Aki mobil merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil yang berfungsi untuk menyuplai daya listik ke berbagai komponen mobil lainnya. Oleh sebab itu, aki mobil disebut juga sebagai baterai mobil.

Seperti halnya benda-benda elektronik lainnya, dengan bertambahnya usia mobil Anda, kualitas aki mobil yang berada di dalamya juga semakin menurun. Akibatnya, mobil Anda bisa mengalami berbagai masalah. Misalnya mobil mogok mendadak di tengah jalan. Selain itu, aki mobil yang soak juga dapat mengancam berbagai komponen mobil lain yang ada di dekatnya. Bukan tidak mungkin komponen-komponen tersebut juga ikut rusak.

Aki mobil yang sudah soak mau tidak mau harus diganti dengan yang baru. Anda tidak bisa sekadar mengisi ulang dayanya saja, karena aki mobil tersebut sudah tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan daya listrik lagi. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli aki mobil yang baru.

Mengganti aki mobil memang bukan hal yang bisa dihindari. Namun, Anda bisa mengurangi risiko penggantian aki mobil terus-terusan dengan cara merawat aki mobil agar tidak mudah rusak. Seperti apa tips merawat aki mobil agar tidak mudah rusak? Simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Periksa terminal aki mobil

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keadaan aki mobil Anda adalah dengan memeriksa bagian terminalnya. Bagian terminal dari aki mobil berfungsi untuk menghubungkan antara kutub positif dan negatif pada aki mobil.

Bagian terminal aki mobil ini sangat rentan mengalami kerusakan karena mudah dimasuki oleh kotoran atau jamur. Untuk mencegah kerusakan pada terminal aki mobil akibat menumpuknya kotoran atau jamur, Anda harus membersihkannya. Caranya dengan menggunakan air panas satu ember dan sikat gigi bekas. Gosoklah bagian aki mobil yang ditempeli kotoran dan jamur hingga bersih.

  • Lakukan pengecekan aki mobil secara rutin
BACA JUGA :  1 Ampere Berapa Watt? Cara Mudah Hitung Satuan Listrik

Mengecek aki mobil secara rutin adalah cara terbaik untuk mengetahui kondisinya. Caranya dengan menggunakan battery load tester . Alat ini memiliki fungsi untuk mengetahui besaran indikator yang terdapat pada aki mobil.

Bila Anda menggunakan jenis aki basah, sebaiknya melakukan pengecekan cairan elektrolit di dalam aki secara rutin. Kalau kadar air di dalamnya sudah hampir habis, segeralah diisi ulang hingga penuh kembali.  Dengan begitu, aki mobil tidak akan mudah soak.

  • Perhatikan dayanya saat pengisian bahan bakar

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan dayanya ketika melakukan pengisian bahan bakar. Lihatlah berapa jumlah bahan bakar tersebut ketika menyala. Kalau Anda baru membeli bensin tetapi sudah mau habis, berarti kemungkinan ada gangguan. Biasanya terjadi karena terlalu banyak aksesori yang terpasang di dalam mobil.

Jika Anda ingin memastikan kondisi tersebut, bisa dengan melihat pengisian aki mobil. Lepaskan bagian kutub negative aki mobil ketika mobil sedang dinyalakan. Kalau mobil Anda langsung mati, berarti ada masalah yang terjadi saat mengisi bahan bakar.

  • Panaskan mesin mobil walau tidak sedang digunakan

Kebanyakan orang hanya memanaskan mobil ketika akan digunakan saja. Padahal memanaskan mobil walau sedang tidak digunakan juga penting untuk menjaga aki mobil agar lebih awet. Mobil yang tidak sering dipanaskan bisa membuat aki mobil kehilangan fungsi dengan cepat. Akibatnya, aki mobil jadi mudah rusak dan soak.

  • Lepaskan kabel aki saat mobil tidak digunakan

Ketika mobil sudah tidak digunakan, sebaiknya Anda melepaskan kabel pada aki mobil. Cara ini dapat membuat aki mobil Anda jadi lebih awet dan tidak mudah soak.

  • Matikan perangkat listrik dalam mobil ketika tidak digunakan
BACA JUGA :  [LENGKAP] Komponen Karburator Mobil + Fungsinya

Mobil biasanya dilengkapi dengan perangkat listrik sepertu lampu, AC, radio, hingga tv kecil. Listrik yang digunakan untuk menyalakan perangkat tersebut berasal dari aki mobil. Bila Anda sudah tidak menggunakan mobil, pastikan sudah mematikan seluruh perangkat tersebut agar aki mobil bisa lebih awet dan dayanya tetap tercukupi untuk menjalankan mobil.

Kalau aki mobil sudah terlanjur soak, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk menggantinya. Akan tetapi, di TokoAki.co.id Anda bisa menemukan beragam produk aki mobil original dan bergaransi dengan harga yang murah, loh! Anda juga bisa #GantiAkiDimanaSaja dengan servis antar pasang di tempat dari TokoAki.co.id. Yuk, gunakan layanan TokoAki.co.id untuk dapat aki mobil terbaik dengan harga murah!

Write A Comment