Tentu saja di masa seperti sekarang ini, seperti WFH (Work From Home) dan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), akan membuat mobil Anda cenderung lebih sering terparkir di garasi. Tidak sering digunakannya mobil, pastinya ada yang bertanya-tanya apakah aki mobil perlu untuk dicopot? Perihal boleh atau tidaknya aki itu dicabut, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Perlu Tidak Mencabut Aki Mobil saat Tidak Digunakan

Perihal pertanyaan soal aki mobil yang perlu dicopot atau tidak pada saat tidak sering digunakan, maka jawabannya boleh untuk dicopot. Tetapi perlu digarisbawahi, pada sat mencopot aki mobil, bagian kabelnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Biasanya yang cenderung dicopot adalah pool negative battery-nya. 

Namun tak bisa dipungkiri jika mobil mobil keluaran terbaru saat ini , sudah didukung dengan teknologi yang lebih canggih dengan hadirnya sistem injeksi. Pada mobil dengan sistem injeksi, ada baiknya untuk tidak melakukan pencopotan aki mobil, karena mobil sekarang ini sudah sangat canggih dan banyak kelebihan, dimana salah satunya yaitu ketika kutub minus baterai dicabut cenderung akan membuat hasilnya tidak maksimal.

Apalagi pada beberapa tipe kendaraan tertentu, tidak hanya aki mobil saja yang pusat permasalah, tetapi audio-nya juga bisa jadi masalah, maka dari itu, sebaiknya tidak melakukan pencopotan di bagian terminal baterainya.

Sementara itu, apabila Anda memutuskan untuk tidak mencopot aki mobil, maka pastikan lah lebih dulu kalau dayanya sudah cukup. Pada saat Anda sudah mencopotnya, maka pasti untuk melakukan pemanasan mobil setiap 2 – 3 hari sekali. Pemanasan dari mobil dilakukan dalam waktu 5 menit saja supaya hasilnya lebih maksimal.

BACA JUGA :  Macam-Macam Keunggulan Aki Basah dan Cara Perawatannya

Perlu digarisbawahi kalau aki memiliki batas waktu ketika didiamkan lama di mobil. Apabila melebihi batas waktu itu, maka aki harus dilakukan pengecasan ulang agar bisa mengembalikan daya listriknya. Adapun batas waktunya yaitu tidak melebihi 2 minggu, karena jika lebih dari batas waktu itu, biasanya akan membuat arus listrik pada aki jadi berkurang, dan akan membuat mobil jadi susah buat distarter.

Mengapa harus Melepas Aki Mobil dengan Cara yang Benar?

Aki mobil sendiri bentuknya seperti batu baterai yang punya dua kutub, yaitu positif dan negatif. Kedua kutub pada aki itu memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik, dari aki ke komponen elektronik lainnya pada mobil. Tak heran, walaupun bentuk aki mobil seperti batu baterai, tetapi pelepasan dan pemasangannya tidak boleh asal-asalan, karena dampak yang akan ditimbulkan tidaklah kecil.

Ketika ingin melepas kabel pada aki mobil, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melepas kabel pada kutub negatifnya. Kemudian dilanjutkan melepas kabel di kutub positif. Apabila Anda ingin melakukan pemasangan aki kembali, maka langkah pertama yaitu memasang kabel di kutub positif, dilanjutkan dengan memasang kabel pada kutub negatif.

Ketika Anda ingin melepas kabel yang ada di kutub positif aki mobil, pastinya akan memakan kunci ring atau pas supaya bisa membuka terminal jepitnya. Kunci ring atau pas pastinya akan bermuatan positif, dan disadari atau tidak, pada saat membuka bautnya, kunci ring atau pas tentunya akan menyentuh bagian besi pengikat atau komponen mesin lainnya.

Itulah mengapa, ketika kabel yang terpasang pada kutub negatif aki mobil dilepas lebih dulu, hal itu tidak akan menjadi masalah. Tetapi, ketika kabel pada kutub negatif masih terpasang, dapat dipastikan akan terjadi percikan api yang dapat membahayakan. Hal itu disebabkan oleh kabel yang ada di kutub negatif aki mobil selalu terhubung langsung ke bagian chasis atau body dan komponen mesin lainnya, dimana salah satunya besi pengikat aki itu sendiri. Itulah mengapa, ketika kabel yang terpasang di kutub negatif aki dilepas, bagian chasis atau body atau komponen lainnya tidak akan terhubung kembali ke kutub negatif aki.

BACA JUGA :  Aki Basah Ngedrop? Ini Cara Memperbaikinya!

Apabila Anda memiliki masalah soal aki mobil yang rusak, bisa langsung membeli di TokoAki.co.id, yang merupakan salah satu marketplace terbaik yang menjual berbagai kebutuhan soal aki. Bahkan tak hanya sekadar membeli saja, tapi juga bisa minta dipasangkan sekalian.

Belanja aki di TokoAki.co.id juga bisa COD-an. Jadi, Anda hanya perlu menunggu dibalik pintu sampai aki yang dipesan datang. Selain itu, bisa juga tukar tambah aki bekas sambil dipasangkan. Bicara soal garansi, sudah tidak perlu khawatir, karena garansi dan kualitas yang dijual sudah terjamin dan pasti original. Tunggu apalagi? Mau #GantiAkiDimanaSaja ya cuma di TokoAki.co.id.

Write A Comment