Tidak bisa dipungkiri pada saat Work From Home (WFH) seperti sekarang ini, mobil Anda pasti sangat jarang penggunaannya. Akibatnya Anda harus sering memanaskan mesinnya secara rutin agar tidak mengalami kerusakan. Namun tahukah Anda bahwa cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan itu ada caranya tersendiri dan tidak boleh asal saja? Jika belum tahu, Anda harus menyimak penjelasan berikut ini sampai akhir!

Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Jarang Digunakan

Berikut ini cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan dan hal yang harus diperhatikan dengan baik dan benar:

Memanaskan Mesin 2 Kali Seminggu

Cara memanaskan mesin mobil yang jarang dipakai itu setidaknya 2 kali dalam seminggu. Khusus untuk mobil yang jarang digunakan, lamanya waktu untuk memanaskannya paling tidak sekitar 15 menit. Pastinya akan jauh lebih baik lagi, ketika memanaskannya ketika cold start atau di waktu pagi hari. Sebab, memanaskan mobil tujuannya adalah melakukan pengisian aki.

Mainkan Semua Tombol

Hal berikutnya yang harus diperhatikan pada cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan, yaitu mengusahakan kalau semua tombol yang ada harus dioperasikan. Kita semua tahu kalau tombol yang terdapat di setiap mobil memang selalu berbeda-beda fungsinya, maka dari itu pada saat dipanaskan, ada baiknya semua tombol itu dioperasikannya secara bergantian. Contohnya, Anda bisa menaik-turunkan seluruh power window yang ada di tombol sein, hazard, dan lain sebagainya.

Mengapa hal ini harus diperhatikan pada cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan? Tujuannya sederhana untuk menjaga setiap tombolnya agar tetap berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, untuk menjaga aliran listrik pada setiap tombol supaya terhindar dari kerusakan, karena mobil yang tombolnya jarang digunakan akan menimbulkan peluang terjadinya malfungsi.

BACA JUGA :  Masih Ragu Mobil Mogok Karena Akinya Soak? Ini Beberapa Ciri-Cirinya

Mengubah Posisi Mobil

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan yaitu, cobalah untuk mengubah posisi mobil ketika parkir. Contohnya Anda bisa memajukan atau memundurkan mobil supaya kaki-kakinya tetap bergerak. Selain itu, Anda bisa sekedar untuk mengeluarkannya dari garasi, lalu dimasukkan kembali ke garasi.

Setidaknya, Anda harus mengusahakan mengubah posisinya paling tidak 1 kali dalam satu minggu, demi mencegah terjadinya flat spots. Dimana flat spots adalah sebuah permukaan ban yang jadi rata akibat terlalu lama didiamkan pada kondisi parkir. Untuk mencegah terjadinya hal itu, maka usahakan untuk menggerakkan mobil ketika dipanaskan. Baik itu belok ke kanan atau ke kiri atau bisa juga hanya sekedar maju-mundur. Itulah hal lainnya yang harus diperhatikan pada cara memanaskan mesin mobil.

Membuka Seluruh Jendela

Cara memanaskan mesin mobil yang jarang digunakan selanjutnya yaitu membuka seluruh jendelanya. Mengapa hal ini harus dilakukan? Tujuannya untuk memberikan sirkulasi udara di mobil, karena tak bisa dipungkiri jika terlalu tidak digunakan, potensi munculnya jamur di bagian interior sangatlah besar. 

Itulah mengapa pada saat memanaskan, Anda disarankan untuk membuka semua kacanya, supaya udara segar bisa masuk selama Anda memanaskan mobil. Apabila mobil Anda ternyata banyak menggunakan sarung, udara panas di dalam mobil biasanya akan merusak bagian interiornya. Itulah mengapa sangat dianjurkan pada saat menggunakan sarung mobil, Anda harus memberi celah pada jendela kecil agar sirkulasi udaranya lancar.

Butuh Aki Harga Terjangkau, Kualitas Oke? TokoAki.co.id Jawabannya

Apakah Anda sedang mencari aki murah tapi kualitas oke? Jika iya, bisa langsung membelinya di TokoAki.co.id, yang sudah terkenal sebagai salah satu marketplace terbaik yang menjual berbagai kebutuhan akan aki, baik itu untuk mobil atau motor. Bahkan tak hanya sekadar membeli saja, tapi juga bisa minta dipasangkan sekalian.

BACA JUGA :  Simak Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak

Belanja aki di TokoAki.co.id juga bisa COD-an. Jadi, Anda hanya perlu menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang. Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

Write A Comment