Mobil mogok memang selalu bikin masalah. Sudah membuat jadwal yang diatur dari jauh-jauh hari jadi bermasalah, juga bisa membuat repot kalau terjadi secara mendadak di tengah jalan. Mobil mogok bisa menghalangi jalan pengemudi kendaraan lain yang ingin lewat. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kemacetan panjang.

Ada berbagai penyebab kenapa mobil mogok bisa terjadi secara mendadak. Salah satu yang paling sering menyebabkan mobil mogok adalah masalah pada aki. Sebagai komponen penting sekaligus otak dari mobil, aki sangat berperan dalam membuat mobil dapat berjalan.

Aki memiliki fungsi untuk menyimpan sekaligus memberikan suplai listrik ke berbagai komponen lain di dalam mobil. Tanpa adanya aliran listrik dari aki, komponen mobil tidak akan dapat berjalan. Mobil pun tidak bisa distarter. Inilah yang menyebabkan mobil mogok dan tidak bisa dinyalakan.

Seperti halnya komponen lain, aki pun harus segera diganti bila mengalami soak. Kalau aki mobil dibiarkan soak begitu saja tanpa diganti, bisa membuat mobil mogok karena tidak bisa dinyalakan. Biasanya kesibukan pengguna membuat mereka lupa untuk melakukan pengecekan kondisi aki mobil.  Padahal itu bisa membuat mobil mogok secara mendadak karena aki bermasalah.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Aki yang bermasalah biasanya memilik tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan. Kalau kira-kira mobil Anda mengalami tanda-tanda tersebut, artinya aki harus segera diganti agar tidak menyebabkan mobil mogok secara mendadak.

Kira-kira apa yang menjadi tanda bahwa aki harus segera diganti untuk menghindari risiko mobil mogok secara mendadak? Simak penjelasan sebagai berikut.

  • Usia aki yang sudah tua

Apakah Anda ingat kapan terakhir kali membeli aki? Seringkali orang mengabaikan hal ini. Padahal mengingat usia aki juga penting untuk mencegah mobil mogok mendadak. Biasanya, usia pakai aki hanya sekitar 2 tahunan saja. Kalau sekiranya aki mobil Anda sudah berusia lebih dari 2 tahun, sebaiknya Anda lekas menggantinya dengan yang baru agar tidak menyebabkan masalah.

  • Mobil susah distarter
BACA JUGA :  Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar Ketika Jarang Dipakai

Aki memiliki peran untuk mengalirkan listrik ke berbagai komponen di dalam mobil agar mobil tersebut dapat menyala ketika distarter. Aki yang bermasalah biasanya akan kesulitan dalam menyuplai listrik tersebut. Hal inilah yang menyebabkan mobil jadi sulit distarter, bahkan membuat mobil mogok. Bila Anda sering kesulitan dalam menyalakan mobil, segera periksakan mobil ke bengkel untuk mencari penyebabnya. Bila karena masalah aki, sebaiknya ganti aki dengan yang baru untuk mencegah mobil mogok secara mendadak.

  • Tegangan aki kurang dari 9 Volt

Bila Anda ingin melakukan pengecekan terhadap aki, bisa melihatnya dengan mengunci kontak on yang ada pada lampu sein kemudian nyalakan klakson mobil. Setelah itu, cek voltase dari aki ketika distarter. Kalau ternyata angkanya di bawah 9 Volt, artinya aki mobil Anda sedang bermasalah dan harus segera diganti untuk menghindari risiko mobil mogok mendadak.

  • Nyala lampu dan suara klakson melemah

Tanda-tanda aki mulai harus diganti selanjutnya adalah nyala lampu dan suara klakson yang mulai melemah. Yang satu ini bisa Anda ketahui dengan sangat mudah. Cukup nyalakan lampu mobil dan klasonnya. Kalau dirasa sudah melemah, artinya aki sudah harus diganti dengan yang baru.

  • Lampu indikator menyala terus

Selain dari nyala lampu dan suara klakson, cara mudah mengetahui tanda-tanda aki harus segera diganti untuk mencegah mobil mogok adalah dengan melihat lampu indikator aki yang terdapat di bagian dashboard mobil. Kalau aki sedang bermasalah, lampu indikatornya akan berkedip atau menyala secara terus-terusan.

  • Air aki mulai keruh

Bagi para pengguna jenis aki basah, bisa mengetahui tanda apakah harus mengganti aki atau tidak dengan mengecek kadar air di dalam wadah aki. Bila air aki menjadi keruh akibat menumpuknya kotoran di dalamnya, artinya aki harus segera diganti dengan yang baru.

BACA JUGA :  Aki Mobil Saya Mati Mendadak, Apa Yang Harus Saya Perbuat?

Tidak punya waktu untuk pergi ke bengkel dan mengganti aki mobil? Gunakan saja layanan TokoAki.co.id, marketplace aki terbaik di Indonesia dengan beragam produk aki mobil original dan bergaransinya. TokoAki.co.id menerima pembayaran COD serta antar pasang di tempat untuk memudahkan Anda #GantiAkiDimanaSaja. Mengganti aki mobil pun jadi lebih cepat dan praktis, tanpa harus repot-repot pergi ke bengkel lagi.

Write A Comment