah

Jika aki berfungsi sebagai penyimpan arus listrik, maka bagian kiprok memiliki tugas untuk mengisi daya aki. Namun, kiprok tidak hanya berfungsi untuk mengisi daya aki saja, komponen tersebut juga mempengaruhi semua komponen kelistrikan ketika mesin dihidupkan. Dengan demikian, anda akan lebih mengetahui bahwa kiprok berperan penting dalam pelistrikan motor.

Dengan kata lain, ketika mesin motor dihidupkan maka baterai pada motor tidak akan lagi berguna sebagai penyumbang sumber listrik. Namun, kiprok lah yang bertugas untuk menyediakan listrik guna mengaliri arus ke semua sistem kelistrikan termasuk lampu motor. Bisa disimpulkan bahwa penyebab lampu motor redup bisa dipengaruhi oleh kiprok yang rusak.

Melalui penjelasan tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa terdapat komponen dalam mesin motor yang dapat berpotensi mengalami kerusakan. Kerusakan suatu komponen tersebut mengakibatkan cahaya lampu motor tidak terang seperti dahulu lagi. Jika anda awam akan dunia otomotif, satu satunya cara untuk mengatasinya ialah membawanya ke tempat servis terdekat.

Untuk urusan aki motor anda percayakan pada Tokoaki.co.id yang sudah berpengalaman puluhan tahun dengan menjunjung slogan #GantiAkiDimanaSaja serta memberikan keunggulan yang di tawarkan oleh Tokoaki.co.id yaitu Gratis antar pasang langsung sampai di tujuan dalam 60 menit, Barang yang di jual pasti ORIGINAL! dan yang pasti MURAH!

Write A Comment