Siapa yang menggunakan mobil untuk berpergian? Mobil memang tengah menjadi transportasi pribadi yang banyak digunakan untuk berpergian ke mana-mana. Misalnya ke kantor atau ke kampus. Dengan menggunakan mobil, Anda bisa terlindung dari panasnya terik matahari atau basahnya air hujan. Tetapi, bagaimana kalau mobil Anda mogok karena aki mobil mati mendadak?

Tentunya bikin kesal sekaligus panik bukan. Bayangkan Anda sudah berdandan rapi-rapi untuk pergi, tapi harus mengalami kendala karena mobil mogok akibat aki mobil mati mendadak. Apalagi kalau aki mobil tersebut sebelumnya tidak menunjukkan gejala-gejala soak yang membuat mobil mogok.

Salah satu tanda mobil mogok karena aki mobil soak adalah tidak bisa di-starter walau sudah dicoba beberapa kali. Aki mobil merupakan bagian terpenting pada kendaraan seperti mobil. Bisa dibilang aki mobil adalahotak dari sebuah mobil. Kalau aki mobil rusak dapat membuat mesin mobil tidak bisa menyala dan mengakibatkan mobil mogok.

Untuk membuat mobil dapat berjalan dengan baik, yang dibutuhkan bukan hanya sekadar bahan bakar seperti bensin saja, tapi juga suplaian listrik untuk menghidupkan seluruh mesinnya. Aki mobil yang merupakan baterai berfungsi untuk menyimpan listrik sekaligus mengalirkannya ke seluruh bagian mesin mobil. Bila aki mobil soak, tidak akan bisa mengalirkan listrik ke berbagai komponen mobil lainnya. Inilah yang mengakibatkan mobil mogok karena mesinnya tidak menyala.

Bila mobil mogok terjadi secara mendadak, tentu akan membuat repot jadwal yang sudah Anda buat sebelumnya. Kita-kira apa yang menyebabkan aki mobil rusah sehingga membuat mobil mogok? Berikut penjelasan dan solusinya.

  1. Air pada aki mobil habis atau kering

Bila Anda pengguna jenis aki basah, jangan lupa untuk sesekali mengecek kadar air di dalamnya. Kalau tidak, airnya akan habis bahkan kering. Akibatnya daya setrumnya akan menghilang dan menyebabkan mobil mogok. Kalau sudah begitu, terkadang Anda perlu mendorongmobil mogok tersebut sembari distarter.

BACA JUGA :  Mudik Time! Cek Dulu Kondisi Aki Anda Daripada Repot

Ketika mobil mogok karena aki mobil yang bermasalah, sebaiknya Anda segera membawa mobil mogok tersebut ke bengkel terdekat untuk memeriksa sekaligus memastikan penyebabnya. Karena ada kemungkinan mobil mogok tidak hanya disebabkan oleh aki mobil yang bermasalah. Kalau ternyata penyebab mobil mogok dikarenakan aki mobil bermasalah, mau tidak mau Anda harus segera mengganti aki mobil tersebut dengan yang baru agar mobil mogok tersebut dapat menyala kembali.

Anda juga bisa melakukan jumper dengan aki mobil lain yang masih bagus. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian positif dan negatifnya. Kalau salah, kepala aki mobil bisa meledak dan menambah kerusakan pada mobil mogok.

Bila Anda ingin menjumper mobil mogok dengan aki mobil jenis basah, mesin mobil sebaiknya dimatikan. Tetapi kalau menjumper mobil mogok dengan aki mobil jenis kering, mesin mobil haruslah menyala.

  • Tidak mematikan komponen mobil yang tidak terpakai

Kalau sudah terburu-buru, kadang seseorang bisa lupa mematikan komponen mobil yang sudah tidak digunakan. Paling sering terjadi adalah pada lampu mobil. Bagian lampu depan mobil akan dibiarkan menyala selama beberapa jam ketika mobil sedang diparkir. Akibatnya, dapat menyebabkan mobil mogok dan aki mobil terpaksa harus dicas ulang.

  • Rusaknya alternator mobil

Alternator pada mobil memiliki fungsi untuk mengisi suplai listrik ke dalam aki mobil. Nantinya listrik tersebut akan disimpan di aki mobil sehingga dapat digunakan kapan saja. Tetapi, kalau alternator mobilnya sudah rusak, tidak akan bisa digunakan untuk mengisi listrik ke aki mobil. Akibatnya, dapat membuat mobil mogok karena tidak bisa dinyalakan.

Untik mengetahuinya, Anda bisa melihat tampilan gambar aki mobil yang terdapat di bagian dashboard mobil. Apakah gambar tersebut menyala atau tidak. Kalau menyala secara terus-terusan, tandanya alternator Anda sedang bermasalah dan harus segera dibawa ke bengkel terdekat agar dapat segera diperbaiki.

BACA JUGA :  Kerusakan Elektronik Mobil Karena Aki Soak, Apa Mungkin?

Tips merawat aki mobil untuk mencegah mobil mogok mendadak

Agar aki mobil tidak mengalami masalah yang menyebabkan mobil mogok mendadak, berikut adalah beberapa tips untuk mencegahnya:

  1. Bagi pengguna mobil yang sibuk dan sulit melakukan perawatan aki mobil secara rutin, sebaiknya gunakan aki kering yang minim perawatan
  2. Bila Anda sudah nyaman menggunakan aki basah, jangan pernah luap untuk mengecek kadar air yang ada di dalamnya. Setidaknya sekali dalam sebulan. Hal ini untuk mencegah air pada aki mobil mengering
  3. Bersihkan selalu bagian kepala aki agar tidak mudah berkarat. Dengan begitu, suplai listrik dapat mengalir dengan sempurna

Butuh aki mobil cepat yang sesuai dan dapat dipasang di mana saja? TokoAki.co.id hadir sebagai marketplace khusus aki terbaik di Indonesia siap membantu Anda untuk #GantiAkiDimanaSaja. Produk aki mobil di TokoAki.co.id dijamin original dan bergaransi. Yuk, temukan aki mobil pilihan Anda dan #GantiAkiDimanaSaja.

Write A Comment